Alasan Mengapa Mengirim Lamaran Kerja Via Email Tidak Kunjung Mendapat Panggilan

Banyak cara untuk melamar pekerjaan disuatu perusahaan baik itu langsung datang ke kantor perusahaan, Bursa kerja khusus, mengikuti Job Affair, mengirim lamaran via Pos, mengikuti seleksi di yayasan outsourcing atau mengirim lamaran pekerjaan melalui surat elektronik atau Email.
Saya adalah lulusan Bina Sarana Informatika di daerah karawang sudah berpengalaman bekerja selama 4 tahun di dua perusahaan yang berbeda. Banyak cara yang saya lakukan untuk bisa mengikuti seleksi menjadi calon karyawan, tentunya tahap pertama adalah melamar pekerjaan.

MEMBUAT CV LAMARAN UNTUK DIKIRIM KE EMAIL
Pertama yang harus dilakukan jika ingin mengirim lamaran pekerjaan adalah dengan membuat CV (Curriculum Vitae) atau biasa disebut dengan daftar riwayat hidup. Dibuat dengan diketik pada microsoft office word dan dikirimkan dengan jenis file .doc ataupun PDF
MENGAPA SAYA TIDAK DAPAT PANGGILAN KERJA?
Pernah saya prustasi karena sudah berbulan bulan mengirimkan lamaran kerja melalui email tapi tak kunjung mendapat panggilan kerja, saya mendapatkan beberapa informasi terkait masalah ini, Penyebab anda tidak mendapat panggilan kerja via email salah satunya adalah ;

  1. Kemungkinan Perusahaan sedang tidak menerima lowongan pekerjaan 
  2. Alamat email yang ditulis salah
  3. Email anda masuk ke SPAM, hal ini biasanya anda mengirim Email ke alamat yang sama secara terus menerus dalam tempo yang singkat. Misalnya setiap hari mengirim email kepada email yang sama, bahkan satu hari bisa sampai 3 kali. Sebaiknya dihindari, maksimal anda mengirimkan email lamaran satu minggu sekali.
  4. Mengirim pada saat Weekend, ada baiknya anda mengirim Email lamaran kerja pada saat Weekdays (Senin-jumat) pada jam normal kerja (08.00-15.00).
  5. Email yang masuk terlalu banyak, pernahkah anda mendapatkan alamat email suatu perusahaan dari pencarian Google atau sosial media? apakah anda berfikir bahwa ribuan orang bahkan jutaan orang diindonesia yang sedang mencari kerja juga mengirimkan lamaran ke alamat email yang sama? Apa yang terjadi? yang terjadi adalah email yang masuk pada kotak masuk akan sangat banyak dan peluang email anda dibaca sangat kecil karena email anda tenggelam.
  6. Lupa menulis Subjek atau mengupload lampiran
  7. CV anda kurang lengkap
  8. Ganti nomor handphone
  9. Handphone anda dalam keadaan mati sehingga perusahaan tidak dapat menguhubungi.
LALU HARUS BAGAIMANA?
Berikut ini adalah sedikit saran dari saya agar anda dapat panggilan kerja hasil dari melamar kerja melalui Email ;
  1. Pastikan Email Valid
  2. Mengirim Email satu minggu hanya satu kali
  3. Subject harus ditulis dengan jelas, biasanya subject ditentukan oleh perusahaan, namun jika anda tidak tahu silahkan tulis "Lamaran Kerja SMA" atau "Lamaran Staff D3" berdasarkan pendidikan terakhir.
  4. Mengisi CV dengan Lengkap, Baca disini membuat CV Lamaran yang baik dan benar
  5. Tidak mengganti nomor handphone
  6. Pastikan handphone selalu aktif pada waktu siang hari agar perusahaan dapat memanggil ke nomor anda.

Tag : Pekerjaan
0 Komentar untuk "Alasan Mengapa Mengirim Lamaran Kerja Via Email Tidak Kunjung Mendapat Panggilan"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top