Aplikasi Pedometer/Health Data Pada iPhone Ternyata Kurang Akurat

Pedometer adalah salah satu aplikasi untuk mengukur langkah setiap perjalanan baik itu berjalan kaki ataupun berlari. iPhone memiliki aplikasi pedometer sudah sejak lama, walapun aplikasi ini hanya support untuk iPhone 5S keatas. Jadi jika anda senang berolahraga wajib sekali memiliki iPhone yang sudah memiliki pedometer.

BERIKUT INI ADALAH HEALTH DATA/PEDOMETER PADA IPHONE
HEALTH adalah aplikasi bawaan iPhone untuk tipe 5s keatas dan untuk iOS 10 keatas
Untuk mengecek jumlah langkah kaki, anda lihat pada menu Activity
Terdapat jumlah langkah kaki sebanyak 4.550 langkah dengan akurasi jarak 1.9 KM serta waktu hari, tanggal.

Aplikasi recomendasi Appstore untuk Pedometer, yaitu "PEDOMETER" lengkap dengan jam pada saat anda berjalan/berlari
CARA KERJA PEDOMETER PADA IPHONE
Cara kerja pedometer tidak seperti pada GPS, pedometer pada iPhone ataupun iWatch (Apple watch) menganalisa jumlah langkah dengan MOTION (gerakan), jadi jika anda berlari ataupun berjalan dengan mengantongi iPhone atau memakai iWatch maka sensor Motion akan mendeteksi adanya gerakan pada iPhone/iWatch. Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi data internet seperti GPS.

APAKAH PEDOMETER PADA IPHONE BENAR-BENAR AKURAT?
Jika digunakan untuk berjalan ataupun berlari aplikasi pedometer ini saya katakan akurat 98%, saya mencobanya dengan berjalan sambil menghitung langkah kaki secara manual dan disamakan dengan hasil yang ada pada pedometer iphone, dan hasilnya cukup mengejutkan karena memang benar-benar akurat.
TIDAK AKURAT JIKA DIGUNAKAN UNTUK OLAHRAGA BERSEPEDA
Pada lain waktu saya gunakan iPhone untuk bersepeda, disisi lain saya gunakan Google maps untuk mengukur jarak titik awal hingga titik akhir, pada Maps/GPS hasil jarak yang harusnya ditempuh adalah 6,3KM namun pada pedometer iPhone hanya 5,3KM. Saya menyimpulkan bahwa ketika bersepeda adakalanya saya menghentikan gerakan kaki (mengayuh) pada turunan jalan raya yang membuat iPhone tidak mendeteksi adanya gerakan yang mengakibatkan pedometer tidak akurat untuk diajak bersepeda, hal ini karena pedometer hanya mendeteksi gerakan/motion bukan jarak

Begitupun ketika saya menggunakan sepeda motor, walaupun berpuluh-puluh kilometer tetap saja pedometer menunjukan angka 0 Step (Nol langkah), karena pada saat mengendarai kendaraan tidak terjadi aktifitas gerakan pada kaki ataupun tangan.

MENGAPA SAYA KATAKAN 98% AKURAT?
Tidak ada aplikasi yang sempurna didunia ini, tetap saja ada celah kesalahan ataupun BUG. Saya uji  iPhone dengan menggoyang-goyangkannya seperti simbol "Tak hingga ()" atau angka 8 jika dalam posisi tidur, apa yang terjadi? yang terjadi adalah jumlah Step pada aplikasi pedometer bertambah, padahal saya tidak sedang berjalan ataupun berlari. Maka hal inilah yang menjadi kekurangan aplikasi pedometer/Health data pada iPhone/iWatch.
0 Komentar untuk "Aplikasi Pedometer/Health Data Pada iPhone Ternyata Kurang Akurat"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top