Pengertian Bahasa Pemrograman Menurut Kristanto (2009:1)

Advertisement
Dibawah ini adalah Pengertian Program Menurut Kristanto  (2009:1), pada bukunya yang berjudul "Algoritma dan Pemrograman dengan C++ Edisi 2". Berikut kutipannya ;

Menurut Kristanto (2009:1) mendefinisikan bahwa “pemrograman adalah suatu prosedur atau tata cara penulisan program, yang dalam hal ini adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi semuanya yang disusun dan dirangkai dan berupa urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah.

Pada bahasa pemrograman komputer terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu sintaksis, semantik dan kebenaran logika. Sintaksis adalah tata bahasa yang digunakan dalam program. Semantik adalah maksud yang dkandung dalam setiap pernyataan yang ada dalam program. Kebenaran logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan pernyataan yang ada dalam program.




Dalam menulis program denan menggunakan suatu bahasa komputer, ada kemungkinan terjadi kesalahan baik itu pada sintaksis, semantik atau kebenaran logika. Kesalahan sintaksis akan langsung kelhatan, karena komputer akan menampilkan pesan kesalahan. Sedangkan untuk kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurang pahaman tehadap setiap pernyataan yang di tuliskan pada program, sehingga walaupun program bisa berjalan tetapi tidak seperti yang dikehendaki.Untuk kesalahan logika merupakan kesalahan dalam mengimplementasikan masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika.

Bahasa pemrograman komputer pada intinya dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah (low level programming language) dan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level programming language). Bahasa pemrograman tingkat rendah biasanya sulit dipahami karena berhubungan dengan mesin komputer itu sendiri. Salah satu bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa assembler. Program yang ditulis dengan bahasa assembler terdiri dari label, kode mnemonic dan lain sebagainya. Pada umumnya dinamakan sebagai sumber (source code) yang belum bsa diterima oleh prosesor untuk dijalankan sebagai program, tapi harus diterjemahkan dulu menjadi bahasa mesin dalam bentuk kode biner. Kode biner disini dilambangkan sebagai angka 0 dan 1. Kita tidak akan membahas bahasa assembler ini.




Bahasa pemrograman tingkat tinggi merupakan bahasa pemrograman yang memakai kata-kata dan pernyataan yang mudah dimengerti manusia, meskipun jauh berbeda dengan bahasa manusia sesungguhnya. Adapun contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Pascal dan C.

Daftar Pustaka ;
Kristanto, Andri. 2009. Algoritma dan Pemrograman dengan C++ Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

BACA JUGA : 
Tag : Kutipan Buku
0 Komentar untuk "Pengertian Bahasa Pemrograman Menurut Kristanto (2009:1)"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!

Back To Top