Pengalaman Bekerja di PT ChangShin Indonesia | Perusahaan Tekstil

PT Changshin Indonesia atau bisa disebut PT CSI adalah pabrik tekstil yang memproduksi footwear (sepatu) khusus merk NIKE. Perusahaan ini sebenarnya berpusat di negri gingseng (korea selatan) namun memiliki cabang dibanyak negara dan salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia PT CSI berada di Kota Karawang (Desa Gintung Kolot) dan memiliki cabang di Cikampek, baru-baru ini PT CSI Indonesia mendirikan anak perusahaannya di Leles, Garut Jawa barat.

PENDAHULUAN
Mengapa dinamakan PT Changshin, bukan PT NIKE? karena didalam bidang industri sepatu baik itu Nike, Adidas, Puma dll tidak memiliki pabrik sendiri, perusahaan sepatu tersebut hanya memiliki nama saja, sedangkan PT CSI memiliki pabrik industri dan karyawan tapi tidak memiliki merk dagang sepatu. Oleh karena itu NIKE meminta PT CSI untuk dibuatkan sepatu merk NIKE, setelah jadi sepatu tersebut dibeli oleh NIKE dan dipasarkan oleh NIKE, jadi PT CSI hanya memproduksi saja tanpa memasarkan sepatu tersebut.

AWAL MELAMAR KE PT CSI
Saya melamar ke PT CSI melalui Email, dari mana saya mendapatkan alamat email PT CSI? kebetulan ada tetangga saya (masih baru) yang bekerja disana dengan jabatan HRD, dia memberikan alamat email PT CSI, kebetulan masih banyak lowongan untuk jabatan Staff. Saya tidak meminta untuk masuk ke perusahaan tersebut, ini murni hasil saya sendiri.

Saya mengirimkan email satu minggu sekali dan alhamdulilah dalam 2 bulan dapat panggilan dari personalia PT CSI, memang cukup lama dan itu kenyataannya. Setelah itu saya mengikuti serangkaian tes tulis, psikotes, praktek komputer, interview dan MCU. Semuanya berjalan dengan lancar hingga saya diterima di PT CSI.

MASA TRAINING
Pertama kali bekerja diperusahaan ini diwajibkan untuk mengikuti training center selama 3 hari, fungsinya untuk mengenal lebih jauh PT CSI baik itu peraturan yang berlaku, serta hak serta kewajiban karyawan. Kami juga dalam masa percobaan selama 3 bulan, jadi bilamana dalam 3 bulan kinerja serta absensi buruk masa tidak bisa melanjutkan untuk menjadi karyawan tetap.
Masa training ini seru karena kita dibimbing oleh bagian-bagian tertentu dari masing-masing departement, kita juga diajak untuk GENBA lapangan untuk melihat dari awal proses produksi hingga finish good/ barang jadi. 

MASUK DEPARTEMENT
Setelah menjalani serangkaian masa training saatnya saya masuk ke department, saya masuk ke departement PST (Product security team), PST adalah department pengawasan sepatu dari tindak pencurian, sistem yang dianut adalah CTPAT. Jadi sebenarnya department ini hampir sama dengan department General Affair (GA).

Selama kurang lebih satu bulan lebih saya mendalami materi serta praktik didepartement ini, hingga akhirnya dilepas untuk bekerja sendiri,yaa walaupun sistemnya bekerja secara team.

3 BULAN KARYAWAN
Alhamdulilah setelah masa percobaan akhrinya saya resmi menjadi karyawan tetap di PT CSI, absensi pun sangat bagus karena selama 3 bulan saya tidak pernah izin/skd/mangkir serta tidak pernah terlambat untuk absensi di mesin absen.

0 Komentar untuk "Pengalaman Bekerja di PT ChangShin Indonesia | Perusahaan Tekstil"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top