Pengertian HIPO (Hierarky Input Proses Output) Menurut Jogiyanto (2005a:787)

Advertisement
Dibawah ini adalah Pengertian HIPO (Hierarky Input Proses Output) Menurut Jogiyanto (2005a:787), pada bukunya yang berjudul "Jogiyanto. 2005. Analisis Dan Desain. Yogyakarta: Andi Offset". Berikut kutipannya ;


Menurut Jogiyanto (2005a:787) mengemukakan “metodologi yang dikembangkan dan didukung oleh IBM. HIPO sebenarnya adalah alat dokumentasi program. Akan tetapi sekarang HIPO juga banyak digunakan sebagai alat desain dan teknik dokumentasi dalam siklus perkembangan sistem. HIPO berbasis pada fungsi, yaitu tiap-tiap modul didalam sistem digambarkan oleh fungsi utamanya.




2. Tingkatan Dalam HIPO
Menurut Jogiyanto (2005a:788) HIPO mengunakan tiga macam diagram untuk masing-masing tingkatannya, yaitu sebagai berikut :

a. Visual Table Of Contens (VTOC)
Diagram ini meggunakan hubungan dari fungsi-fungsi di sistem secara berjenjang.

b. Overview Diagram
Overview diagram menggunakan secara garis besar hubungan dari input, proses dan output. Bagian input menunjukan item-item data yang akan digunakan oleh bagian proses. Bagian proses berisi sejumlah langkah-langka yan menggabarkan kerja dari fungsi. Bagian output berisi item-item data yang dihasilkan atau dimodifikasi oleh langkah-langkah proses.





c. Detail diagram
Detail diagram merupakan diagram tingkatan yang paling rendah di diagram HIPO. Diagram ini berisi elemen-elemen dasar dari paket yang meggambarkan seca rinci kerja dari fungsi.

DAFTAR PUSTAKA :
Jogiyanto. 2005. Analisis Dan Desain. Yogyakarta: Andi Offset

BACA JUGA : Pengertian HIPO (Hierarky Input Proses Output) Menurut Puspitawati & Sri Dewi Anggadini

Tag : Kutipan Buku
0 Komentar untuk "Pengertian HIPO (Hierarky Input Proses Output) Menurut Jogiyanto (2005a:787)"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!

Back To Top