Hal yang Wajib Dipersiapkan Ketika Akan MCU Seleksi Masuk Kerja

Medical Check Up (MCU) adalah pengecekan kesehatan seseorang yang dilakukan oleh orang-orang yang khusus dibidangnya, misalnya perawat atau dokter. MCU menjadi persyaratan seleksi bagi calon pekerja yang akan berkerja disuatu perusahaan, hal ini dimaksudkan agar calon pekerja bebas dari penyakit menular seperti TBC, HIV Aids, penyakit kulit, Hepatitis, dll. Selain hal tersebut MCU bertujuan agar calon pekerja mampu melakukan pekerjaannya tanpa adanya riwayat penyakit yang diderita, hal ini penting bagi perusahaan yang memproduksi obat-obatan dan bahan makanan minuman agar tidak tercemar/terkontaminasi dengan seseorang yang memiliki riwayat penyakit.

 Ada hal-hal yang perlu anda lakukan jika hendak melakukan MCU sebagai persyaratan masuk ke perusahaan, berikut adalah tipsnya ;

BEROLAHRAGA
Sebaiknya anda berolahraga setidaknya seminggu 2 kali agar tubuh anda fit dan bugar sebelum melakukan MCU jika memang itu sempat dilakukan, apabila tes MCU akan dilakukan 1-2 minggu kedepan ini adalah kesempatan anda untuk berolahraga.

MENJAGA MAKANAN DAN MINUMAN
Sumber kesehatan manusia adalah dari mana makanan dan minumannya berasal, jika makanannya baik maka tubuh pun akan baik dan begitupun sebaliknya. Hindari makanan penuh dengan lemak dan berminyak seperti gorengan, rendang, santan yang memicu terjadinya lonjakan pada kolestrol ditubuh. Minuman yang diminum adalah air putih atau teh tanpa gula. Jika hari ini pada jam 10 pagi anda akan melakukan MCU sebaiknya sarapan dengan makan ringan seperti roti, gandum atau nasi merah serta perbanyak minum air putih 3atau 2 jam sebelum dilakukan pengetesan MCU khususnya pengambilan sampel darah, ini dimakudkan agar nilai Indeks Glukosa dalam tubuh tidak terlalu tinggi (antara 90~150 IG). Tidak disarankan memakan makanan yang digoreng yang akan mempengaruhi tingginya angka kolesterol anda. hindari minum-minuman manis seperti susu manis, kopi, minuman energi dan lain sebagainya yang memicu tingginya nilai IG.
Baca Juga : Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

MEMBAWA AIR MINUM SENDIRI
terkadang proses MCU memakan waktu lama apalagi jika mengantri, ada baiknya anda membawa air minum mineral putih dikala menunggu giliran MCU, selain persiapan pengambilan sampel air seni lebih mudah keluar, meminum banyak air putih bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

MINUM SUSU SEBELUM TIDUR
Hal yang satu ini banyak dilakukan sebelum MCU yaitu meminum susu rendah kolestrol dan rendah gula sehari sebelum melakukan MCU, biasanya saya meminum Susu beruang (merk) yang rendah akan gula sehari sebelum MCU pada malam hari sebelum tidur, namun jika anda alergan terhadap susu protein maka susu kedelai bisa menjadi pilihan, serta jika anda tidak terbiasa meminum susu dan apabila meminumnya tubuh akan terasa lemas dan mual sebaiknya tidak dipaksakan, meminum susu sebelum MCU sifatnya opsional (boleh dilakukan atau tidak).

TIDAK MEMINUM OBAT-OBATAN 
Sebaiknya tidak meminum obat-obatan 3 hari sebelum MCU dilaksanakan, hal ini agar tubuh anda benar-benar steril dari bahan kimia obat. Namun jika keadaaan tidak memungkinkan dan anda harus meminum obat maka sebaiknya anda mengisi form MCU obat apa saja yang dimimum 3 hari sebelumnya agar dokter bisa menganalisa sampel urin/darah dengan tepat.

TIDUR CUKUP
Jika esok hari adalah waktunya untuk MCU, maka diwajibkan tidur 7-8 jam malam harinya. Tidak diperbolehkan begadang karena akan berpengaruh terhadap tensi darah keesokan harinya, anda diharuskan tidur pada jam 9 malam atau maksimal 10 malam.

BERKATA SEBENARNYA KETIKA INTERVIEW DOKTER
Biasanya dokter yang memeriksa akan bertanya terkait penyakit apa yang diderita sebelumnya. Misalnya anda pernah mengalami operasi, dirawat karena DBD, tipus dan lain-lain. Jika anda merokok jawab juga sejujurnya berapa batang yang anda hisap perhari, dokter pun akan tahu jika pasiennya berbohong karena ada hasil urin, rontgen, dan sampel darah, jadi anda berbohong
pun tidak ada gunanya. Dokter pun tahu seberapa pantas kesehatan anda dengan bidang pekerjaan nantinya, percuma saja jika anda menderita asma dan ditempatkan pada bagian pekerjaan di ruang dengan penuh asap dan bau bahan kimia, hal ini nantinya akan semakin memperparah keadaan kesehatan anda, jadi untuk apa bekerja banyak uang tapi tubuh tidak sehat?

Sekian Tips apa saja yang harus anda lakukan ketika hendak melakukan MCU, semoga artikel ini menjadi referensi anda.
0 Komentar untuk "Hal yang Wajib Dipersiapkan Ketika Akan MCU Seleksi Masuk Kerja"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top