Pengalaman Bekerja di PT YPMI (Yamaha Motor Parts MFG Indonesia)

PT YPMI (Yamaha Motor Parts MFG Indonesia) adalah salah satu pabrikan yang memproduksi motor dengan merk YAMAHA, PT Ypmi berada di kawasan industri KIIC (Karawang International Industri City) tepatnya di teluk jambe, karawang barat provinsi jawa barat. Pt ypmi tidak memproduksi motor secara utuh (assembly) melainkan hanya membuat parts-partsnya saja seperti Head Cylinder, Piston dan Wheel.

INFO LOWONGAN PT YPMI
Saya mendapatkan info lowongan kerja di pt ypmi dari teman kuliah, awalnya tidak berniat untuk melamar pekerjaan karena sedang kuliah tapi pada waktu yang sama perkuliahan sedang libur setelah UAS selama 2 bulan. Lebih baik mencari kegiatan dari pada duduk diam saja dirumah tanpa penghasilan, Tes Pt Ypmi berada di depan perumahan Karaba (karawang barat) tepatnya di yayasan GSS (Global sarana sukses), menurut petugas disana GSS merupakan yayasan terpercaya pt ypmi sehingga jika calon pelamar masuk ke pt ypmi maka tidak akan dikenakan biaya apapun (bagi hasil) bahkan saat melakukan tes tulis, interview dan medical cheackup pun dibiayai oleh pt ypmi (gratis). Akhirny saya membuat lamaran dan mengikuti tes pada pertengahan bulan november 2013. Untuk umur maksimal masuk ke pt ini adalah 20tahun, beruntungnya saya masih fresh graduate sejak lulus dari SMA.




TES TULIS PT YPMI
Tes tulis pt ypmi yang berada di GSS berupa soal matematika dengan 10 soal yang dikerjakan secara Essay, soalnya seperti menghitung rumus phytagoras, penjumlahan bilangan pecahan, persamaan variabel (a+7=8-2, a=?) dan soal cerita. Saya dapat simpulkan selama saya melakukan berbagai macam tes tulis melamar pekerjaan pt ypmi adalah tes tulis paling sulit, karena biasanya hanya fresh graduate yang bisa lulus dengan nilai tinggi. Nilai 7~10 yang dapat lulus tes tulis ini, alhamdulilah saya mendapatkan nilai 8 dari tes ini, jika ada pelamar yang gagal maka akan dikeluarkan dari ruangan tes dan bisa mencobanya setelah satu minggu kemudian. Setelah mengerjakan 10 soal matematika pelamar mengikuti tes psikotes, saya dengar ini hanya formalitas saja, so pasti bisa lulus dan maju ketahap interview.
INTERVIEW KERJA PT YPMI
Keesokan harinya saya mengikuti interview/wawancara setelah lulus dari tes tulis, namun jarak dari tes tulis ke interview beragam antara 1 sampai satu minggu lamanya. Tes interview dilakukan hanya sekitar 5~7 menit saja, karena memang sangat banyak yang mengikuti tes interview. Tes interview dilakukan dua sesi, sesi pertama dari jam 8 pagi hingga 12 siang dan sesi kedua dari jam 1 siang hingga 3 sore. Tidak ada cara khusus untuk interview disini, saya hanya ditanya riwayat sekolah, alamat, pekerjaan saat ini dan pekerjaan orang tua. Saya tidak menyebutkan sedang berkuliah karena pasti akan gagal jika petugas interview mengetahuinya. Semua pelamar bisa menunggu hasil interview via telpon sekitar 1~2 minggu lamanya.
MEDICAL CHECK UP KERJA PT YPMI
Setelah menerima telp sejak 2 minggu tes interview, saya dinyatakan lulus dan bisa mengikuti tes selanjutnya yakni medical checkup, biaya medical checkup sekitar Rp.500.000,- namun sekali lagi ini gratis karena dibiayai oleh pt ypmi. Medical check up berada di Klinik Laboratorium Prodia Karawang (depan RS Bayu Karta- karawang). Proses medical check up butuh seharian lamanya dimulai darijam 7 pagi hingga jam 5 sore. Tes medical ini meliputi tes urine, tes darah, kondisi paru-paru (rontgen), tes mata minus, tes kesehatan mulut dan gigi, tes detak jantung. Sangat disarankan untuk meminum banyak air putih sebelum melakukan tes medical agar hasilnya bisa maksimal, malam sebelum tes medical saya ditelpon pihak GSS untuk minum susu murni (bear brand), tidur sebelum jam 9 malam dan dipagi hari banyak minum air putih. Pukul 5 sore para pelamar pulang dan menunggu hasil medical checkup.




