Penghasilan Google Adsense Payout untuk Ke-4 kalinya

Alhamdulilah ini adalah kali ke empat menerima gaji dari Google adsense untuk blog, susah-susah gampang mendapatkan dollar dari salah satu affliate iklan PPC ini, dibilang sulit karena dulu memang sulit untuk diterima sebagai publisher iklan adsense, mudah jika setiap bulan lancar gajiannya, hehe.

BERAPA BULAN SEKALI DOLLAR ADSENSE PAYOUT
Awal membuat blog sekitar tahun 2009, itupun hanya untuk coba-coba dan hanya diisi oleh konten kurang penting. Namun pada tahun 2010-2011 mulai belajar ilmu tentang blog baik itu cara membangun tampilan blog yang baik dan cara menulis yang baik.

Pada tahun 2012 barulah saya menerapkan iklan adsense pada blog, yang saya ingat adalah proses mendapatkan persetujuan untuk menampilkan iklan di blog tidak melalui pendaftaran, namun sudah ada menu "penghasilan" pada dashboard blog, beda dengan zaman sekarang yang susah mendapatkan approval dari adsense. Akun yang digunakan adalah dalam bentuk Dollar Amerika serikat, tidak seperti sekarang ditahun 2015 keatas menggunakan mata uang sesuai negaranya (IDR/Indonesia rupiah).
Rasanya sangat sulit mendapatkan US$.1 perhari pada tahun mendapatkan iklan adsense, satu hari mungkin hanya US$.0.02 dan paling banyak US$.0.10 perhari, tapi tetap disyukuri karena tujuan memiliki blog hanya untuk mengisi waktu luang saja, bukan mencari penghasilan.

Akhirnya setelah sekian lama pada pertengahan tahun 2016 untuk pertama kalinya merasakan gaji pertama dari google adsense sebanyak US$.108 atau jika dirupiahkan dengan kurs masa itu (Rp.13.200) menjadi sekitar Rp.1.425.000, senang bukan kepalang. Dengan adanya hal ini semangat untuk mebuat artikel pun semakin membara, saya yakin suatu saat nanti bisa menghasilkan US$.1000/bulan, Ngarep, hehe. (Amin)

Semakin kesini payout google adsense semakin dekat jaraknya, mulai dari 6 bulan sekali, 4 bulan sekali dan yang terbaru bisa 3 bulan sekali. Hal ini ditunjang oleh ramainya visitor/pengunjung blog.

MENCAIRKAN DANA GOOGLE ADSENSE
Ada dua cara untuk memperoleh dana yang sudah terkumpul dan siap untuk payout. Pertama bisa melalui transfer ke rekening dan pilihan kedua melalui Western Union (WU). Penghasilan adsense hanya bisa payout per 3bulan, saya memilih melalui WU saja, karena jika memilih via transfer rekening ada biaya tambahan US$.5~US$.20 untuk setiap kali transaksi, US$.20 sangat berarti bagi saya, jadi tidak ada salahnya ke kantor pos (WU) per 3 bulan.
CARA MENGISI FORMULIR WU DI KANTOR POS
Sebelum ke kantor pos, pastikan anda memiliki kode MTCN WU yang dikirimkan oleh pihak Google adsense. MTCN adalah kode rahasia (PIN) mengenai siapa pengirim, penerima dan jumlah uang yang akan dikirim, jadi jangan disebarkan kepada siapapun.

Membawa KTP asli serta fotokpi sebanyak 2 lembar untuk proses verifikasi data, selanjtnya anda mengisi form dibawah ini :
Contoh form WU

A. Tabel Penerima/receive
- Isi nama depan dan belakang penerima dana dari WU.
- Tempat dan tanggal lahir
- tempat lahir
- Kewarganegaraan
- Nomor handphone

B. Tabel Alamat tetap
- Isi alamat, jalan, kampung, desa dan kecamatan
- Isi kota
- provinsi
- KOde pos

C. tabel alamat Domisili, jika anda berada diluar kota
- Isi alamat, jalan, kampung, desa dan kecamatan
- Isi kota
- provinsi
- KOde pos
D. Pengirim
- Nama depan diisi dengan "Google Asia Pasific" setiap akun adsense berbeda biasanya
- Negara "Singapura" karena dana ini diproses di Singapura, 
- Jumlah dana, ditulis dengan Dollar jika menggunakan adsense USA, atau IDR jika menggunakan adsense Indonesia
Lihat keterangan faktur
Contoh tanda bukti pembayaran adsense

Setelah anda mengisi form dan memberikan persyaratannya selanjutnya anda akan diperintahkan untuk mengetik kode MTCN pada keyboard numerik dan tidak lama kemudian dana akan cair dalam bentuk rupiah, jika dollar maka akan di konversi ke rupiah dengan nilai kurs pada hari itu.
Struk bukti pengambilan dana melalui WU

AKHIR KATA
Jika memang sudah hobi menjalani sesuatu mungkin hal tersebut akan memberikan kebaikan untuk anda, dan jika ada kemauan yang keras pasti hal yang diinginkan akan terjadi. 

Jadikanlah sebuah blog ataupun menulis artikel sebagai hobi, maka anda tidakakan berharap penghasilan darinya. Tapi anda akan menerima seperti reward atas kerja keras anda sebagai blogger, banyak para blogger hanya mengejar nilai penghasilan tapi selalu gagal dan prustasi, hal ini jangan sampai terjadi pada anda.

Kerja keras dan kemauan pun bisa menjadi kenyataan jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, menulis artikel dengan sungguh-sungguh akan membawa anda menjadi blogger sukses.
0 Komentar untuk "Penghasilan Google Adsense Payout untuk Ke-4 kalinya "

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top