Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Saat Sidang TA

Sidang Tugas Akhir bagi sebgaian mahasiswa terdengar sangat mengerikan, bagaimana tidak dari sidang inilah nilai/grade kelulusan seorang mahasiswa. Saya adalah lulusan mahasiswa BSI (Bina Sarana Informatika) Jurusan manajemen informatika, Sidang tugas akhir memang membutuhkan kesiapan yang benar-benar matang baik itu mental dan fisik. Setelah melewati masa penyusunan tugas akhir yang cukup lama, saya harus siap menghadapi sidang dihadapan dosen penguji.

Lalu bagaimana agar kita siap menghadapi sidang tugas akhir? berikut adalah tips mengahadapi tugas akhir ;

Persiapkan materi makalah sidang dan surat penting
Makalah adalah hal yang paling penting ketika anda menjalani sidang, tanpa makalah seorang yang akan menjalani sidang tidak bisa memasuki ruang sidang. biasanya makalah rangkap tiga yang diberikan untuk dosen penguji 1, penguji 2 dan anda sendiri. Selain itu, persiapkan juga surat-surat yang menunjang sidang berlangsung, misalnya surat keterangan riset dari tempat anda menjalani observasi. Pastikan juga anda telah siap memahami dengan benar isi dari tugas akhir yang telah dibuat.
Baca Juga : Langkah-langkah Agar Tugas Akhir Cepat Selesai




Persiapkan materi slide (power point) untuk presentasi
Menjelaskan materi hasil tugas akhir pada umumnya berupa presentasi yang tampilkan dalam layar proyektor, dalam hal ini anda harus mempersiapkan laptop serta materi slide presentasi. Cek kembali dirumah sebelum anda berangkat ke kampus, karena jika tiba dikampus dan ada hal yang terlupa maka waktu tidak akan cukup maka anda terancam tidak bisa mengikuti sidang ujian tugas akhir. Selain itu disarankan untuk membawa beberapa lembar foto kopi kutipan buku yang mendasari landasan teori tugas akhir segi bukti bahwa anda benar membuat kutipan dari sumber buku bukan internet.

Persiapkan Pakaian
Kerapihan adalah salah satu nilai plus dalam penilaian sidang atau bahkan kewajiban, setiap universitas tentunya memiliki aturan sendiri dalam menentukan pakaian sperti apa yang digunakan saat ujian sidangbelangsung. Misalnya pada mahasiswa harus menggunakan pakaian hitam putih (celana hitam bahan dan baju putih polos panjang), almamater akademik, sepatu formal dan dasi hitam. Begitupun dengan mahasiswi disesuaikan dengan keadaaannya.

Perkirakan Waktu keberangkatan
Jika waktu ujian sidang adalah pada pukul 9 pagi, maka sebaiknya anda harus ada satu jam sebelum sidang ditempat sidang (jam 8) atau lebih baik lagi 2/3 jam sebelum sidang, biasanya sebelum sidang mahasiswa menjalani serangkaian pemeriksaan misalnya pemeriksaan kartu identitas mahasiswa, KTP/SIM, pemeriksaan keaslian tugas akhir, lembar persetujuan bimbingan dari dosen pembimbing, keaslian surat riset, dan lain sebagainya. Pada saat sebelum sidang saya pun menjalani sesi pemotoan untuk foto ijazah.




PADA SAAT SIDANG BERLANGSUNG

Masuk ke ruang sidang
Masuk dengan mengetukpintu terlebih dahulu dan ucapkan salam (selamat pagi/siang), keluarkan yang menunjang kebutuhan sidang misalnya laptop untuk presentasi, makalah tugas akhir tiga rangkap, catatan untuk mencatat pertanyaan. Setelah semuanya siap silahkan beritahu dosen penguji bahwa anda siap untuk menjelaskan presentasi.

Saat Presentasi Berlangsung
Pada umumnya presentasi tugas akhir diberi waktu sekitar 10-15 menit untuk menjelaskan materi yang anda bahas. Presentasi yang baik adalah pada saat presentasi tidak seperti membaca materi melainkan menjelaskan sesuai pengetahuan anda, jika pada saat peresentasi kelompok terbiasa membaca saat presentasi, maka hindari kebiasaan ini, sebaiknya sebelum sidang anda harus berlatih bagaimana tata cara presentasi yang baik.
Baca Juga : Langkah-langkah Agar Tugas Akhir Cepat Selesai





Menjawab Pertanyaan saat ujian sidang
Waktu ujian sidang tugas akhir biasanya berlangusng selama 60 menit dengan pembagian waktu 10 menit untuk presentasi dan 50 menit untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji. Inilah yang menjadi ketakutan mahasiswa karena sesi pertanyaan yang lumayan lama, jawab pertanyaan dengan santai dan tidak gugup.
Makalah tugas akhir memiliki ruang lingkup, ruang lingkup inilah yang bisa menyelamatkan mahasiwa dari pertanyaan dosen penguji. Oleh karena itu buatlah ruang lingkup selengkap mungkin, jika ada pertanyaan dari luar ruang lingkup anda maka anda bisa mengelak "Maaf pertanyaan yang bapak/ibu ajukan diluar ruang lingkup materi tugas akhir saya".

Tidak melihat makalah saat menjawab pertanyaan
Suatu kesalahan saat anda menjalani sidang adalah melihat isi materi pada makalah tugas akhir saat menjawab pertanyaan dari dosen penguji, saat sidang adalah saat dimana anda telah benar-benar menguasai materi tugas akhir sedetail mungkin. Jika ini terjadi, jangan harap anda mendapatkan grade/nilai yang diharapkan.
0 Komentar untuk "Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Saat Sidang TA"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top