TES FISIK PT YPMI
Satu bulan belum juga ada pengumuman bahwa saya lulus dari tes medical, akhirnya mendatangi GSS dan langsung menanyakan apakah saya lulus tes medical dan bisa mengikuti tes selanjutnya, petugas GSS mencari data saya dan mengatakan bahwa tes medical saya OK, tapi dia tida mengatakan LULUS tes medical, saya harus menunggu telpon selanjutnya untuk mengetahuinya. Setelah 2 minggu mendapatkan informasi bahwa saya telah lulus tes medical checkup dan bisa melanjutkan untuk melakukan tes fisik.
Baca Juga : Mitos atau Fakta Pengalaman Bekerja Di Yamaha tidak bisa Bekerja di Honda

Persyaratan yang harus dipenuhi cukup ribet, saya harus membotaki kepala (rambut sekitar 1cm), memakai celana olahraga panjang dan baju kaos putih panjang, tidak boleh membawa handphone, makanan, minuman dan kendaraan sendiri. Para pelamar menunggu dititik tunggu yang telah ditentukan karena akan dijemput bus karyawan.

Saya tidak melakukan persiapan apapun untuk mengikuti tes fisik ini, terlebih tes ini di pimpin oleh 2 orang dari anggota TNI, saya mendengar cerita teman bahwa tes ini sangat berat karena dilakukan mulai pukul 06.00-17.00, ahhh saya pasrah saja. Pagi dijemput bus karyawan dan diantar hingga PT ypmi dengan kondisi belum sarapan, tapi saya beranikan membawa roti kecil. Sesaat sebelum menjalani serangkian tes fisik kami diperiksa bahwa telah mentaati peraturan, benar saja makanan, minuman, handphone dan peralatan yang tidak dibutuhkan disita untuk sementara.

Kami diperkenalkan oleh dua orang anggota TNI yang tugaskan untuk melatih selama dua hari kedepan, ditengah latihan berlangsung saya sempat kelelahan yang sangat hebat, kepala pusing dan pandangan berubah menjadi putih, ini kesalahan karena tidak diawali dengan sarapan dirumah. Akhirnya saya meminta izin untuk bersirahat sebentar, sangat malu karena disebut sebagai ORANG YANG LEMAH namun ini yang terbaik dari pada pingsan ditempat, karena pingsan ditempat sama saja dengan gugur dalam tes fisik. Setelah badan mulai kembali fit saya ikut bergabung kembali dengan teman yang lainnya dan alhamdulilah bisa melewatinya hingga pukul 5 sore.
Latihan tes fisik pada dasarnya berjalan selama 2 hari, namun besoknya adalah tanggal 1 januari dan bertepatan hari libur maka tes ini hanya dilakukan satu hari saja, alhamdulilah satu hari saja badan seperti remuk dan patah-patah. Saya sangat menyarankan jika anda akan menjalani tes fisik untuk masuk keerja di pt ypmi agar terbiasa berlari dipagi hari kira-kira satu jam selama satu minggu agar pada saat tes fisik badan tidak terlalu trauma.

