Menggunakan Perpindahan Gear/Gigi Pada Sepeda Gunung MTB (MountainBike)

Sepeda Gunung atau disebut MTB (Mountain Bike) adalah jenis sepeda yang paling banyak digunakan oleh penggemar olahraga. Sepeda gunung berbeda dengan jenis sepeda biasa (sepeda ontel, BMX) karena memiliki pengatur Gear (perpindahan gigi pada sepeda). Perpindahan gear pada sepeda MTB digunakan layaknya gear pada sepeda motor, tujuannya sama yakni untuk kemudahan penggunanya.

Jenis Gear pada sepeda MTB pun beraneka ragam, ada yang terdapat gear dengan speed  3/7, 3/8 hingga speed 3/9. Artinya adalah 3 untuk gear bagian depan (kayuhan) terdapat 3 gear dan 7 untuk gear bagian belakang (roda belakang).
Gear bagian depan

gear bagian belakang


CARA MENGGUNAKAN PERPINDAHAN GEAR/GIGI PADA SEPEDA MTB
Jenis sepeda pun ada dua, ada yang memindahkan gear dengan memutar tuas gear pada stang sepeda, ada pula yang hanya tinggal menekan saja tuasnya untuk memindahkan posisi gear. Namun sekarang rata-rata sepeda menggunakan tuas tekan untuk perpindahan gear agar lebih mudah dan nyaman ketika digunakan.

Memindahkan posisi gear yang benar adalah ketika sepeda sedang dikayuh maka tekan tuas untuk memindahkan gear/gigi, jadi anda tidak bisa memindahkan gear jika sepeda tidak dikayuh.
Tuas perpindahan gigi sepeda, tuas aatas tekan menggunakan jari telunjuk kearah belakang, tuas bawah tekan menggunakan jempol kearah depan

ATURAN MENGGUNAKAN GEAR/GIGI PADA SEPEDA MTB
Aturan yang digunakan ketika anda bersepeda dengan kecepatan tinggi, sedang maupun jalan menanjak tentunya berbeda posisi gigi yang digunakan, atau lebih tepatnya posisi yang nyaman ketika bersepeda. Ada 3 aturan yang bisa anda pakai ketika bersepeda ;

1. Bersepeda dengan kecepatan sedang/santai
Bersepeda dengan kecepatan santai atau sedang biasanya dilakukan sebagai pemanasan, hal ini agar otot-otot pada sendi lutut dan paha tidak trauma. Kecepatan sedang biasanya diantara 10KM~15KM/jam

Untuk bersepeda dengan kecepatan sedang/santai gunakan Gigi depan 2 dan gigi belakang 3/4/5, artinya anda bisa memvariasikan gigi belakang sesuai kenyamanan.
Gigi depan menggunakan gear 2, lihat strip merah (penunjuk gigi yang sedang digunakan)
GIgi belakang menggunakan gear 3/4/5


2. Bersepeda dengan Kecepatan tinggi
Jika dirasa pemanasan sudah cukup (20~30menit), maka anda bisa meningkatkan kecepatan sepeda dengan mengatur gear/gigi sepeda, untuk kecepatan tinggi gunakan Gigi depan 3 dan gigi belakang 6/7/8/9 sesuai kebutuhan anda. Kayuhan pada kecepatan tinggi akan semakin berat, hal ini akan membakar kalori lebih cepat dibandingkan bersepeda dengan kecepatan sedang.
Gigi depan menggunakan gear 3
Gigi belakang menggunakan gear 5/6/7/8/9



3. Jalan Menanjak
Mountain Bike dirancang untuk menanjak jalanan menanjak seperti diperbukitan, pegunungan ataupun jalan aspal yang menanjak. Jika menggunakann sepeda biasa dijalan menanjak akan terasa sangat berat, berbeda dengan mountain bike yang memiliki gear yang dapat diatur.

Pada jalanan menanjak anda bisa menggunakan Gigi depan 1 dan gigi belakang 1/2/3, anda bisa memvariasikan gigi belakang sesuai kenyamanan. Pada posisi menanjak sepeda akan melaju perlahan namun kayuhan kaki cepat dan ringan, jadi tenaga tidak terlalu terporsir. 

Menggunakan Gigi depan 2/3 dan gigi belakang 4~9 pada saat jalanan menanjak akan membuat kayuhan pada kaki semakin berat, dan jika dipaksakan kemungkinan akan terjadi kram pada kaki, selain itu rantai sepeda akan putus karena beban yang ditarik sangat berat.
Gigi depan menggunakan gear 1
Gigi belakang menggunakan gear 3/2/1

Apabila jalanan menanjak sudah dilalui, anda bisa memindahkan posisi gear pada kecepatan sedang, kemudian bisa dilanjut ke kecepatan tinggi.


POSISI JOK/TEMPAT DUDUK SEPEDA YANG BENAR
  • Jika bersepeda dengan jarak jauh  atau bersepeda ke perbukitan sebaiknya posisi jok lebih tinggi dibandingkan Stang sepeda, badan akan sedikit membungkuk ketika bersepeda. Hal ini agar kayuhan/gowes pedal ringan saat diajak menanjak, serta tidak mengeluarkan banyak tenaga.
    Posisi jok lebih tinggi dibandingkan posisi stang
  • Jika bersepeda dengan jarak menengah atau pendek, boleh posisi jok setara atau lebih rendah dibandingkan posisi Stang sepeda, hal ini bertujuan agar kalori yang terbakar semakin banyak karena kayuhan pada pedal berat.
    Posisi jok setara/sama dengan posisi stang sepeda

KESALAHAN MENGGUNAKAN SEPEDA GIGI/GEAR
  • Menggunakan posisi Gigi depan 1, dan gigi belakang 5~9. Hal ini akan membuat rantai antara gear depan dan belakang membentuk posisi SILANG, selain kayuhan tidak nyaman, posisi ini akan membuat rantai maupun gear akan cepat aus/rusak/putus.
    Gambar yang benar, posisi rantai antara gear depan dan belakang lurus
  • Menggunakan posisi Gigi depan 3 dan gigi belakang 1~3. Hal ini pun salah, sama seperti sebelumnya, rantai dengan bentuk silang akan membuat rantai cepat aus/rusak/putus.
  • Tidak rutin memberi pelumas pada rantai, jika anda setiap hari menggunakan sepeda disarankan memberi pelumas pada rantai dan gear minimal satu minggu sekali atau jika jarang menggunakan sepeda bisa satu bulan sekali. Hal ini agar rantai dan gear tidak cepat berkarat dan rusak. Ingat pelumas khusus rantai sepeda, bukan oli bekas. Oli bekas akan merusak rantai dan gear yang mengakibatkan cepat aus.
  • Tidak rutin membersihkan rantai dan gear, selain memberi pelumas, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu rantai dan gear agar debu, kotoran dan gram kecil hilang. Membersihkan rantai secara berkala akan membuat rantai dan gear awet.
KESIMPULAN
  • Jika bersepeda dengan kecepatan tinggi gunakan : Gigi depan 3 dan gigi belakang 5/6/7/8/9
  • Jika bersepda dengan kecepatan sedang gunakan : Gigi depan 2 dan gigi beakang 3/4/5
  • Jika bersepeda dengan jalanan menanjak gunakan : Gigi depan 1 dan gigi belakang 1/2/3
0 Komentar untuk "Menggunakan Perpindahan Gear/Gigi Pada Sepeda Gunung MTB (MountainBike)"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top