Pengalaman Kuliah di BSI (Bina Sarana Informatika) dari Masuk Hingga Lulus

Advertisement
Pendidikan adalah hal yang paling penting bagi manusia modern saat ini, selain membuat seseorang menjadi lebih tahu akan segala hal pendidikan juga membuat sifat seseorang menjadi berubah yang disebabkan lingkungan sekolah atau kampus baik sifat emosional, kognitif dan preventif.
Lulus dari sekolah menengah atas (SMA) pada tahun 2012 saya memutuskan untuk melanjuti pendidikan saya di perguruan tinggi negri, awalnya saya mengikuti bidik misi untuk masuk ke ITB (institut Teknologi bandung) namun gagal dan memilih untuk masuk universitas singaperbangsa karawang (UNSIKA) yang notabene masih swasta. Saya lulus dari hasil tes masuk kuliah UNSIKA dengan memilih jurusan Teknik Informatika, tapi saya gagal lagi dalam masalah biaya-biaya untuk menjadi mahasiswa disana, orang tua belum memiliki rejeki lebih dan disisi lain saya belum memiliki pekerjaan.

Akhirnya saya memilih melanjuti pendidikan saya di Bina Sarana Informatika Karawang (BSI) dengan alasan biaya kuliah di BSI jauh lebih murah dibanding di UNSIKA, menurut saya suatu universitas tidak bisa dinilai dari seberapa besar biaya berkuliah disana, namun yang terpenting adalah bagaimana orang tersebut mampu menjadi mahasiswa yang berkualitas serta mampu berprestasi di universitas tersebut, percuma kan kuliah mahal-mahal tapi kita menjadi mahasiswa yang paling tertinggal dalam hal prestasi dibanding mahasiswa lainnya?.




BSI menggunakan prinsip cyber academic yang artinya mengedepankan aspek online melalui internet dalam hal apapun, baik itu mendownload materi kuliah di situsnya, UTS, UAS hingga pendataran kuliah pun bersifat online. Inilah yang membuat saya merasa kesulitan untuk mendaftar ke BSI, saya hanya diberi tahu admin kampus bagaimana cara mendaftar hingga membayar biayanya via ATM.

Setelah mendaftar dan mendapat jadwal Semot (seminar motivasi) dan Ormik (orientasi mahasiswa) di jakarta, saya mempersiapkan bahan apa saja yang harus dibawa ketika acara berlangsung di jakarta. Masa orientasi mahasiswa di BSI berbeda dengan orientasi di perguruan tinggi manapun, biasanya perguruan tinggi memanfaatkan orientasi mahasiswa ini sebagai ajang balas dendam antara mahasiswa senior dan junior yang baru masuk dengan bullying namun hal ini berbeda dengan BSI yang memanfaatkan momen oerientasi  mahasiswa untuk seminar yang sifatnya membangun calon mahasiswanya. Seminar di BSI sangat menyenangkan, selain memotivasi calon mahasiswanya untuk menjadi orang lebih baik lagi kita pun diajak untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Masa Perkuliahan
Setelah mengikuti seminar untuk pertama kalinya saya masuk kelas, rencana kuliah sambil bekerja membuat saya harusmasuk jam perkuliahan malam hari walaupun pada awal kuliah saya belum mendapat pekerjaan.
Jam perkuliahan berdasarkan SKS(sistem kredit semester), dalam 1 SKS mahasiswa belajar selama 40menit dan rata-rata SKS setiap mata kuliah adalah 2-4 SKS. Mulai perkuliahan pada malam hari dimulai dari pukul 5 sore hingga pukul 9.30 malam. Namun jam masuk perkuliahan setiap mata pelajaran berbeda-beda, misalnya hari senin matakuliah A 4sks dimulai dari jam 5 sore hingga 8 malam, tidakeperti sekolah yang semua kelas masuk pada waktu yang sama. Pada perkuliahan masuk jam matakuliah berdasarkan jadwal yang telah ditentukan kampus, jadi bisa saja masuk perkuliahan pukul 7 malam atau 8 malam.




