Pengalaman Kuliah di BSI (Bina Sarana Informatika) dari Masuk Hingga Lulus

Pendidikan adalah hal yang paling penting bagi manusia modern saat ini, selain membuat seseorang menjadi lebih tahu akan segala hal pendidikan juga membuat sifat seseorang menjadi berubah yang disebabkan lingkungan sekolah atau kampus baik sifat emosional, kognitif dan preventif.
Lulus dari sekolah menengah atas (SMA) pada tahun 2012 saya memutuskan untuk melanjuti pendidikan saya di perguruan tinggi negri, awalnya saya mengikuti bidik misi untuk masuk ke ITB (institut Teknologi bandung) namun gagal dan memilih untuk masuk universitas singaperbangsa karawang (UNSIKA) yang notabene masih swasta. Saya lulus dari hasil tes masuk kuliah UNSIKA dengan memilih jurusan Teknik Informatika, tapi saya gagal lagi dalam masalah biaya-biaya untuk menjadi mahasiswa disana, orang tua belum memiliki rejeki lebih dan disisi lain saya belum memiliki pekerjaan.

Akhirnya saya memilih melanjuti pendidikan saya di Bina Sarana Informatika Karawang (BSI) dengan alasan biaya kuliah di BSI jauh lebih murah dibanding di UNSIKA, menurut saya suatu universitas tidak bisa dinilai dari seberapa besar biaya berkuliah disana, namun yang terpenting adalah bagaimana orang tersebut mampu menjadi mahasiswa yang berkualitas serta mampu berprestasi di universitas tersebut, percuma kan kuliah mahal-mahal tapi kita menjadi mahasiswa yang paling tertinggal dalam hal prestasi dibanding mahasiswa lainnya?.

BSI menggunakan prinsip cyber academic yang artinya mengedepankan aspek online melalui internet dalam hal apapun, baik itu mendownload materi kuliah di situsnya, UTS, UAS hingga pendataran kuliah pun bersifat online. Inilah yang membuat saya merasa kesulitan untuk mendaftar ke BSI, saya hanya diberi tahu admin kampus bagaimana cara mendaftar hingga membayar biayanya via ATM.

Setelah mendaftar dan mendapat jadwal Semot (seminar motivasi) dan Ormik (orientasi mahasiswa) di jakarta, saya mempersiapkan bahan apa saja yang harus dibawa ketika acara berlangsung di jakarta. Masa orientasi mahasiswa di BSI berbeda dengan orientasi di perguruan tinggi manapun, biasanya perguruan tinggi memanfaatkan orientasi mahasiswa ini sebagai ajang balas dendam antara mahasiswa senior dan junior yang baru masuk dengan bullying namun hal ini berbeda dengan BSI yang memanfaatkan momen oerientasi  mahasiswa untuk seminar yang sifatnya membangun calon mahasiswanya. Seminar di BSI sangat menyenangkan, selain memotivasi calon mahasiswanya untuk menjadi orang lebih baik lagi kita pun diajak untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Masa Perkuliahan
Setelah mengikuti seminar untuk pertama kalinya saya masuk kelas, rencana kuliah sambil bekerja membuat saya harusmasuk jam perkuliahan malam hari walaupun pada awal kuliah saya belum mendapat pekerjaan.
Jam perkuliahan berdasarkan SKS(sistem kredit semester), dalam 1 SKS mahasiswa belajar selama 40menit dan rata-rata SKS setiap mata kuliah adalah 2-4 SKS. Mulai perkuliahan pada malam hari dimulai dari pukul 5 sore hingga pukul 9.30 malam. Namun jam masuk perkuliahan setiap mata pelajaran berbeda-beda, misalnya hari senin matakuliah A 4sks dimulai dari jam 5 sore hingga 8 malam, tidakeperti sekolah yang semua kelas masuk pada waktu yang sama. Pada perkuliahan masuk jam matakuliah berdasarkan jadwal yang telah ditentukan kampus, jadi bisa saja masuk perkuliahan pukul 7 malam atau 8 malam.
Bagaimana dengan kelas pagi? kelas pagi mulai perkuliahan antara pukul 7.30 hingga pukul 4 sore. Dalam satu hari mahasiswa BSI paling lama beljar selama 3 jam saja dan paling sedikit 2 sks (80menit). Jadi jangan samakan jam sekolah dengan jam perkuliahan.

