Pengalaman Tes Kerja dan Wawancara di PT Glico Wings

Glico Wings adalah salah satu perusahaan yang berinduk pada Wings, Glico Wings sendiri perusahaan patungan kerjasama antara Ezaki Glico dan perusahaan PT Mitrajaya Ekaprana atau disebut dengan Wings. Glico Wings didirikan dijakarta pada tahun 2013 dan membuat cabang yang ada di Karawang Barat baru baru ini, dikarawang Glico Wings memproduksi Es Krim Glico.

Bagaimana Saya dapat info lowongan di Glico Wings?
Awalnya saya melihat lowongan PT GW ini di situs Jobstreet dengan membutuhkan bagian Purchasing Packaging untuk lulusan minimal D3 atau SMA dengan pengalaman purchasing. Purchasing Packaging adalah bagian pembelian bungkus pada produk GW itu sendiri, misalnya pembelian untuk plastik es krim, dan lain-lain.

Panggilan Tes Kerja Glico Wings Pertama
Saya menerima telfon dari PT GW pada hari jumat atau kira-kira satu minggu setelah meng-apply lowongan di Jobstreet, kemudian diharapkan untuk datang langsung ke kantor PT GW yang berada di Jakarta tepatnya di Wisma Gawi. Dengan penuh semangat saya mencari tahu lokasinya melalui Google Maps, dan pada hari Selasa pukul 05.17 berangkat dari Karawang ke Jakarta menggunakan transportasi umum (kereta). Sempat bingung ketika sesampainya di stasiun pasar senen, akhirnya menggunakan Gojek untuk sampai di Wisma Gawi.
Setelah sampai di kantor PT GW saya bertemu dengan 2 orang lainnya yang juga akan mengikuti tes, setelah sekian lama menunggu akhirnya kami bertiga menjalani serangkaian tes. Adapun tesnya meliputi ;

  • Tes Kraplin
  • Tes Psikotes umum
  • Tes Purchasing

yang paling sulit adalah Tes penghitungan untuk purchasing, saya sempat shock ketika soal diberikan karena sama sekali tidak mengerti apa maksud dari soal tersebut ditambah lagi menggunakan bahasa inggris. Saya melihat 2 orang lainnya mengerjakan dengan sangat rileks, wajarlah mereka memiliki pengalaman dibagian yang sama selama bertahun-tahun.Akhirnya saya menjawab soal dengan kemampuan dan logika sendiri. 
Soalnya kira-kira seperti ini ;
Ada 3 Vendor yakni X, Y, Z. 

  • Vendor X dapat mengirim barang dengan kapasitas 60.000 dengan waktu pengiriman 3 hari dan dengan biaya U$.17.000
  • Vendor Y dapat mengirim baang dengan kapasitas 40.000 dengan waktu pengiriman 2 hari dan dengan biaya U$.12.000
  • Vendor Z dapat mengirim barang dengan kapasitas 20.000 dengan waktu pengiriman 1 hari dan dengan biaya U$.35.000

Vendor manakah yang anda pilih jika anda seorang Purchasing packaging? Lantas saya menjawab Vendor Z, dan saya jelaskan dihadapan HR recruitment sesuai kemampuan. HRR bertanya "Mengapa anda pilih Z, padahal Vendor Y dan X menawarkan harga yang relatif lebbih murah dibanding Z, seharusnya anda pilih yang lebih murah, anda kan seorang Purchasing?" saya menjawab "Menurut saya lebih baik harga mahal namun pengiriman cepat walaupun kapasitas rendah, bagaimana jika stok barang digudang kosong? kita tidak mungkin menunggu selama 2 hingga 3 hari, menunggu sehari pun rasanya tidak mungkin, jadi lebih baik stok terpenuhi walaupun harga sedikit lebih mahal". Dan HRR pun menjawah "OKe, oke jawabannya bisa dipertanggung jawabkan"

Setelah tahapan selesai akhirnya saya diperbolehkan untuk pulang.

Panggilan Interview PT Glico Wings
Alhamdulilah saya lolos dari tes tahapan pertama setelah satu bulan menunggu, ternyata dari 3 orang hanya saya seorang diri yang berhasil lolos ketahap selanjtunya yaitu interview. Interview dilaksanakan di PT GW yang berada dikarawang barat, jaraknya lumayan jauh dari karawang kota ke pabrik sekitar 30 menit.
Baca Juga : Tips Wawancara Kerja Untuk SMA/SMK

Pertama saya bertemu dengan Manager bagian purchasing dan seperti biasa ditanya seputar kehidupan dan pekerjaan yang sebelumnya. Selanjutnya wawancara dengan Leader purchasing, ditanya hal yang sama pula, saya sangat yakin bahwa akan lolos pada tahgap interview juga karena memang tidak ada saingan.

Penantian Berujung Kekecewaan
Setelah 2 bulan berlalu sejak saya menulis artikel ini tidak ada panggilan atau kabar untuk perjanjian kontrak, Huffftt.... sepertinya memang bukan rejeki saya untuk bekerja di PT GW, padahal saya rela resign di PT sebelumnya demi mengikuti seleksi PT GW. Mungkin Allah swt punya jalan yang terbaik untuk saya.
2 Komentar untuk "Pengalaman Tes Kerja dan Wawancara di PT Glico Wings"

wah jangan resign dulu bos sebelum tandatangan kontrak. parameter nya tanda tangan kontrak selama elo belom megang kontrak jangan resign bro. semangat bro

delete

sudah terlanjur gan, lagipula saya sudah tdk nyaman kerja di perusahaan sebelumnya

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top