Unboxing iPhone 5S Refurbished Grade A+ Beli di Tokopedia | Review

Refurbished adalah handphone yang tidak memenuhi standar pabrik kemudian diperbaiki dan dijual kembali dengan harga yang jauh lebih murah, baik itu dijual oleh penjualan resmi maupun distributor. Refurbished masih bisa menerima perbaikan di penjualan resmi Apple karena sifatnya yang LEGAL atau diakui oleh Apple.

Saya akan berbagi pengalaman ketika membeli iPhone di situs e-commerce Tokopedia. Dengan mempertimbangkan mulai dari harga, review, rating hingga jumlah pembeli barang tersebut. iPhone 5S adalah iPhone produksi pabrikan Apple yang pertama kali dirilis pada tahun 2013, memang sudah sangat lama jika dibeli pada tahun 2017, sekedar informasi iPhone 5, 5C, 5S, 6, 6S dan 7 sudah tidak diproduksi lagi oleh Apple karena mereka sudah merilis produk barunya yaitu iPhone X.
ALASAN MEMBELI iPhone 5S Refurbished 
Menurut saya pribadi iPhone 5S tidak jadul-jadul juga, karena iPhone generasi ini cukup mumpuni dan dibilang OKE ditahun 2017 dengan fitur Touch ID dan juga dapat diupdate ke iOS terbaru 11, tidak seperti iPhone 4S yang mentok hingga iOS 9 saja. 
  • Kenapa harus refurbished? alasan utama karena biaya, iPhone keluaran terbaru harganya sangat mahal.
  • Kenapa tidak Second ex International? kalo saya orangnya kurang suka barang second, lebih memilih refurbished walaupun orang lain ada yang berpendapat negatif mengenai barang refurbished
  • Kenapa iPhone? sejujurnya ini adalah iPhone pertama yang saya beli, penasaran memakai iOS karena bertahun-tahun menggunakan produk Android.


KENAPA BELI DI TOKOPEDIA?
Barang elektronik terutama handphone sangat riskan akan kekecewaan jika dibeli secara online, pasalnya banyak yang tidak sesuai dengan ekspetasi dekripsi barang yang dijual oleh si penjual ditoko online. Saya sudah survei mulai dari Bukalapak, Shopee, Lazada dan Tokopedia, untuk iPhone 5S (incaran saya) ternyata paling banyak pembeli berasal dari Tokped, selain itu feedbacknya juga mayoritas positif mengenai produk tersebut. Untuk harga juga lebih murah dibanding toko online lain berkisar antara 2juta~2,5juta untuk iPhone 5S. Ini bukan berarti toko online lain tidak recommended ya, bukalapak/shopee/lazada pun terdapat handphone yang lebih recommended dengan merk lain.


UNBOXING IPHONE 5S

Pesan melalui JNE, untuk informasi pastikan membayar biaya asuransi agar hal-hal yang tidak dinginkan tidak terjadi.
dengan biaya asuransi jika barang rusak anda bisa komplain, lebih aman lagi dengan packing kayu.
Tampak Box iPhone, tertera stiker garansi dari distributor Platinum. Ada tulisan "Jangan diupgrade", mungkin iPhone 5S bisa diupgrade ke iOS baru tapi biasanya akan melambat/sering ngelag karena speknya yang tidak memadai untuk dilakukan upgrade.

Sekedar informasi jika anda membeli iPhone lebih suka menyimpan foto/video/musik disarankan untuk membeli dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 32GB, iPhone sendiri tidak memiliki memori eksternal hingga generasi terbaru sekalipun.

IMEI dan nomor seri dari Box dan di iPhone juga sama

Tampilan Unboxing, terdapat iPhone, buku garansi distributor, earphone, charger dan SIM injector. Tidak ada stiker logo apple yang biasanya ada jika membeli iPhone resmi
 Baca Juga : Mau beli Handphone Refurbished atau Rekondisi? Wajib Baca ini !
Accesories yang kemungkinan tidak original


Baca Juga : Beli Accesories iPhone di @applesoris Asli atau KW? 