Mata Kuliah
Saya memilih jurusan Manajemen informatika dalam AMIK (Akademi manajemen informatika dan komputerisasi) artinya saya belajar pemrograman mulai dari bagaimana pembuatan program, menjalankannya, mengatasi permasalhan program tersebut, tidak semua mata kuliah belajar tentang program mahasiswa juga diajari bagaimana cara berwirausaha (mata kuliah entrepreunership), membuat laporan jurnal akuntansi dan belajar bahasa inggris namun dengan mata kuliah unggulannya pemrograman. 
Matakuliah unggulan adalah mata kuliah prioritas atau diutamakan, biasanya mata kuliah unggulan ditandai dengan simbol (*), mahasiswa diwajibkan setidaknya mendapat nilai B pada mata kuliah unggulannya, misalnya pada jurusan manajemen inormatika mata kuliah unggulannya adalah program C++, Java, Delphi, Ms visual basic, Analisa perancangan sistem informasi dll, pada jurusan akuntansi komputerisasi mata kuliah unggulannya adalah Zahir dan Mayob.

Sistem Penilaian 
Mahasiswa diberikan nilai 100% dimana 10% adalah nilai absensi, 20% nilai tugas, 30% nilai UTS dan 40% nilai UAS. 
Grade penilaian adalah antara A hingga E dengan nilai tertinggi adalah A. Berikut ini adalah nilai pada grade masing-masing ;
A bernilai 4
B bernilai 3
C bernilai 2
D bernilai 1
E bernilai 0

Misalnya mahasiswa dalam satu semester belajar 5 matakuliah dengan asumsi nilai A,A,B,C,B maka nilainya IPS (induk prestasi semester) adalah 4+4+3+2+3=16;5 (5matakuliah) = 3,2. Mahasiswa tersebut mendapat IPS 3,2 pada satu semester.


Sistem Absensi
Sistem absensi dilakukan secara online, secara BSI kan cyber academic guys, kita masuk kuliah pukul 5 sore kita juga yang absen sendiri pada situs BSI dengan memasukkan username dan passwordnya. So, kita bisa menitipkan absen pada teman kita? ya bisa saja tapi biasanya dosen akan mengabsen ulang sebelum jam perkuliahan selesai, jadi yaa percuma jika kita menitipkan absen. Tapi, ada juga dosen yang tidak mengabsen ulang pada akhir perkuliahan dan ini membuat sistem absen secara daring ini terdapat kekurangan.
Bagaimana jika mahasiswa yang kuliah malam hari telat karena pulang kerja mengalami kemacetan? apakah mahasiswa boleh masuk? ini kembali kepada prinsip dosen itu sendiri, ada yang memperbolehkan masuk dengan syarat hanya 15 menit keterlambatan dari jam masuk, ada yang memperbolehkan masuk walaupun telat hingga satu jam atau bahkan 10menit menuju selesainya matakuliah, ada juga yang sama sekali tidak diperbolehkan masuk. Biasanya dosen memperbolehkan telat dengan alasan wajar karena mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja.

Sistem Belajar
Mahasiswa BSI diwajibkan memiliki laptop masing-masing, ini tertera pada persyaratan sebelum melakukan pendaftaran kuliah. Mengapa wajib memiliki laptop masing-masing? karena mahasiswa melakukan ujian UTS/UAS dengan sistem online sehingga sangat diwajibkan memiliki laptop. Selain itu, mahasiswa belajar membuat program pada laptop masing-masing.

Matakuliah KBK (kurikulum berbasis kompetensi)
Mahasiswa pada mata kuliah tertentu diwajibkan melakukan presentasi dengan dibagi dalam sebuah kelompok, yaa selain tugas individu mahasiswa juga ditugasi dengan tugas kelompok. Tugas kelompok biasanya harus menjalani riset terlebih dahulu, namanya juga mahasiwa pasti sangat banyak tugas riset kelapangan. Tugas kelompok ini diberi jangka waktu selama satu semester, biasanya setelah UTS mahasiswa harus mempresentasikan tugas kelompoknya.

