Cara yang Baik & Benar Memelihara Mengurus Marmut

Advertisement
Marmut (Marmot) adalah jenis hewan pengerat yang bisa kita pelihara dirumah kita, bukan berarti hewan pengerat ini seperti tikus. marmut tidak seperti tikus, hanya saja dari postur memang mirip tikus. Binatang ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan, tidak seperti tikus yang doyan makan apa saja termasuk UANG. Marmut sangat unik menurut saya, lucu dan menggemaskan. marmut bukanlah hamster apalagi kelinci, ukuran marmut lebih besar dari hamster tapi lebih kecil dari kelinci.


Berikut ini pengalaman saya ketika memelihara marmut :




Apa saja makanan yang dimakan oleh marmut?
Makanan yg dimakan apa saja asalkan itu tumbuhan baik sayuran, buah, rumput. Marmut lebih suka memakan rumput alami dibandingkan sayuran seperti kangkung, bayam, sawi. Jadi memelihara marmut tida membuat kantong jebol asalkan kita mau mencari rumput.

Apakah marmut bisa diberi minum?
sudah setahun saya memelihara marmut, tapi tidak pernah saya melihat marmut saya minum dari wadah yang disediakan oleh saya. jadi mamut tidak terbisa meminum air, marmut mengisi kebutuhan air dalam tubuh dari sumber makanannya, oleh karena itu berilah makanan marmut yg banya mengandung air contohnya ketimun.

Kandang marmut harus terbuka !
jangan sekali kali memelihara marmut didalam kandang yang terbuat dari kaca, marmut bukanlah seperti hamster yg dapat hidup di kandang kaca (aquarium) walaupun pada dasarnya tidak disarankan. Kandang marmut harus mempunyai sirkulasi udara yg banyak agar marmut tidak stress, buatlah kandang dari bambu ataupun dari jaring-jaring kawat besi.

Bagaimana cara membersihkan marmut?
Marmut yg sehat adalah marmut yg bersih, saya sering memandikan marmut setidaknya satu bulan sekali atau ketika marmut kotor. Jangan sampai marmut yg sudah kotor tidak dimandikan, karena akan menjadi sarang bakteri dan penyakit, akhirnya marmut akan mati. Saya memandikan marmut dengan shampo rambut, jangan memakai sabun mandi apalagi sabun cuci ya guys.




Kandang harus bersih !
bukan marmut saja yg harus bersih, melainkan kandang pun harus sering kita bersihkan, saya membersihkan kandang bersamaan dengan memandikan marmut biasanya. Jangan sampai kandang kotor, percuma jika marmut sudah dimandikan tapi kandangnya kotor, pasti 3 hari kemudian marmut akan kotor kembali.

Buatlah kandang lebih besar !
Marmut adalah hewan yang cepat memiliki keturunan, usia mengandung hingga melahirkan sekitar 2 bualanan dengan memiliki 1-4 anakan, dan tidak lama setelah itu marmut akan mengandung lagi. jadi, siapkan kandang setidaknya 1mx0,5mx0,3m atau seperti kandang marmut saya dibawah ini.


0 Komentar untuk "Cara yang Baik & Benar Memelihara Mengurus Marmut"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!

Back To Top