Pengalaman Mengikuti Seleksi Tes, Wawancara, MCU Hingga Bekerja di PT CSI

PT CSI (Changshin Indonesia) adalah salah satu pabrikan garmen  yang memproduksi sepatu, sepatu yang dibuat adalah brand NIKE. PT CSI didirikan di desa Gintung Kolot, kecamatan Klari Kabupaten Karawang Jawa barat, ini adalah pabrik utama yang berada di Indonesia dan ada dua anak pabrik yang didirikan di daerah Cikampek dan Garut jawa barat.

MENDAPATKAN INFORMASI LOWONGAN PT CSI
Saya mendapatkan informasi lowongan melalui tetangga yang sudah bekerja di PT CSI, dia adalah seorang HRD dan masih sekitar 4 bulan bekerja disana, yaa boleh dibilang dia juga masih baru. Informasi darinya adalah hanya lowongan untuk lulusan D3 dan S1 saja, dan kebetulan saya adalah lulusan D3 jurusan Manajemen Informatika.
Baca Juga : Pengalaman Bekerja di PT Changshin Indonesia hingga menjadi karyawan tetap

MENGIRIM LAMARAN
Tetangga saya memberikan alamat email untuk recruitment karyawan, awalnya saya menyerah karena sudah hampir 1,5 bulan belum ada panggilan juga, padahal saya mengirim CV setiap satu minggu sekali.
Akhirnya sekitar 2 bulan saya menerima SMS yang menyatakan bahwa saya lulus tahap seleksi data lamaran, tertera di SMS bahwa minggu depan tepatnya hari rabu saya bisa mengikuti seleksi Tes dan Interview.
Baca Juga  : Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email (SMA/D3/S1)

SELEKSI TES TULIS PT CSI
Pada hari rabu sekitar pukul 8 pagi saya masuk ke PT CSI dan diarahkan ke Lobby utama, saya kira akan banyak calon pelamar yang akan mengikuti seleksi tes ini, tapi hanya ada 2 orang saja termasuk saya.

Tes tulis ini berupa tes kecermatan yang soalnya ada 50, tes tulis ini meliputi matematika, bhs indonesia, dan soal logika. Tingkatan soal ini dari yang mudah hingga sulit, jadi pada soal nomor 1 hingga 15 soal terasa mudah namun setelah 20 keatas saya mulai merasa kesulitan menjawabnya. Padahal waktu yang diberikan hanyalah 15 menit saja, dan akhirnya puas tidak puas saya hanya bisa menjawab 25 soal saja.

Tips dari saya jika anda menemukan jenis soal seperti ini jangan terfokus pada soal yang menurut anda sulit, langkahi saja dan carilah soal yang menurut anda mudah.

SELEKSI TES KOMPUTER
Setelah tes tulis selesai, saya mengikuti tes komputer (Excel). Bagi saya ini mudah karena memang sudah paham basic-basic rumus excel seperti SUM, IF, Count, Hlookup, vlookup dan lain sebagainya.

Pada soal excel kali ini, saya harus menyelesaikan soal mengenai jumlah pengeluaran dari masing-masing vendor. Pada tabel terdapat beberapa vendor serta biaya pengeluarannya, dan soalnya adalah menghitung jumlah pengeluaran perbulan, pertahun dan total keseluruhan dari masing-masing vendor, setelah itu dibuatkan grafiknya.

Bagi anda yang paham mudah bukan? soal excel diatas hanya dikerjakan dengan Rumus SUM saja alias penjumlahan. Namun saya hanya diberi waktu untuk mengerjakan 15 menit saja.