KKP (Kuliah Kerja Praktik)
Pada awal semester 5 mahasiwa diwajibkan melakukan KKP/KKN pada perusahaan yang dipilih, mahasiswa memilih sendiri perusahaan untuk melakukan risetnya, mahasiswa setidaknya minimal satu bulan menjalani KKP ini, dan setelah KKP selesai mahasiswa harus membuat laporan mengenai sistem yang berjalan diperusahaan tersebut serta harus ada bukti bahwaa kita telah melakukan riset disana. KKP ini sebagai salah satu syarat untuk menjalani Tugas Akhir (TA), so jangan sampai kita tidak melakukan KKP ini guys.
Karena saya kuliah sambil bekerja sangat mudah bagi saya untuk menjalani KKP, saya hanya meminta izin kepada perusahaan dimana saya kerja untuk menganalisa sistem yang ada. Setelah itu saya diberi surat penilaian dan surat bukti bahwa saya telah menjalani KKP dari atasan saya.




Memilih Sub Jurusan
Pada semester 5 saya diwajibkan memilih sub jurusan akademi, seperti SMA dengan sub jurusan IPA dan IPS, kuliah di BSI juga mahasiswa diwajibkan memilih jurusan yang diminatinya. Pada AMIK atau manajemen infmatika mahasiswa dapat memilih 3 sub jurusan yakni Program Bisnis, Web Programming dan Program Animasi. Saya lebih tertarik web programming, namun saya terpaksa masuk ke jurusan program bisnis karena lebih dari 50% mahasiswa dikelas saya memilih program bisnis, jadi yang meilih program web dan animasi terpaksa ikut jurusan bisnis.

Tugas Akhir
Pada semester 6 mahasiswa diberi bimbingan untuk menjalani tugas akhir, yaa tugas akhir adalah salah satu syarat untuk mendapatkan gelar diploma III. Namun pada semester 6 mahasiswa masih belajar mata perkuliahan, saya hanya belajar 2 matakuliah saja karena lebih difokuskan untuk membuat TA ini. Tugas Akhir mewajibkan mahasiswanya untuk riset kelapangan terlebih dahulu kesebuah perusahaan/CV/lembaga menilai bagaimana kekurangan sistem yang ada disana, kemudian membuat sistem yang lebih baik lagi untuk perusahaan/CV/Lembaga kedepannya. 
Sangat sulit untuk menyusun sebuah TA bagi saya, dimulai Acc judul saja banyak yang ditolak, belum lagi isi TA yang sampai beberapa kali direvisi, saya menjalani TA ini selama 4 bulan sebelum sidang.
Baca Juga : Pengalaman Wisuda di BSI

Kesan berkuliah di BSI Karawang
Sangat menyenangkan karena saya bisa mengenal teman baru disana, bagaimana cara belajar yang menyenangkan hingga mengenal sifat-sifat teman dalam mengerjakan tugas kelompok. Awalnya sangat lelah karena saya kuliah sambil bekerja, bekerja dimulai pukul 7 pagi hingga 4.30 sore, dan pukul 5 sore saya harus menjadi mahasiswa hingga pukul 9 malam. Namun seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa,walaupun pada suatu waktu terserang Tifus karena kegiatan yang terlalu menguras tenaga, tapi ini sebanding dengan gelar DIII yang saya dapatkan selama berkuliah disini. Saya bangga karena saya bisa membayar kuliah dengan keringat sendiri tanpa membebani orang tua. Insya Allah saya akan melanjutkan ke S1 di bandung pada tahun 2017 dengan melanjutkan masa perkuliahan selama satu tahun saja. Amin

Saat Wisuda DIII
Saat presentasi di kelas

Saat terjun kelapangan belajar berwirausaha mata kuliah entrepreunership semester I

Saat riset mengenai kehidupan pengemis dan anak jalanan mata kuliah character building
104 Komentar untuk "Pengalaman Kuliah di BSI (Bina Sarana Informatika) dari Masuk Hingga Lulus"

Waduh gimana dong saya ini agak gaptek jadi apa bakalan susah ya bagi saya buat kuliah disini?

Selagi ada kemauan pasti ada aja jalannya, tetap semangat 😀

Saya mau nanya, perbedaan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer itu apa?
Mahasiswanya banyakan yang mana?