Bagaimana dengan kelas pagi? kelas pagi mulai perkuliahan antara pukul 7.30 hingga pukul 4 sore. Dalam satu hari mahasiswa BSI paling lama beljar selama 3 jam saja dan paling sedikit 2 sks (80menit). Jadi jangan samakan jam sekolah dengan jam perkuliahan.

Mata Kuliah
Saya memilih jurusan Manajemen informatika dalam AMIK (Akademi manajemen informatika dan komputerisasi) artinya saya belajar pemrograman mulai dari bagaimana pembuatan program, menjalankannya, mengatasi permasalhan program tersebut, tidak semua mata kuliah belajar tentang program mahasiswa juga diajari bagaimana cara berwirausaha (mata kuliah entrepreunership), membuat laporan jurnal akuntansi dan belajar bahasa inggris namun dengan mata kuliah unggulannya pemrograman. 
Matakuliah unggulan adalah mata kuliah prioritas atau diutamakan, biasanya mata kuliah unggulan ditandai dengan simbol (*), mahasiswa diwajibkan setidaknya mendapat nilai B pada mata kuliah unggulannya, misalnya pada jurusan manajemen inormatika mata kuliah unggulannya adalah program C++, Java, Delphi, Ms visual basic, Analisa perancangan sistem informasi dll, pada jurusan akuntansi komputerisasi mata kuliah unggulannya adalah Zahir dan Mayob.

Sistem Penilaian 
Mahasiswa diberikan nilai 100% dimana 10% adalah nilai absensi, 20% nilai tugas, 30% nilai UTS dan 40% nilai UAS. 
Grade penilaian adalah antara A hingga E dengan nilai tertinggi adalah A. Berikut ini adalah nilai pada grade masing-masing ;
A bernilai 4
B bernilai 3
C bernilai 2
D bernilai 1
E bernilai 0

Misalnya mahasiswa dalam satu semester belajar 5 matakuliah dengan asumsi nilai A,A,B,C,B maka nilainya IPS (induk prestasi semester) adalah 4+4+3+2+3=16;5 (5matakuliah) = 3,2. Mahasiswa tersebut mendapat IPS 3,2 pada satu semester.





Sistem Absensi
Sistem absensi dilakukan secara online, secara BSI kan cyber academic guys, kita masuk kuliah pukul 5 sore kita juga yang absen sendiri pada situs BSI dengan memasukkan username dan passwordnya. So, kita bisa menitipkan absen pada teman kita? ya bisa saja tapi biasanya dosen akan mengabsen ulang sebelum jam perkuliahan selesai, jadi yaa percuma jika kita menitipkan absen. Tapi, ada juga dosen yang tidak mengabsen ulang pada akhir perkuliahan dan ini membuat sistem absen secara daring ini terdapat kekurangan.
Bagaimana jika mahasiswa yang kuliah malam hari telat karena pulang kerja mengalami kemacetan? apakah mahasiswa boleh masuk? ini kembali kepada prinsip dosen itu sendiri, ada yang memperbolehkan masuk dengan syarat hanya 15 menit keterlambatan dari jam masuk, ada yang memperbolehkan masuk walaupun telat hingga satu jam atau bahkan 10menit menuju selesainya matakuliah, ada juga yang sama sekali tidak diperbolehkan masuk. Biasanya dosen memperbolehkan telat dengan alasan wajar karena mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja.

Sistem Belajar
Mahasiswa BSI diwajibkan memiliki laptop masing-masing, ini tertera pada persyaratan sebelum melakukan pendaftaran kuliah. Mengapa wajib memiliki laptop masing-masing? karena mahasiswa melakukan ujian UTS/UAS dengan sistem online sehingga sangat diwajibkan memiliki laptop. Selain itu, mahasiswa belajar membuat program pada laptop masing-masing.

Matakuliah KBK (kurikulum berbasis kompetensi)
Mahasiswa pada mata kuliah tertentu diwajibkan melakukan presentasi dengan dibagi dalam sebuah kelompok, yaa selain tugas individu mahasiswa juga ditugasi dengan tugas kelompok. Tugas kelompok biasanya harus menjalani riset terlebih dahulu, namanya juga mahasiwa pasti sangat banyak tugas riset kelapangan. Tugas kelompok ini diberi jangka waktu selama satu semester, biasanya setelah UTS mahasiswa harus mempresentasikan tugas kelompoknya.