Tampilan belakang iPhone 5S Gold, ini merupakan Refurbished Grade A+, sama sekali tidak ada cacat fisik setelah saya cek baik itu lecet, penyok, tergores, dll.
Tampilan ketika di booting, iPhone dengan case alumunium memang sering panas ketika anda menjalankan beberapa aplikasi ataupun game, jadi hal ini sangatlah wajar. Berbeda dengan seri iPhone 5C yang bezzelnya terbuat dari plastik, tidak terasa panas ketika digunakan. Ketika anda booting dan menjalankan iPhone untuk pertama kalinya wajar jika baterai cepat habis, ini disebabkan karena iPhone sudah terlalu lama digudang dan perlu penyesuaian, namun setelah dicharge untuk pertama kalinya baterai akan awet dipakai


Terdapat label dipinggir port USB, ini adalah label garansi refund. Jadi jika pada hari barang diterima dan terdapat masalah, maka bisa direfund asalkan labelnya tidak rusak. Perlu anda ketahui, carilah penjual yang menerima Refund/uang kembali jika handphone rusak/tidak menyala/No Service/LCD rusak.


SIM injector saya pastikan palsu karena material yang digunakan sangat berbeda dan terdapat karat.
Baca Juga : Beli Accesories iPhone di @applesoris Asli atau KW? 

Kepala charger terdapat tulisan "Designed by Apple in california, made in china"

Setelah dicek ternyata ini juga bukan original karena terdapat potongan yang kurang rapih, lihat tanda panah. Cek cara membedakan accesories asli dan palsu di situs resmi Apple > https://support.apple.com/id-id/HT204566.

Kabel lighting juga bukan ori, terdapat bekas lem yang mengeras dan terdapat lekukan kedalam bagian tengahnya.

cover Jack earphone terlepas dan ini sudah jelas bukan Ori

Baca Juga : Beli Accesories iPhone di @applesoris Asli atau KW? 

CEK KEASLIAN IPHONE VIA KOMPUTER/SITUS RESMI APPLE
iPhone 5S yang saya beli terbilang ASLI karena setelah saya hubungkan iPhone ke komputer secara otomatis aplikasi iTUNES akan muncul dan terdapat Hendri's iPhone pada bagian Device. Ingat ya Download terlebih dahulu Software iTunes nya di situs Apple

Masih tidak percaya? mari kita buktikan pengecekan kedua. Silahkan buka Serial Number pada Pengaturan Umum.

Masuk ke situs resmi Apple https://checkcoverage.apple.com/ kemudian masukkan nomor seri iPhone, jika benar maka akan menampilkan jenis iPhone serta warna iPhone. Tanggal pembelian valid, namun garansi sudah berakhir karena ini adalah Refurbished yang garansinya ditanggung pihak ketiga/distributor
HASIL KAMERA IPHONE 5S
  • Kamera Belakang dengan 8MP ;






  • Kamera Depan 2MP ;


APAKAH ADA MASALAH KETIKA DIGUNAKAN?
Sejauh ini belum ada masalah sejak penggunaan sekitar 1 minggu, saya akan membuat artikel disini jika ternyata iPhone refurbished yang telah dibeli terdapat masalah.
Saran dari saya jika ternyata accesories iPhone bukan original, lebih baik membeli accesories baru original. Ini dimaksudkan agar iPhone anda bisa lebih awet, karena kerusakan iPhone sebagian besar disebabkan oleh accesoriesnya yang tidak original. jadi lebih baik mengeluarkan uang sedikit kan daripada rusak?
2 Komentar untuk "Unboxing iPhone 5S Refurbished Grade A+ Beli di Tokopedia | Review"

kabarnya skrg gimana gan?
adek ane mau cari 5s refurbished jg tp masih ragu

delete

alhamdulilah masih lancar gan, tergantung mw beli dmna dulu

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top