Mas nanti kalo TA sudah acc jadwalnya sidangnya bakalan beda kampus apa gmna?

jadwal sidang gmna tema yg dipilih, tempatnya di BSI kaliabang bekasi

Assalammuaikum wr.wb
Mas, saya mau nanya.
Kan bsi masih terakreditasi ban-pt , saya lihat di beberapa lowongan pekerjaan, yang diterima adalah orang2 yang ijazahnya berakreditasi A/B
Nantinya, apakah kita bisa untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah,
Selanjutnya , apakah setelah wisuda, kita dibantu untk mencari pekerjaan oleh pihak kampus , atau kita sendiri yang mencarinya.
Karena seperti yang kita ketahui, bsi sngat banyak bekerjasama dengan bank swasta dan perusahaan swasta
Saya mhsiswa baru bsi, jdi saya agak ragu soal itu
Mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya mas ��

Walaikumsalam,
Kalo masalah diterima atau tidak disuatu perusahaan tergantung skill kita masing-masing. Saya lulusan 2015 tapi sampai sekarang belum pernah bekerja menggunakan ijazah D3, karena dulu saya kerja sambil kuliah. Teman saya banyak kok yang sudah bekerja diperusahaan pakai ijazah D3 nya, dan untuk masalah apakah BSI bekerja sama dgn perusahaan itu saya kurang tau karena setahu saya BSI hanya menginformasikan lowongan di web career bsi saja, tapi saya belum merasakan manfaatnya (masih nganggur) karena banyak minus dari spesifikasi nya.
Tapi agan juga harus aktif tanya sama yg sudah lulus, bagaimana keadaan mereka sekarang.

Gan saya baru mau masuk di BSI manajemn informatika, apakah di jurusan itu banyak belajar matematika nya?

Tidak ada matakuliah matematika sama sekali gan, maksudnya informatika itu informasi yang berhubungan dgn teknologi, makanya disebut informatika

Wah yg bener gan, saya pikir akan belajar matematika setiap hari, bnyk temen ngomong gitu syaa jadi ragu pilih jurusan nya, soalnya MTK saaya aga lemot :)

1 lagi saya mau tanya gan :), saya baru lulus dan memgambil kuliah sore karna rencana nya mau sambil kerja kaya agan apakah di kelas sore siswa nya lebih sedikit? Dan biasanya 1 kelas di isi brp orang? Maaf gan bnyk tanya :)

justru lebih banyak gan kalo kelas malam, kalom klas malam siswa satu kelas bisa sampe 60 orang, kalo kelas pagi paling 30-40

Saya mau tanya rncna kan mau masuk bsi bsd serpong tp saya pulang krja jam 19.30 gimana ya kira2 bs msuk kuliah mlm ga?

Kalau plg krja set 8 mlm bisa msuk bsi ga?

bisa saja sih mbak, tapi kebanyakan mulai dari jam 5 sore masuknya, tapi ada juga jam 8 malam masuknya, gimana dapet jadwalnya juga

Artikel yg bagus. Bahkan sistem perkuliahannya lebih maju dari kampus negri saya.

Gan kuliah di bsi ada yang dari awal sampe S1 Ngga, mohon jawabannya

sampai D3, kalo di bandung bisa sampai S1

Apakah qt tetap dpt nilai dr dosen.. klo tidak mengerjakan tugas kelompok pemograman???

tentu tidak gan, tapi gimana kelompok agan juga sih, apakah mereka mau menerima

Apakah lamaran kerja untuk d3 juga banyak ketimbang s1 untuk manajemen informatika?

relatif sih, tergantung daerahnya masing-masing. untuk S1 tidak ada manajemen informatika, tapi adanya sistem infomasi

Gan ane mau tanya nih kan kalo kelas karyawan masuk antara jam 5 sampe jam 8, kalo misalkan kaya saya nih di pekerjaan dapet shift 2 berangkat jam 4 pulang jam 1 malem itu gimana gan

di BSI ada yg namanya AJM (absen jalan mahasisswa), jd agan bisa datang ke kelas pagi (reguler) untuk belajar jika agan bekerja shift 2, dan harus minta ttd dosen nya, formatnya bisa minta ke adm, tapi kalo saya males AJM, jd saya tdk masuk selama kerja shift 2, lagi pula penilaian absen cman 10% (dulu), jadi yg terpentig nilai uts dan uas bagus

Assalammuaikum wr.wb
Mas saya mau tanya, saya berniat ingin kuliah di bsi jurusan teknik komputer, apakah pelajarannya sama dengan manajemen informatika,
Dan 1 lgi, kata teman saya yang kuliah di bsi (sudah semester 6 tinggal TA), lebih banyakan teori dari pada praktek, padahal jurusannya teknik lebih ke praktek apakah benar?. Makasih

