Perbedaan Bekerja di Perusahaan Jepang VS Korea

Jepang dan Korea adalah salah satu negara yang paling maju didunia ini, kedua negara inilah yang banyak menciptakan produk-produk berkualitas serta banyak digunakan oleh orang-orang diberbagai belahan dunia. 

Salah satu produk jepang yang paling terkenal diindonesia adalah merk kendaraan seperti Honda, Yamaha, Totoya, Daihatsu juga tidak kalah produk buatan Korea yang paling laris di Indonesia adalah Smartphone Samsung, TV LED Samsung, mesin cuci dan sebagainya. Oleh karena itu Indonesia dijadikan pangsa pasar yang paling menguntungkan bagi kedua negara ini, dan tak heran banyak pabrik-pabrik jepang atau korea yang berdiri di Indonesia.

Pengamalan saya bekerja di pabrikan jepang adalah selama 4 tahun (2 tahun di pabrikan motor merk Yamaha, dan 2 tahun di pabrikan mobil merk Honda) di automotif dan sekarang ini sedang bekerja di pabrikan Korea yang memproduksi sepatu merk NIKE.


PERBEDAAN BEKERJA DI PABRIKAN JEPANG VS KOREA DI INDONESIA
Pengalaman bekerja membuat cerita tersendiri bagi saya, jadi tidak ada salahnya bukan jika saya sedikit bercerita bagaimana sih kalo kerja di pabrikan jepang atau korea itu! Apakah sulit? Keras? atau menyenangkan?
Oke saya akan sharing disini.




MASALAH JAM KERJA
Jam kerja menjadi hal pertama yang terpenting, karena dari jam kerja inilah seorang karyawan bisa dinilai kedisiplinannya. Di pabrik milik jepang (yang ada di indonesia) jam kerja biasanya 8 jam satu hari dalam 5 hari atau 40jam dalam seminggu, artinya karyawan bisa menikmati hari libur di hari sabtu dan minggu.

Berbeda di pabrikan Korea, mayoritas pabrik korea memiliki jam kerja 7 jam sehari dalam 5 hari kerja dan ditambah 5 jam dihari terakhir (sabtu), jadi karyawan tetap masuk pada hari sabtu namun dihitung setengah hari. Biasanya ini merupakan pabrik korea yang memproduksi sepatu.

GAJI LEBIH BESAR MANA?
Sebenarnya gaji pokok ditentukan oleh jenis bidang apa pabrik itu memproduksi (Automotif/makanan/tekstil). Kebanyakan pabrik jepang itu dibidang automotif sedangkan pabrik korea kebanyakan memproduksi sepatu yang notabene masuk dalam kategori tekstil, jadi wajar kalo bekerja di pabrik jepang penghasilannya akan lebih tinggi dibandingkan bekerja di pabrikan korea.

KESEJAHTERAAN
Saya akui selama 4 tahun bekerja di pabrikan jepang walaupun berbeda nama perusahaan SAMA-SAMA sejahtera karyawannya. Berikut ini kesejahteraan yang ada dipabrikan jepang ;
  • Tunjangan kesehatan, meliputi 2 asuransi (BPJS dan asuransi swasta)
  • Jemputan karyawan (mayoritas ada)
  • Tunjangan makan di kantin (menu 4 sehat 5 sempurna)
  • THR hingga 2 kali gaji pokok
  • Bonus akhir tahun yang jumlahnya 4 hingga 5 kali gaji pokok
  • Tunjangan transport hingga Rp.400rban/bulan
  • Tunjangan Kehadiran Rp.150rb/bln
  • Tunjangan kacamata perdua tahun


Sedangkan di pabrikan korea ;
  • Tunjangan kesehatan hanya BPJS
  • Tunjangan makan dikantin (menu lumayan banyak, tapi tidak sebanyak yang diatas)
  • THR satu kali gaji pokok
  • Tunjangan transport kira kira Rp.130rb/bulan
  • Tunjangan kehadiran Rp.50rban/bulan


Dari poin diatas anda bisa mengira-ngira mana yang lebih sejahtera bukan?



