Langkah-langkah Menyusun Tugas Akhir (TA) Agar Cepat Selesai

Tugas Akhir atau biasa disebut dengan TA adalah salah satu persyaratan agar seorang mahasiswa dapat lulus dari universitasnya dengan predikat nilai yang sesuai dengan hasilnya. Tugas akhir diberikan pada mahasiswa dengan masa jenjang pendidikan 3 tahun (D3), lalu apakah sama dengan skripsi dan tesis? dari tujuannya memang sama sebagai persyaratan lulus akademik, namun dalam pengerjaannya jelas berbeda. Tugas akhir diperuntukan untuk D3 (DIII) juga termasuk D1 &D2, skripsi diperuntukan untuk S1 (sarjana) dan sedangkan tesis diperuntukan untuk S2 (pasca sarjana).

Apakah Sulit Mengerjakan Tugas Akhir?
Saya adalah lulusan D3 dari BSI (Bina Sarana Informatika) mengambil jurusan manajemen informatika, menurut pengalaman saya mengerjakan Tugas Akhir membutuhkan konsentrasi dan waktu yang lumayan lama, saya membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk menyelesaikan TA hingga Full Approve (tidak ada revisi lagi) dosen pembimbing. Jadi yang membuat sulit jika anda mengulur-ngulur waktu dengan hal yang tidak jelas sedangkan waktu sidang sudah dekat.


Kapan waktu yang Ideal Mengerjakan Tugas Akhir?
Tugas akhir pada D3 umumnya dikerjakan pada saat semester akhir (6), namun anda bisa mulai mengerjakan mulai dari semester 4 atau 5, misalnya pada semester 4 anda mulai berfikir apa judul yang tepat dan dimana tempat riset yang akan digunakan sebagai bahan observasi. Semester 5 anda bisa mulai mencicil mengerjakan tugas akhir setidaknya mengerjakan BAB II (Teori dasar). Maka jika semester akhir sudah datang, anda bisa sedikit mengendorkan pikiran namun tetap fokus menyusun tugas akhir.





Mencari Judul yang Tepat
Tahap pertama dalam menyusun TA adalah mencari judul yang tepat untuk diajukan kepada dosen pembimbing, buatlah judul selengkap mungkin tanpa ada unsur pertanyaan lagi. Banyak mahasiswa yang ditolak judulnya karena alasan tersebut.
Misalnya Judul yang tidak disarankan ;
"Perancangan Program Penerimaan Siswa di Sekolah SDN 1 Karawang"
Mengapa judul diatas tidak disarankan? Karena judul diatas mengandung unsur pertanyaan jika pada saat sidang ditanya oleh Dosen Penguji. Penerimaan siswa harus jelas apakah siswa baru ataukah siswa pindahan atau bahkan keduanya? Jika anda membuat judul seperti diatas artinya anda harus membuat materi lebih dalam.
Misalnya Judul yang baik ;
"Perancangan Program Penerimaan Siswa Baru di Sekolah SDN 1 Karawang"

Kesimpulannya semakin panjang judul maka semakin baik dan terhindar dari pertanyaan saat sidang tugas akhir.

Mengatasi Dosen Pembimbing dan Assisten Dosen Pembimbing yang berbeda jadwal dan tempat
Tentunya ada mahasiswa yang mendapatkan Dosen pembimbing dan Asdos pembimbing (dosen pembimbing 2) dalam waktu dan tempat yang berbeda walaupun jadwal bimbingan sudah ditentukan oleh kampus, tapi ada kalanya dosen yang super sibuk sering mengalihkan waktu dan tempat bimbingan..
misalnya Dosen pembimbing hanya bisa bimbingan di hari senin dan rabu dikelas A, sedangkan Asdos pembimbing hanya bisa Senin dan Jumat di kelas B. Maka yang harus anda dahulukan adalah Dosen pembimbing, biasanya antara dosen pembimbing dan asdos membagi tugas, misalnya Dosen pembimbing BAB 1,2 dan 3 sisanya Asdos pembimbing BAB 4 dan 5. Atau misalnya anda bisa mengajukan BAB 1 dan 2 kepada dosen pembimbing dan jika ada revisi maka dihari berikutnya anda bisa mengajukan hasil revisi BAB 1 dan 2 kepada Asdos pembimbing.