Gan kalau di bsi jam nya ga kayak anak sekolah kan gan? Yang masuk teng jam 7 pulang teng jam 12 begitu terus dalam seminggu gtu,,,,dan juga selama Agan kuliah pernah ga gan dapet libur gtu?? Entah dosennya ga Dateng atau gmna dan paling lama dalam seminggu yang Agan pernah dapet brapa kali gtu pas dlu kuliah liburnya???

pertama sudah saya bilang jam belajarnya bukan seperti sekolah Sd/SMP/SMA tapi lebih fleksibel, untuk libur pada hari sabtu minggu juga kalau ada tanggal merah (libur nasional) selain itu mahasiswa BSI bisa menikmati libur panjang setelah UAS (sekitar 2bulan libur). Kalo dosen gak ada biasanya yang ngisi asdosnya (asisten dosen) atau diadakan pergantian jam kuliah (ganti hari) sesuai matakuliahnya, biasanya yang menentukan dosennya itu, atau kalo dosennya males atau emang sibuk banget kelas bisa kosong alias libur.

kalo di bsi bisa ulus lebih cepat gk?makasih :)

kalo tugas akhir ambil gelombang 1 ya lebih cepet,
bukan kayak S1 ya yg harusnya 4th jadi 3,5th.

Gan kalau d3 lulus nya brapa lama ? Terus pakai skripsi juga ?

3 tahun gan, D3 ngerjain tugas akhir

Haiii agan...
Mau tanyaa temenya ada yang ambil penerapan software tidak??? Mau tanya untuk izin ke kantor pinjam dokumenya seperti apa yaaa
Galau sayaa mau Ta

Gan, mau tanya. Kalo saya kuliah ambil kelas karyawan apa ada persyaratan wajib melampirkan bukti bahwa saya bekerja disuatu perusahaan? Sedangkan disini saya wirausaha.

dokumen apa yaa, setau saya tdk boleh sembarangan sih, kalo iya mau bawa dokumen keluar hrus resmi

Ka biaya magang mahal gak kalo kuliah di situ

setau saya kalo magang itu tidak bayar, justru kita dibayar sama perusahaannya

Gan misal saya mau ngambil sub jurusan web programming dan di kelas mayoritas memilih sub jurusan lain kita otomatis terbawa kpd sub jurusan tsb? Tdk bisa kah sesuai kita sendiri? Dan untuk program bisnis apakah mirip" materinya dengan web programming?

tidak harus melampirkan bukti apapun gan, karena biaya kuliah kelas karyawan sedikit lebih besar dibandingkan kuliah reguler

betul gan, kita pasti ikut mana yang mayoritas pilihan sub jurusan, misalnya sub jurusan web programming 60%, sedangkan program bisnis 40%, dan kita memilih program bisnis, maka kita pasti masuk sub jurusan web programming.
untuk materi kuliah semua sama, yg membedakan adalah web programming membuat program menggunakan pemrograman web (misal, dream weaver, prestashop, dll), sedangkan program bisnis menggunakan pemrograman offline (misal, java, delphi, visual basic)

Mau tanya gan setelah anda lulus dari bsi ilmu apa yg anda dapat ? Dan bergunakah untuk keseharian anda ? (Pekerjaan saat ini)

banyak gan, salah satunya wirausaha, BSI mendoktrin mahasiswanya untuk memiliki jiwa kewirausahaan dilingkungan masing-masing, maknya disana kebanyakan praktik, seminar, workshop tentang kewirausahaan,

kalo dari ilmu kuliah saya bisa buat beberapa program aplikasi dengan software tertentu, programnya bisa diaplikasikan baik untuk menunjang bisnis wirausaha maupun di perusahaan yang membutuhkan program-program tertentu.

maaf bg kan kuliah wajib punya laptop nah saya bingun belum punya mau beli bingun speck nya kalo yg paling minim speck yg gimana biar menyesuaikan dgn budget

Laptop mnimal RAM 2GB, pake windows 7 atau 10, itu aja si yang penting, ingat ya laptop bukan notebook.
Kalo agan pake W8 usahakan down/up grade ke W7/10 soalnya ada beberapa software yg gk compatible sama W8

Berarti sebelum mendaftar kita harus punya laptop dlu ya mas?buat ikut ujian sleksinya

Berarti sebelum mendaftar kita harus punya laptop dlu ya mas?buat ikut ujian sleksinya

gk perlu, kan bisa pinjem laptop tmen atau ke warnet,

Gan emang kekurangan nya notebook apa ya , soalnya saya punya nya notebook

Sebenernya kuliah di bsi bisa pakai notebook, kekurangannya ya gak bisa pakai CD untk instal aplikasi dan biasanya RAM kecil

