Pengalaman Lucid Dream dan Cara Melakukannya

LUCID DREAM secara bahasa yang berarti Lucid (jernih, murni, asli) dan dream (Mimpi), menurut istilah adalah seseorang yang sedang bermimpi dan dia menyadari bahwa sedang bermimpi. Pernahkah anda bermimpi dan sadar bahwa itu adalah hanya mimpi? yaa itulah yang pernah dialami oleh saya bahkan sering. Sebenarnya Lucid dream ini telah dikenal pada era dahulu bahkan dapat dipraktekkan. Pada lucid dream seseorang dapat mengendalikan mimpinya sesuai dengan keinginannya, menarik bukan? misalnya anda mengalami lucid dream dan anda sadar akan hal itu, setelah itu anda bisa mengatur bagaimana jalannya mimpi, contohnya ingin terbang dan terjadilah terbang pada mimpi anda sendiri.

PROSES LUCID DREAM TERJADI
Pada dasarnya manusia yang bermimpi ketika sedang tidur mengalami 4 fase, yaitu fase N1, N2, N3 dan N4. Fase N1 seseorang akan memejamkan mata setelah 5 menit aktifitas otot akan menurun, fase N2 akan dialami setelah 10-15 menit dan detak jantung menjadi melambat, otot akan menjadi rileks. Pada tahap N3 seseorang akan merasakan lebih rileks lagi hingga ke tahap N4/NREM yang akan masuk kealam bawah sadar, disinilah mimpi akan terjadi. Hal ini terjadi pada seseorang dengan tidur yang normal.
Pada Lucid dream seseorang akan tidur dari tahap N1 meloncat langsung ke tahap NREM (deep sleep), pada tahap inilah seseorang akan merasakan bahwa tubuhnya seperti "Ketindihan" makhlus halus, tidak bisa bergerak bahkan untuk berbicara pun sangat sulit. Dalam medis kasus ini disebut dengan Sleep Paralysis, yakni ketika anda tertidur tubuh anda menjadi rileks, sehingga otot-otot pun menjadi rileks namun otak anda masih sadar, pada saat inilah anda berada dalam posisi setengah sadar. Lalu mengapa seperti Ketindihan? itu karena pada saat otot menjadi rileks namun otak/pikiran tersadar, walaupun otak memerintahkan untuk bangun atau berbicara itu tidak akan terjadi karena otot-otot  dalam keadaan rileks/istirahat. Pada keadaan inilah biasanya orang-orang akan membayangkan tubuhnya seperti ditindih makhluk halus, dan terjadilah bayangan tersebut karena sekali lagi anda mengendalikan mimpi dan membayangkan makhluk halus, jika membayangkan bidadari maka yang akan terlihat adalah bidadari. Sleep paralysis terjadi dengan tidak sengaja biasanya karena seseorang melakukan pekerjaan yang menguras tenaga pada siang hari, dan pada saat akan tidur dimalam hari kedapatan sleep paralysis/ketindihan karena faktor kelelahan. 

 Sebenarnya ini adalah salah satu syarat seseorang bisa mengendalikan mimpinya melalui lucid dream yaitu harus mengalami seperti ketindihan. Mimpi karena lucid dream akan terasa lebih nyata dibandingkan mimpi biasa, karena lucid dream dikendalikan oleh otak sadar sehingga mimpi terasa sangat nyata, berbeda dengan mimpi biasa yang alur ceritanya tidak jelas, anda sedang ada ditaman tiba-tiba ada disebuah kamar, ini karena mimpi biasa terkendali oleh otak tidak sadar.

PENGALAMAN LUCID DREAM 4 KALI
Awalnya tidak percaya jika seseorang bisa mengendalikan mimpinya, namun setelah membaca artikel dan menonton video apa itu Lucid Dream akhirnya saya bisa melakukannya dan itu 100%benar.
Mimpi pertama ketika sedang berada disebuah danau, saya sadar bahwa sedang bermimpi, jika teori lucid dream benar maka apapun yang dikehendak saya akan terlaksana bukan? akhirnya saya mencoba untuk berjalan diatas air, dan WAHH itu terjadi, kemudian berlari dan terbang, itu benar-benar terjadi dalam mimpi dan itu saya sangat sadar sedang bermimpi, aneh memang namun inilah kenyataanya.
Mimpi kedua saya lakukan secara sengaja dengan mengikuti petunjuk melakukan lucid dream, saya membayangkan sedang berada ditengah hutan dan mengubah diri saya menjadi tokoh anime Naruto dan itu pun terjadi, saya bayangkan sosok Sasuke uchiha di depan dengan membawa pedang dan seketika dia menyerang saya dengan tiba-tiba, sontak saya kaget dan terbangunlah dari lucid dream, pada mimpi ini hanya berlangsung selama 10 menit.