KKP (Kuliah Kerja Praktik)
Pada awal semester 5 mahasiwa diwajibkan melakukan KKP/KKN pada perusahaan yang dipilih, mahasiswa memilih sendiri perusahaan untuk melakukan risetnya, mahasiswa setidaknya minimal satu bulan menjalani KKP ini, dan setelah KKP selesai mahasiswa harus membuat laporan mengenai sistem yang berjalan diperusahaan tersebut serta harus ada bukti bahwaa kita telah melakukan riset disana. KKP ini sebagai salah satu syarat untuk menjalani Tugas Akhir (TA), so jangan sampai kita tidak melakukan KKP ini guys.
Karena saya kuliah sambil bekerja sangat mudah bagi saya untuk menjalani KKP, saya hanya meminta izin kepada perusahaan dimana saya kerja untuk menganalisa sistem yang ada. Setelah itu saya diberi surat penilaian dan surat bukti bahwa saya telah menjalani KKP dari atasan saya.







Memilih Sub Jurusan
Pada semester 5 saya diwajibkan memilih sub jurusan akademi, seperti SMA dengan sub jurusan IPA dan IPS, kuliah di BSI juga mahasiswa diwajibkan memilih jurusan yang diminatinya. Pada AMIK atau manajemen infmatika mahasiswa dapat memilih 3 sub jurusan yakni Program Bisnis, Web Programming dan Program Animasi. Saya lebih tertarik web programming, namun saya terpaksa masuk ke jurusan program bisnis karena lebih dari 50% mahasiswa dikelas saya memilih program bisnis, jadi yang meilih program web dan animasi terpaksa ikut jurusan bisnis.

Tugas Akhir
Pada semester 6 mahasiswa diberi bimbingan untuk menjalani tugas akhir, yaa tugas akhir adalah salah satu syarat untuk mendapatkan gelar diploma III. Namun pada semester 6 mahasiswa masih belajar mata perkuliahan, saya hanya belajar 2 matakuliah saja karena lebih difokuskan untuk membuat TA ini. Tugas Akhir mewajibkan mahasiswanya untuk riset kelapangan terlebih dahulu kesebuah perusahaan/CV/lembaga menilai bagaimana kekurangan sistem yang ada disana, kemudian membuat sistem yang lebih baik lagi untuk perusahaan/CV/Lembaga kedepannya. 
Sangat sulit untuk menyusun sebuah TA bagi saya, dimulai Acc judul saja banyak yang ditolak, belum lagi isi TA yang sampai beberapa kali direvisi, saya menjalani TA ini selama 4 bulan sebelum sidang.
Baca Juga : Pengalaman Wisuda di BSI

Kesan berkuliah di BSI Karawang
Sangat menyenangkan karena saya bisa mengenal teman baru disana, bagaimana cara belajar yang menyenangkan hingga mengenal sifat-sifat teman dalam mengerjakan tugas kelompok. Awalnya sangat lelah karena saya kuliah sambil bekerja, bekerja dimulai pukul 7 pagi hingga 4.30 sore, dan pukul 5 sore saya harus menjadi mahasiswa hingga pukul 9 malam. Namun seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa,walaupun pada suatu waktu terserang Tifus karena kegiatan yang terlalu menguras tenaga, tapi ini sebanding dengan gelar DIII yang saya dapatkan selama berkuliah disini. Saya bangga karena saya bisa membayar kuliah dengan keringat sendiri tanpa membebani orang tua. Insya Allah saya akan melanjutkan ke S1 di bandung pada tahun 2017 dengan melanjutkan masa perkuliahan selama satu tahun saja. Amin

Saat Wisuda DIII
Saat presentasi di kelas

Saat terjun kelapangan belajar berwirausaha mata kuliah entrepreunership semester I

Saat riset mengenai kehidupan pengemis dan anak jalanan mata kuliah character building
0 Komentar untuk "Pengalaman Kuliah di BSI (Bina Sarana Informatika) dari Masuk Hingga Lulus"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top