MIN ,saya mau nanya tentang amik bsi yg dual campus ,satu tentang teknik komputer dan satu lagi teknik informatika nya
Itu gimana ya?

setahu saya tidak ada jurusan teknik informatika di BSI, maksudnya dual kampus itu, misalnya saya kuliah di BSI D3 disemester 5, nah untuk semester 5 keatas bisa mengiuti program dual kampus, artinya saya bisa sambil kuliah jenjang S1 di universitas BSI/Nusamandiri., jadi nanti wisudanya dua kali dalam satu kurun waktu, misal wisuda D3 bulan desember, wisuda S1 minggu depannya

Maaf gan kalo boleh tau kira kira sub web programming belajar bahasa programan apa aja ya dan apakah sub web programming mencetak profesi sebagai web developer?

Mohon di jawab gan.. Terima kasih

web programming belajar bahasa pepmrograman berbbasis web, biasanya pake adobe dream weaver, prestashop/open source (instan ecommerce)

Sorry nih gan banyak nanya wkwk..
Kira kira ketemu bahasa pemrograman seperti html css javascript php dan my sql gtu ga?

Kalo kaya gue nih gan karyawan, terus nanti saat Kkp gimana ya ? Misal ga bisa kkp di perusahaan sendiri. Thx
Apakah ada case yg sama kaya gue

Saya dulu sambil kerja juga, dan kkp nya di perusahaan, nanti tinggal minta surat bahwa kita kkp diperusahaannya

Yaps pasti ketemu, mysql itu untuk sub jurusan program bisnis dan javascript dan css untuk web programming

Gan kalo total biaya d3 kisaran abis brp ya? (Uang semester,gedung,ujian,dlldari kampus, dan gk termasuk makan dan operasional)

Thn 2016 kemarin biaya pertama kali masuk sktar 5,2jtaan, itu gelombang pertama, biaya kuliah persemester 2,18jt, udah sgtu aja untuk BSI, nanti klo TA dan wisuda beda lg

makasih untuk artikelnya...mas mau tanya mmaf pertanyaanya agak banyak

kuliah di bsi kalau ambil kelas karyawan itu berapa kali dalam seminggu ya? terus apa ada yg khusus sabtu minggu?

saya mau ambil teknik informatika tapi sedikit ragu apa jurusan itu harus pintar matimatika?

dan untuk biaya kuliahnya kaya yg mas tulis di atas apa 5.2 juta awal masuk sudah satu sama biaya persemester atau beda lagi

makasih untuk artikelnya...mas mau tanya mmaf pertanyaanya agak banyak

kuliah di bsi kalau ambil kelas karyawan itu berapa kali dalam seminggu ya? terus apa ada yg khusus sabtu minggu?

Dalam seminggu kuliah dari hari senin sampai sabtu yaa, tapi ini gak nentu karena setiap kelas punya jadwal berbeda, bisa smnggu cmn masuk 3 hari atau bahkan senin sampai sabtu dengan catatan SKS sama-sama jumlahnya,

Untuk hari minggu free kegiatan, tapi biasanya waktu luang ini untuk kerja kelompok, jd jgn kaget setiap mapel ada kerja kelompoknya,

Ingat yaa informatika itu bukan matematika melainkan informasi dengan mengembangkan tehnologi saat ini, jd gak ada itung itungan kyk mtk, lebgkapnya bisa cek google.

Iya itu sdh termasuk biaya semester awal

Assalamualaikum
Maaf gan mau nanya sya mau ambil jurusan teknik informatika nihh.. Kan udah di jelasin gak akan ketemu sma mapel matematika.. Nahh Apakah nnti ketemu sma mapel fisika dan kimia??? Terimakasih sebelumnya

Mau nanya gan. Apakah di BSI tidak ada reward berupa uang / rekomendasi gampang masuk ke suatu perusahaan setelah lulus jika IPK diatas 3.5(cumlaude) ?

setahu saya tidak ya, mengingat BSI adalah hanya perkuliahan swasta saja. Tapi mahasiswa bisa melihat lowongan rekomendasi BSI di career.bsi.ac.id

Mau nnya kelas karyawan kena shif 1,2&3
Btw klo jadwal kulih siang itu jm brp!


