Pengertian Abstraksi/Abstrak Karya Ilmiah dan Contohnya

Abstraksi atau Abtstrak adalah sebuah ringkasan pada suatu karya ilmiah yang dibuat baik itu untuk bidang akademik, institusi, lembaga, organisasi dll. Dalam bidang akademik biasanya abstraksi dibuat untuk Akhir (TA), skripsi maupun Tesis. Abstraksi bertujuan agar pembaca karya ilmiah paham akan maksud dan tujuan untuk apa karya ilmiah tersebut dibuat. Idealnya abstraksi ini dibuat dalam jumlah kata minimal 200 hingga 250 kata serta dibuat dengan menggunakan dua bahasa (Indonesia dan inggris).

Berikut ini adalah contoh abstraksi yang pernah saya buat ketika menyusun tugas akhir D3 di BSI ;

ABSTRAKSI
Hendri Setiawan (12124359), Perancangan Program Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Mengemudi 

Di zaman sekarang ini dunia teknologi sudah merajai segalanya, manusia semakin pintar dalam merancang segala sesuatunya hanya dengan teknologi yang salah satunya adalah teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer ini tentunya sangat membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaannya dengan cepat, tepat dan efisien. Mulai dari sistem penjualan, peminjaman, penerimaan siswa auapun karyawan, penggajian dan lain sebagainya yang telah menggunakan teknologi komputer untuk mengolah datanya.



Lembaga pendidikan keterampilan sekolah mengemudi  adalah lembaga yang dalam kesehariannya menerima siswa baru yang ingin belajar mengemudi mobil. Lembaga ini perlu adanya sistem pelayanan yang terkomputerisasi yang mampu mengolah data secara cepat, mudah dan efesien. Dikarenakan pengolahan data di lembaga pendidikan ini masih bersifat manual, mulai dari pendaftaran, penjadwalan hingga pembukuan. Hal ini dapat mempersulit pencarian data, duplikasi atau kesamaan data dan atau mungkin hilangnya data yang telah dibuat.
Oleh karena itu, penulis mengajukan solusi untuk mempermudah sistem penerimaan siswa baru menjadi terkomputerisasi. Sistem yang terkomputerisasi ini adalah solusi yang terbaik dalam memecahkan permasalahan -permasalahan yang ada pada lembaga ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari pada sistem yang bersifat manual, Sehingga dengan adanya sistem yang terkomputerisasi ini dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas pelayanan di Sekolah mengemudi dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.

Kata Kunci: Perancangan Program, Program penerimaan siswa baru

Abstraksi dalam bahasa inggris ;

ABSTRACT
Hendri Setiawan (12124359), New Student Admission Design Program In Driving School 

In today's world of technology has ruled everything, humans are getting smarter in designing everything just with technology, one of which is computer technology. The development of computer technology is certainly very helpful man in doing his job quickly, accurately and efficiently. Ranging from system sales, lending, acceptance of students ataupun employees, payroll and others that have used computer technology to process data.



Driving school skill education institutions is an institution in daily receiving new students who want to learn to drive a car. The institute is the need for a computerized service system that can process data quickly, easily and efficiently. Due to data processing in educational institutions is still manual, ranging from registration, scheduling to accounting. This can complicate data search, duplication or similarity of data and or possible loss of data that has been created.
Therefore, the authors propose solutions to facilitate the new admissions system became computerized. This computerized system is the best solution in solving the problems existing at this institution. A computerized system is better than the manual systems that are, so that the presence of this computerized system can simplify and improve the quality of care in  driving school compared with the previous system.

Keywords: Design Program, New student admissions design program

Silahkan Download Contoh Abstraksi file PDF dibawah ini ;
0 Komentar untuk "Pengertian Abstraksi/Abstrak Karya Ilmiah dan Contohnya"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top