Lingkungan Kerja IDE Visual Basic 6.0 Menurut Adi Kurniadi

Advertisement
Berikut ini adalah Lingkungan Kerja IDE Visual Basic 6.0 Menurut Adi Kurniadi (2011:11) ;

























Sumber : Adi Kurniadi (2011:11)
                                          Gambar II.1 Lingkungan Visual Basic 6.0

1. Control Menu
Control menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela visual basic. Yang artinya fungsi menu ini adalah untuk mengubah ukuran, memindahkan atau menutup jendela visual basic.

2. Menu
Menu visual basic berisi semua perintah yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian hampir sama dengan program-program windows pada umumnya.




3. Toolbar
Toolbar adalah tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari visual basic. Setiap tombol tersebut bisa langsung diklik untuk melakukan perintah tertentu. Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering digunakan dan terdapat pula pada menu visual basic.

4. Form window
Jendela form (form window) adalah daerah kerja utama dalam membuat program-program aplikasi visual basic. Form ini merupakan tempat meletakkan berbagai macam objek interaktif seperti misalnya teks, gambar, tombol-tombol perintah dan lain sebagainya.

5. Toolbox
Toolbox adalah sebuah kotak piranti yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi penghubung (interface) antara program aplikasi dan usernya, dan semuanya harus diletakkan di jendela form.

6. Project Explorer
Jendela project explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi visual basic. Setiap aplikasi dalam visual basic disebut dengan istilah proyek (project), dan setiap project bisa mengandung lebih dari satu file. Pada project explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi proyek (project) seperti form. Module, class dan lain sebagainya.

7. Jendela Properties
Jendela properties adalah jendela yang mengandung suatu informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi visual basic. Properti adalah sifat dari sebuah objek, seperti namanya, warna, ukuran, posisi dan lain sebagainya.




8. Form Layout Window
Form layout window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Posisi form layout window inilah yang merupakan petunjuk dimana aplikasi akan tampil pada layar monitor saat dijalankan.

9. Jendela Code
Jendela code adalah salah satu jendela yang penting di dalam visual basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi – instruksi untuk aplikasi visual basic. Setiap objek pada visual basic dapat ditambah dengan kode-kode program untuk melakukan tugas tertentu.

Daftar Pustaka ;
Kurniadi, Adi. 2011. Pemrograman Microsoft Visual Basic 6. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tag : Kutipan Buku
0 Komentar untuk "Lingkungan Kerja IDE Visual Basic 6.0 Menurut Adi Kurniadi"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!

Back To Top