ACARA KELUARGA
Biasanya pabrikan jepang mengadakan Family gathering setiap tahunnya, Family gathering adalah acara liburan bersama keluarga yang diadakan oleh perusahaan serta dibiayai oleh perusahaan. Jadi anda bisa mengajak anak dan istri berlibur satu perusahaan ke suatu tempat.

Berbeda dengan perusahaan korea yang kebanyakan tidak ada acara Family gathering.

KEBERSIHAN DI AREA TEMPAT KERJA
Untuk poin satu ini perusahaan jepanglah yang berhasil menanamkan sifat kebersihannya, jepang memiliki budaya 5S (Seiri, Seiton, Seiketsu, Sitsuke, seiso) atau jika didalam bahasa indonesia Rapih, ringkas, pemeliharaan, resik dan perawatan. 

Jika anda masuk ke perusahaan jepang jangan heran  jika taman, area kerja (genba), area kantin, area toilet, meeting room, lobby sangat luar biasa bersih dan ini terbukti ketika saya bekerja di 2 perusahaan yang berbeda. Bagi mereka kebersihan adalah hal yang pokok dan nomor satu, bahkan mereka rela stop produksi demi hanya membersihkan area sekitar produksi, karena prinsip mereka bahwa kualitas produk itu bagaimana kualitas pekerjanya, pekerja yang berkualitas menciptakan produk yang berkualitas, dibalik pekerja yang berkulitas ada budaya 5S.

Saya bandingkan ketika bekerja di perusahaan korea, walaupun ada yang menanamkan budaya 5S tapi nyatanya pelaksanaannya kurang sekali. Saya menemukan banyak pekerja yang sembarangan meroko baik itu diarea dekat tempat kerja, di masjid, dan dimana-mana, sehingga sangat mengganggu yang lain.
Selain itu penataan ruang kerja, area produksi pun kurang rapi sehingga kurang nyaman untuk lihat apalagi ditempati. Namun ada juga area yang saya rasa bersih dan nyaman.



SIFAT ORANG JEPANG VS KOREA
Orang jepang dan orang korea menurut saya sama-sama sangat disiplin terhadap waktu. Saya sering jika baru sampai di kantor (perusahaan korea) melihat banyak Mr. korea sedang meeting dan itu hampir semua atasan, padahal pada saat itu pukul 7 pagi yang normalnya bekerja pukul 7.30 pagi. Saya salut dengan mereka yang sangat Workholic banget dibandingkan orang indonesia yang pergi kerja telat pulang kerja paling cepet.

Namun ada satu kebiasaan orang korea pada jam kerja yaitu merokok, sangat aneh bagi saya, seharusnya mereka memberi contoh kepada bawahannya bukan? ini saya temukan di perusahaan korea dimana saya bekerja. Namun ini sebanding dengan pekerjaan mereka yang sekalinya ada pekerjaan langsung dikerjakan dan dituntaskan, berbeda dengan orang indonesia yang kerjanya belum beres tapi sudah merokok didalam toilet. :D

Orang jepang beda lagi, Workholic jelas! tapi mereka sangat sangat disiplin, tidak ada waktu santai pada saat jam kerja, pada waktu istirahat ya mereka istirahat sesuai jamnya. Saya belum pernah melihat orang jepang breaktime pada saat jam kerja. Dan itu seharusnya menjadi inspirasi bagi kita orang indonesia, ya sekedar inspirasi yang tidak dijalani. 

AKHIR KATA
Inilah sebagian ceritadari pengalaman saya ketika bekerja di perusahaan jepang dan korea, pernyataan diatas mungkin tidak sepenuhnya sama dengan cerita orang lain, karena mereka pasti memiliki cerita yang berbeda pula. Namun inilah kenyataan pengalaman yang dialami oleh saya. Semoga menjadi referensi pembaca sekaligus hiburan. :D



0 Komentar untuk "Perbedaan Bekerja di Perusahaan Jepang VS Korea"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top