SELEKSI WAWANCARA/INTERVIEW HRD
Setelah dihadapkan dengan soal tes tulis, kemudian saya masuk ke tahap interview dengan HRD. Saya sudah terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan ketika sesi wawancara, maklum karena sudah berkali-kali mengikuti wawancara mulai dari gagal hingga lolos.
Baca Juga : Tips Wawancara yang Baik dan Benar
Sesi yang saya tidak menduga-duga adalah pada saat sesi wawancara dengan menggunakan bahasa inggris, saya tidak mempersiapkan ini sebelumnya. Akhirnya dengan kemampuan bahasa inggris saya yang kurang bisa menjawab beberapa pertanyaan dari HRD. Jika diberi rating kemampuan bahasa inggris saya hanya 6,5 dari 10. hehe

Lalu apa sih pertanyaan pada sesi wawancara dengan bahasa inggris? mungkin ini menjadi referensi anda sebagai persiapan sebelum wawancara kerja.
  • Introduction/perkenalan diri, mulai dari nama, umur, tinggal, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja
  • Menceritakan pengalaman kerja dulu, jika anda freshgraduate maka keseharian anda dirumah bagaimana
  • Komitmen anda terhadap PT CSI seperti apa?


SELEKSI WAWANCARA/INTERVIEW USER
Biasanya tahap seleksi wawancara bisa mencapai 2 hingga 5 kali, mungkin tergantung perusahaan dan departmen masing-masing. Namun kali ini saya hanya menjalani 2x interview saja, dan yang terakhir adalah interview dengan USER.

Siapa sih USER? maksud User disini adalah anda akan diinterview oleh calon atasan anda langsung. Misalnya anda akan masuk departement HRGA, maka anda akan bertemu Leader HRGA. Jadi jika menurut HRD anda lolos, maka belum tentu menurut User anda, apakah anda cocok menjadi bagiannya atau tidak.

MEDICAL CHECK UP
Alhamdulilah setelah menjalani serangkaian tahap tes tulis, praktek hingga wawancara saya berhasil masuk ke tahap Medical Checkup. Hasil tes dan wawancara diumumkan pada hari itu juga, tepatnya pukul 11 siang, saya mendapatkan surat pengantar untuk melakukan MCU di RS Fikri Medika.

MCU dilaksanakan pada jam 1 siang, padahal saya belum melakukan persiapan untuk MCU, hanya hanya meminum air putih sebanyak-banyaknya agar sirkulasi darah dan pencernaan menjadi lancar, dan hasil MCU pun sesuai yang diharapkan.
Baca Juga : Hal yang Wajib dipersiapan Sebelum Mengikuti Medical Checkup
Tes MCU hanya dilakukan oleh saya seorang, sementara peserta yang satu lagi mungkin tdak lolos karena dia tidak mendapatkan surat pengantar MCU.  MCU ini meliputi ;
  • Pengisian riwayat penyakit
  • Tes buta warna
  • Tes mata minus
  • Rontgen
  • Pengambilan sampel darah
  • pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pengambilan sampel urine


LOLOS MCU
Alhamdulilah setelah menunggu kurang lebih satu minggu akhirnya saya menerima pemberitahuan melalui SMS yang menyatakan bahwa telah lolos dari MCU, dan pada awal akhir bulan saya bisa datang ke PT CSI untuk melakukan tanda tangan SPK (Surat perjanjian kerja).

TANDA TANGAN SPK
Surat perjanjian kerja adalah tahap terakhir bagi calon pelamar, dengan ditanda tangani berkas ini artinyasaya bisa mulai bekerja sesuai yang tertera pada berkas tersebut. Kelebihan PT CSI adalah adanya percobaan 3 bulan dan setelah itu menjadi karyawan tetap. Artinya saya tidak boleh ada absen selama 3 bulan berturut-turut, dan jika berhasil melewati masa percobaan maka akan keluar SK (Surat Keterangan) yang menyatakan sudah menjadi karyawan tetap.
Baca Juga : Pengalaman Bekerja di PT Changshin Indonesia hingga menjadi karyawan tetap
0 Komentar untuk "Pengalaman Mengikuti Seleksi Tes, Wawancara, MCU Hingga Bekerja di PT CSI"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top