BAB Mana yang Harus Didahulukan Pengerjaannya?
Ini adalah hal paling penting, jika anda mulai mengerjakan tugas akhir pada semester akhir, artinya hanya sedikit waktu yang bisa anda gunakan. Pesan dosen pembimbing pada saat saya mengerjakan TA adalah setelah judul TA sudah di ACC/diterima, anda mulai mengerjakan BAB 1. Mengerjakan BAB 1 lebih mudah dari BAB lainnya karena hanya berisi pendahuluan saja, pengerjaan BAB 1 bisa anda kerjakan dalam waktu 1 minggu dan maksimal 2 minggu (sudah full Acc/tanpa revisi lagi). Dikala mahasiswa lain sedang mengerjakan BAB 2, anda gunakan untuk mengerjakan BAB 3. BAB 2 hanya menyita waktu karena hanya menyalin kutipan dibuku sedangkan BAB 3 adalah inti dari isi tugas akhir. Jika  sudah berhasil mengerjakan BAB 3 yang super memusingkan anda bisa beristirahat dengan mengerjakan BAB 2 dikala mahasiswa lain sedang pusing-pusingnya mengerjakan BAB 3. Jangan anda abaikan, dalam satu bimbingan terdapat 30-60 mahasiswa, bayangkan betapa pusingnya dosen memeriksa hasil BAB 3, dosen pun akan merasa sedikit tertekan. Oleh karenanya BAB 2 adalah masa dimana dosen belum terlalu berfikir dalam, maka anda manfaatkan mengajukan BAB 3 agar pikiran dosen konsentrasi pada tugas akhir anda.

Cara Mengatur Biaya Pengerjaan Tugas Akhir
Anda mengerjakan tugas akhir? maka anda harus siap biaya pengerjaan tugas akhir, seperti biaya pengeprint-an dan biaya ongkos riset. Sebaiknya anda bersama teman ramai-ramai patungan membeli kertas HVS untuk mencetak tugas akhir, cari teman yang memiliki printer. Anda bisa bisa patungan 3-5 orang untuk membeli tinta dan kertas, masa bimbingan adalah masa yang panjang, jika terdapat kesalahan dalam penulisan maka dosen akan mencoret kertas TA anda, jika revisi satu kali mungkin biaya akan sedikit hemat, tapi nyatanya revisi bisa terjadi hingga lebih dari 3 kali, anda harus mulai menghemat. Kesalahan saya dulu adalah tidak melakukan cara ini sehingga untuk biaya print saja habis Rp.500.000, belum lagi biaya penjilidan buku tugas akhir, biaya pembelian materai,  biaya ongkos riset pulang pergi. Riset membutuhkan waktu yang tidak sebentar, minimal riset adalah 1 bulan lamanya (tergantung kebijakan universitas).



BackUp File Tugas akhir anda
Kejadian yang paling buruk semasa perkuliahan adalah hilangnya data tugas akhir, program yang saya buat hilang karena terkena virus komputer. Situasi sangat kacau karena waktu menuju sidang adalah 1,5 bulan, yang lebih parah dialami teman saya yang mengalami musibah pada laptopnya, ketika mengerjakan TA dia tidak sengaja menjatuhkan gelas berisi air ke keyboard laptop, laptop sempat mati, untungnya setelah diservice 2 minggu filenya tidak hilang. Untuk mencegahnya saya memiliki backup/cadangan file tugas akhir. Bagaimana cara membackupnya?

  • Usahakan anda memiliki lebih dari satu flasdisk, anda copy file tugas akhir ke dua flashdisk  setiap kali anda menyelesaikan BAB perBAB (update)
  • Belilah DVD RW, flashdisk rentan akan virus maka sebaiknya anda juga mengcopy ke dalam DVD RW, anda bisa membelinya dengan harga Rp.8000 dengan memory 4gb
  • Salin juga file ke laptop/komputer lain jika anda memilikinya, jika tidak salin ke laptop teman anda. Anda bisa saling save file TA ke sesama teman mahasiswa agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan (kehilangan laptop, virus, laptop mati tanpa jelas). Lebih banyak teman lebih sedikit hilangnya file TA
  • Tidak disarankan makan/minum saat mengerjakan TA, dikhawatirkan makanan/minuman terjatuh ke laptop/komputer anda. lebih baik anda makan terlebih dahulu agar selanjutnya fokus mengerjakannya.

Demikian tips menyusun tugas akhir agar cepat selesai berdasarkan pengalaman saya, semoga menjadi referensi pembaca.


0 Komentar untuk "Langkah-langkah Menyusun Tugas Akhir (TA) Agar Cepat Selesai"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top