Mimpi ketiga terlaksana namun secara alami, saya menaiki atap rumah dan tersadar bahwa sedang bermimpi, setelah itu saya membayangkan ada UFO dilangit, dan itupun nyata ada atas kehendak sendiri.
Mimpi keempat adalah mimpi yang sangat menyenangkan, sebelum tidur saya sempat membayangkan bahwa jika nanti lucid dream akan mencium seseorang. Dan terjadilah hal demikian, saya berhasil mencium seseorang yang saya sukai didunia nyata, dan ciuman itu seperti sangat nyata. 

Dari keempat mimpi tersebut saya bisa menceritakannya serinci mungkin dan tidak terlupa hingga sekarang, karena lucid dream menyimpan memori pada otak besar sedangkan mimpi biasa akan tersimpan di otak kecil oleh karenanya akan mudah lupa.

CARA MELAKUKAN LUCID DREAM
Sebaiknya anda mengerti apa itu Lucid Dream, jika sudah mengerti maka lakukan langkah-langkah dibawah ini ;
1). Silahkan anda mengambil posisi tidur senyaman mungkin, usahakan tidur dengan posisi terlentang dengan kepala menghadap langit-langit, tapi ingat jangan sampai tertidur. Jika anda melakukan aktifitas yang menguras tenaga disiang hari dan malam merasa lelah maka ini akan berpeluang berhasil melakukan LD.

2). Pejamkan mata dan pikirkan bahwa anda akan melakukan LD, hitung dari angka 1 hingga 200 namun secara perlahan. Misalnya 1 tarik nafas perlahan dan keluarkan perlahan, 2 tarik nafas perlahan dan keluarkan perlahan. Lakukan hal tersebut hingga hitungan 200 atau bahkan sebanyak mungkin, namun ingat sekali lagi anda harus terdasar namun tubuh usahakan serileks mungkin.

3). Jika berhasil maka secara tidak sadar anda akan merasakan ketindihan (sleep paralysis), pada kondisi ini jangan anda lawan untuk membangunkan diri, justru ini adalah syarat LD. Pada saat ketindihan usahakan pikiran rileks serta tubuh rileks (tidak melawan), sekarang saatnya bayangkan apa yang akan anda lakukan dalam mimpi anda, misalnya anda membayangkan sedang berada di pinggir pantai, maka bayangkanlah namun secara halus, wujudkan pemandangan alam sekitar dan deburan ombak. Jika berhasil anda akan tersadar bahwa sedang berada dipantai, namun anda sadar bahwa ini hanyalah mimpi.
4). Melakukan pengecekan sederhana, coba lihat jari tangan anda. Pada kondisi LD jari tangan seseorang akan berbeda, misalnya jari tangan berjumlah 12 bahkan 20. Pada saat saya LD menjadi Naruto saya melakukan pengecekan jari dan ternyata ada 11 jari. Jika ini berhasil artinya selamat anda masuk dalam kondisi Lucid dream

5). Jangan terlalu senang karena anda berada dalam mode LD, karena ini akan membangunkan anda dari tidur setengah sadar, jangan pula membiarkan alur cerita secara alami, ini akan membuat anda masuk tidur dalam tahap NREM atau mimpi biasa. Jadi, usahakan anda yang membuat cerita dalam mimpi sesuai keinginan.

MANFAAT LUCID DREAM
  • Biasanya orang-orang memanfaatkan LD sebagai motivasi, misalnya dalam dunia nyata tidak bisa berjalan namun pada kondisi LD dapat berjalan, secara tidak langsung ini akan membangkitkan semangatnya didunia nyata.
  • Pemecahan permasalahan, seorang ilmuan menggunakan LD sebagai sarana untuk memecahkan permasalahan didunia nyata, 
  • menghilangkan Stress


BERBAHAYAKAH LUCID DREAM?
Apakah lucid dream berbahaya? mengganggu jadwal tidur anda? atau anda akan terjebak dalam kondisi ini LD?
Lucid dream sama sekali tidak berbahaya, LD tidak mengganggu jadwal tidur anda. Pada kondisi LD seseorang akan tidur seperti biasa karena tubuh mereka rileks dan tidak melakukan apapun, hanya saja dalam pikiran alam bawah sadarnya bisa mengendalikan mimpi yang terjadi, jadi sama sekali tidak akan kekurangan jam tidur, tubuh akan terasa segar kembali setelah bangun di pagi hari.
Apakah anda akan terjebak dalam kondisi LD? jika anda merasa kurang nyaman dalam kondisi LD, sesuka hati anda bisa keluar dan bangun dari mimpi LD anda, jadi tidak ada istilah terjebak.

0 Komentar untuk "Pengalaman Lucid Dream dan Cara Melakukannya"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top