Reuni di Aula Husni Hamid Pemda Karawang (Buka Bersama) | Review

Reuni adalah kegiatan silaturahmi antar sesama teman-teman dimasa lalu baik itu teman semasa SD, SMP, SMA, Kuliah maupun teman kerja. Pada momen yang paling ditunggu ini banyak yang harus dipersiapkan oleh para panitia penyelenggara kegiatan Reuni. Dalam kasus reuni SMA misalnya hanya satu kelas saja mungkin tidak begitu sulit dalam menentukan tanggal acara serta rincian biaya, namun jika Reuni Akbar butuh tenaga serta pikiran untuk menyusun acara tersebut agar terlaksana dengan lancar.
SMAN 1 KLARI (Karawang) angkatan 2012 mengadakan acara Reuni sekaligus buka bersama (karena bertepatan bulan suci ramadhan) yang bertempat di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang. Berikut ini adalah reviewnya (baik itu persiapan, tempat dan susunan acara).

PERSIAPAN DALAM MENENTUKAN PANITIA PELAKSANA
Walaupun saya idak bergabung dalam kepanitian, namun saya sedikit tahu apa saja persiapan para panitia dalam membuat acara reuni SMA ini. Panitia diambil dari setiap perwakilan hanya 2 orang saja, jika dalam satu angkata terdapat 10 kelas maka panitia seharusnya ada 20 orang.



Mengapa harus 2 orang setiap kelas, karena saya yakin masng-masing perwakilan ini masih aktif berhubungan dengan teman sekelasnya dulu jadi mereka bisa menghubunginya. Dalam panitia harus ada ketua panitia yang ditunjuk dari masing-masing perwakilan, hal ini dimaksudkan agar mudah dalam mengkoordinir panitia lainnya.

MENENTUKAN BIAYA
Dalam menentukan biaya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H, misalnya Reuni 10 kelas diadakan dengan jumlah 400 orang, namun setelah di hubungi ternyata hanya ada sekitar 200 orang yang bersedia ikut. Panitia seharusnya menganggarkan biaya 125% dari total yang ikut, misalnya yang bersedia hadir 200 orang maka panitia seharusnya menghitung biaya perorang dari 150 orang, tujuannya agar biaya tidak kurang(nombok) tapi justru lebih.
Contoh biaya perorang adalah Rp.100rb maka dikalikan 150 orang = Rp15.000.000, padahal yang ikut adalah 200 orang (Rp.20.000.000). Sisa dimaksudkan untuk dijadikan biaya tak terduga ketika masa persiapan acara.

MENENTUKAN TEMPAT
Pertama yang harus dilakukan jika anggaran biaya sudah didapat adalah tempat, bukan makanan. Pilihlah tempat yang sesuai dengan anggaran serta jumlah orang. Biaya tempat setidaknya memakan biaya tidak lebih dari 25% dari total biaya yang ada, misalnya anggaran Rp.15.000.000 maka sisihkan untuk sewa tempat sekitar kurang dari Rp3.750.000

MENENTUKAN MENU MAKANAN
Menentukan menu makanan susah susah gampang, tapi akan mudah jika semua yang ikut sudah membayar dan jika membatalkan keikut sertaan maka dianggap hangus, cara ini akan mempermudah penghitungan biaya-biaya. Karena acara ini adalah Reuni maka tak legkap rasanya jika Guru-guru tidak hadir, maka sebaiknya hitung pula biaya makan beserta guru-guru yang sekiranya akan hadir dalam acara tersebut.




Merchandise/Souvenir/Door Prize
Sebenarnya ini adalah opsional, jika serasa ada kelebihan biaya maka bisa diadakan biaya untuk pembelian souvenir. Tapi ingat ini adalah opsional dan sifatnya tidak memaksa, utamakan biaya sewa tempat, makanan, dekorasi panggung, akomodasi.

REVIEW TEMPAT AULA HUSNI HAMID - PEMDA KARAWANG
Reuni SMAN 1 KLARI ANGKATAN 2012 dihadiri sekitar 170 orang yang bertempat diaula husni hamid. Untuk 170 orang tempat ini cukup luas dan cocok untuk acara reuni SMA. Aula Husni Hamid berada didalam kawasan Pemda Karawang, jadi anda masuk saja ke gerbang kantor pemerintah kabupaten Karawang. Berikut ini fasilitas yang ada ;
  • Parkir mobil dan motor luas
  • Bangku dan meja
  • panggung
  • Alat musik dan sound system


Ada beberapa kekurangan menurut saya didalam Aula ;
  • Pencahayaan diarea panggung kurang, sehingga para penonton kurang begitu memperhatikan apa yang ada di panggung
  • Banyak bangku yang ditumpuk dipinggir-pinggir dinding aula, karena sekarang generasi 'HITS' maka berfoto pun kurang maksimal
  • Meja yang disediakan seperti meja guru disekolah, tapi ini tidak begitu menjadi masalah
  • Suasana sekitar Aula agak berantakan dengan kursi-kursi dan meja tidak terpakai.




Ada harga ada kualitas, maka bisa disimpulkan biaya sewa gedung di Aula Husni Hamid cukup terjangkau untuk acara kecil hingga menengah. Biaya yang harus dikeluarka untuk sewa tempat beserta sound system adalah kisaran 2,5jutaan.

Berikut ini adalah dokumentasinya :
Tampak depan gedung


Tampak dalam gedung
Ruangan tampak luas



0 Komentar untuk "Reuni di Aula Husni Hamid Pemda Karawang (Buka Bersama) | Review"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top