TES WORK TEAM
Setelah selesai tes fisik pelamar akhirnya masuk kedalam serangkaian tes yang terakhir yaitu tes kekompakan tim, ini melatih para calon pekerja agar pada saat bekerja bisa melakukan kerja sama tim yang baik, saling berbagi dan menghargai pendapat antar sesama rekan kerja.
Tes ini berupa merangkai kertas origami (kertas lipat jepang) untuk dijadikan sesuatu produk yang diperintah oleh trainner, para pelamar harus mengerjakan tugas ini secara tim (5 orang), masing-masing memiliki tugas dan harus saling membantu, setelah produk telah selesai ketua tim sebagai leader harus mempresentasikan hasil produknya dihadapan trainner dan semua kelompok, anggota tim boleh memberi masukan ketika trainner menanyakan perihal apa yang dibuat.
Setelah tahap ini selesai, para pelamar dinyatakan lulus semua dan bisa masuk kerja seiminggu kemudian dan kami diberikan seragam kerja pt ypmi untuk digunakan nantinya. Alhamdulilah betapa bangganya kerja keras serta kesabaran saya selama ini berbuah manis dngan diterima bekerja di pt ypmi sebuah perusahaan ternama dan besar ini.
TRAINING CENTER
Selama satu minggu karyawan baru menjalani training center, training center adalah training pengenalan lingkungan pabrik, ISO 14001, ISO 9001, serta tunjangan kesehatan akan dijelaskan secara rinci. Jujur ini sangat membosankan bagi saya karena hanya duduk diam didalam ruangan selama 9 jam, mengantuk dan lapar yang dirasa karena istirahat makan dimulai pukul 12 siang, mungkin terbiasa suasana sekolah yang istirahat pada jam 9 pagi dan pulang jam 12 siang, namun ini berbeda saat bekerja yang berada di pabrik 2 kalilipat waktunya dibanding sekolah. Saya mulai befikir bahwa inilah yang dirasakan orang tua bekerja untuk menghidupi anak-anaknya hingga lulus sekolah.
MASUK KELAPANGAN UNTUK BEKERJA
Training center sudah selesai dan saatnya saya merasakan untuk pertama kalinya bekerja disebuah pabrikan, sangat bersemangat walaupun belum terbiasa dengan mesin-mesin tempat saya bekerja. Ditempatkan sebagai oprator produksi untuk menjalankan mesin pembuatan wheel/velg motor, ternyata proses ini dijalankan oleh mesin yang canggih buatan jepang, saya hanya memasukan wheel mentah kedalam mesin, menekan tombol start dan menunggu selama 3 menit setelah itu mesin terbuka dan mengambil wheel dari dalam mesin untuk diproses di line selanjutnya.
Saya nyaman bekerja disini karena bisa mengenal teman baru, bahkan setelah sekian lama saya menganggap teman kerja sebagai saudara sendiri. Bekerja di pabrik menjadi bagian hidup, bagaimana tidak para karyawan menghabiskan 3/4 waktunya di lingkungan pabrik selama 5 hari.

FAMILY DAY/FAMILY GATHERING
Kelebihan bekerja dipabrik bonafit (penghasilan besar) adalah diadakannya kegiatan family gathering bersama keluarga karyawan setahun sekali, saya bekerja selama 2 tahun dan mengalami liburan gratis ini ke dua tempat yaitu Trans studio bandung dan Jungle Land.




HABIS KONTRAK
Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, saya harus menerima kenyataan bahwa pekerjaan yang membantu perekonomian harus berhenti karena ikatan kontrak, bukan sedih karena tidak bisa bekerja dan mencari uang kembali melainkan sedih karena teman dan senior yang sudah dianggap sebagai saudara akhirnya harus berpisah, namun bukan berarti ini memutuskan tali silaturahmi, selama tidak bekerja lagi saya bersama teman yang habis kontrak sering bertemu untuk liburan atau sekedar berkumpul saja walaupun sekarang tidak sesering dulu.

Dokumentasi :

Bersama kawan-kawan seperjuangan, gua yang fotoin

Proses pembubutan wheel
Seragam YPMI berubah seperti group di jepang

Family Gathering ke jungle land
BIntang tamu "Kotak Band"


Baca Juga : Tips Wawancara kerja yang baik dan benar untuk lulusan SMA/SMK sederajat

2 Komentar untuk "Pengalaman Bekerja di PT YPMI (Yamaha Motor Parts MFG Indonesia)"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top