Pengertian Program Menurut Kadir dan Heriyanto (2005:2)

Advertisement
Dibawah ini adalah Pengertian Program Menurut Kadir dan Heriyanto (2005:2), pada bukunya yang berjudul "Algoritma Pemrograman Menggunakan C++". Berikut kutipannya ;


Menurut Kadir dan Heriyanto (2005:2) mengemukakan bahwa “suatu program ditulis dengan menguti kaidah bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman dapat dianalogikan dengan bahasa yang digunakan manusia (bahasa manusia)”.

Sebagaimana diketahui, ada bermacam-macam bahasa manusia, sepeti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, ataupun bahasa Batak. Kumpulan instruksi dalam bahasa manusia yang berupa sejumlah kalimat dapat anda analogikan dengan suatu program. Manusia dapat mengerjakan suatu intruksi berdasarkan kalimat-kalimat dan komputer dapat menjalankan suatu instruksi program.





Dalam konteks pemrograman, terdapat sejumlah bahasa pemrograman, seperti Pascal, C, C++, dan BASIC. Secara garis besar, bahasa-bahsa pemrograman dapat dikelompokan menjadi :
1. Bahasa beraras-tinggi (high-level language)
2. Bahasa beraras-rendah (low-level language)
Bahasa beraras tinggi adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia. Program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh manusia, biasanya menggunakan kata-kata bahasa Inggris; misalnya IF untuk menyatakan “jika” dan AND untuk menyatakan “dan”. Yang termasuk dalam kelompok bahasa ini adalah bahasa C, C++, Pascal dan BASIC.





Bahasa beraras rendah adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada mesin. Bahasa ini menggunakan kode biner (yang hanya mengenal kode 0 dan 1) atau suatu kode sederhana untuk menggantikan kode-kode tertentu dalam sistem biner. Yang tergolong dalam kelompok bahasa ini adalah bahasa mesin dan bahasa rakitan. Bahasa-bahasa itu ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram yang sudah terbiasa dengan bahasa beraras tinggi. Pemrogram harus benar-benar mengusai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent); artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin yang lain jauh berbeda.

Daftar Pustaka ;
Kadir, Abdul dan Heriyanto. 2005. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta: Andi Offset.

BACA JUGA :
Pengertian Program Menurut Kurniadi

Tag : Kutipan Buku
2 Komentar untuk "Pengertian Program Menurut Kadir dan Heriyanto (2005:2)"

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, mari kita hidupkan teknologi untuk indonesia yang lebih baik. :)

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!

Back To Top