Melamar Pekerjaan Online Via Jobstreet tidak diterima? Ini Penyebabnya !

Jobstreet adalah salah satu situs yang menawarkan lowongan pekerjaan secara online, selain itu situs ini dapat membantu penggunanya untuk secara langsung bertemu pihak perusahaan untuk mengikuti seleksi tes maupun interview calon karyawan.

Bagaimana Jobstreet Bisa Membantu Menemukan Pekerjaan?
Melalui resume yang diunggah serta profil user yang telah diisi maka secara otomatis akan muncul perusahaan yang mendekati dengan CV pengguna jobstreet. Misalnya anda lulusan S1 dengan jurusan Teknik Informatika, maka akan muncul perusahaan yang sedang mencari kandidat dengan kriteria profil anda.
Contoh profil Jobstreet

Apakah Melamar di Jobstreet Efisien?
Saya katakan "Ya", karena dengan lamaran online anda tidak perlu pergi keluar rumah untu mncari pekerjaan, selain itu tidak perlu membuat berkas lamaran hingga berlembar-lembar, karena dengan satu CV anda bisa melamar (Apply) ke beberapa perusahaan. Oleh karena itu cara ini bisa menghemat biaya pengeluaran anda bukan?




Lamaran Tidak Pernah Diterima
Pengalaman saya menggunakan Jobstreet adalah hingga saat ini tidak pernah mendapatkan informasi bahwa saya lolos dalam tahap seleksi CV dan bisa melanjutkan untuk interview. Padahal hampir setiap saat ada Job Alerts di email saya langsung meng-Apply lamaran online.
Dari 90 lamaran online yang saya kirim, hingga detik ini belum menerima panggilan untuk tes atau interview. Terdapat pesan bahwa lamaran saya telah dibaca, sedang diproses hingga ditolak

Pernah saya mengobrol dengan salah satu HRD perusahaan A pada saat selesai interview (Saya dapat undangan interview bukan dari jobstreet, tapi via email), beliau mengatakan TIDAK SEMUA BENAR lowongan yang ada dijobstreet itu atas persetujuan perusahaan, bahkan beliau bilang gaji diperusahaan A sekian juta tapi malah dijobstreet lebih tinggi gajinya. Bahkan pihak perusahaan pernah menegur Jobstreet untuk tidak memposting lowongan perusahaan secara tidak benar. Hal ini pun terjadi bukan situs jobstreet, melainkan bisa saja terjadi disitus pencari kerja lainnya.
Lantas dibalik ini semua saya ambil kesimpulan bahwa situs seperti ini hanya sekedar memposting lowongan yang mungkin tidak ada bahkan tidak ada kerja sama dengan perusahaan, namun mereka memposting dengan tujuan agar situsnya populer dan banyak dikunjungi pengguna internet khususnya yang sedang mencari pekerjaan secara online.



Selain itu, beliau berkata bahwa sebenarnya jika ingin mendapatkan kandidat calon pekerja yang benar-benar langka, jobstreet bisa menjadi salah satu situs yang membantu. Namun para pengguna/user sering kali me-Apply lowongan tidak sesuai dengan kriteria perusahaan yang menyebabkan pelamar yang telah mengirimkan CV menjadi ribuan, hal inilah yang membuat perusahaan enggan untuk memilah-milah kandidat yang paling sesuai.

Ada Juga yang Pernah Menerima Panggilan Perusahaan Via Jobstreet
Walaupun begitu, rupanya situs ini tidak sepenuhnya memberikan informasi yang tidak sesuai, masih ada informasi yang benar-benar sedang membuka lowongan pekerjaan, pernah saya bertemu dengan seseorang lulusan S1 bahwa dia menghadiri undangan interview dari CV yang dikirimkan melalui Jobstreet. Jadi, tidak ada salahnya bukan mencoba melamar via Jobstreet?
Baca Juga : Cara mengirim Lamaran Melalui Email untuk SMA/D3/S1/S2
Tag : Pekerjaan
0 Komentar untuk "Melamar Pekerjaan Online Via Jobstreet tidak diterima? Ini Penyebabnya !"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top