Mau tanya, apakah biaya kuliah bisa di cicil perbulan ?

@Fredy Maxi Paat, Biaya kuliah tidak bisa dicicil ya gan, langsung cash pembayarannya via ATM

Min saya mau nanya, apakah bsi yg di cimone sudah bisa S1 ?
Makasih

Mau nanya nih, saya kerja dari jam 2 smpai jam 10? Bisa masuk kuliah pagi ga?

Kalo kerjanya di shift pasti bisa, kalo memang jadwalnya jam 2 siang samapai jam 10 malam setiap hari mending masuk kelas reguler aja

Mau tanya gan, saya tidak ikut uas matkul logika algoritma, terus cara dapet nilainya gimana makasih

Kak, mau tanya mengenai sks itu untuk lulus sendiri berapa yang haru di ambil?

@TgsMultimedialdv untuk setiap fakultas dan jurusan tertentu memiliki jumlah SKS yg berbeda beda gan, jadi harus tahu dulu memilih fakultas dan jurusan apa

untuk jurusan broadcast akreditasi nya apa ya gan, kirakira setelah wisuda d3 bisa ngelanjutin ke universitas mana aja? atau gimana?

@Ade Rifqi, wah untuk jurusan broadcast kurang tau ya gan, soalnya saya AMIK BSI

sorry gan, nih ane mau nannya.
kuliah karyawan nya itu sabtu minggu apa kuliah di malam/sore hari ?

Bang kebetulan saya juga lg di karawang, niat ingin kuliah di bsi kelas sore/malam. Saya bekerja ada shift 1 2 3, klo untuk shift katanya bisa AJM, tp klo shift 1 saya pulang nyampe jam 5an itu klo ga macet. Jd paling bisa berangkat kuliah jam set 6/jam 6 mungkin, saranya gimana bang?

@Angga, sama saya juga dulu kena shift 1,2,3 tapi kan gak selalu terlambat masuk jam 6 walaupun pulang kerja jam 5 misalnya, kalo agan kebagian shift 3 kan bisa ontime ke kampus, shft 2 juga bisa ontime ke kampus, jadi kalo shft 1 itu sangat wajar bakal banyak yg telat, dosen juga bakalan ngerti, biasanya jam 5 kelas diisi paling 20orang nah pas abis magrib baru deh full, karena banyak yg telat atau lembur kerja, slow aja

Bang,misalnya sekarang saya ngambil kelas reguler tp nanti klu udah jln di semester 2/3 kita dpt kerjaan untuk biaya tambahan untuk karyawan apakah masih bisa. Terima kasih bang

Bang,kalau saya skrng ngambil kelas reguler tp nanti klu di smstr 2/3 saya kerja apa biaya untuk pindah kls karyawan itu bisa ??

untuk pindah kelas dari malam ke siang (mutasi lokal) itu bisa gan, sebaiknya setelah UAS semester 1 langsung tanya ke Adm aja bagaimana proses mutasinya

Mau tnya mas... Di aplikasi PMB saya mau ambil kelas malam program duel kampus, D3 jurusan teknologi komputer dan S1 tehnik informatika (nusa mandiri), apakah itu benar ada? dan hanya ada di kampus Jatiwaringin Jakarta , sebenarnya saya sdh sarjana ekonomi, tapi setelah saya lihat perkembangan, Saya tertarik dgn kuliah ttng komputer. Dan pekerjaan saya admin . Mungkin tak ada cocok dgn kuliah ini.

Tapi menurut mas, apakah saya akan kesusahan di program kuliah ini?

Dan apakah jurusan ini, kedepan bisa membentuk saya menjadi seorang programmer? Walau saya hanya ambil kelas malam . Saya memang tdk ada basic komputer. Tapi saya tertarik mohon pencerahan. Istilahnya saya mau banting stir ke IT. Terimakasih

Program duel kampus di BSI memang ada, artinya nanti pada saat wisuda waktunya berbarengan. Untuk D3 itu tidak ada teknologi komputer setau saya, tapi “manajemen informatika”. Tapi teman yang kuliah tahun ini ternyata jurusannya berubah menjadi “sistem informasi”. Untuk S1nya “teknik informatika” dan “sistem informasi”.
Kuliah di BSI sebenarnya bisa jadi programmer asal agan aktif dalam perkuliahan, artinya mau mencoba program apapun, menurut saya BSI untuk D3 itu basic programmer, saya sendri bisa buat program menggunkan beberpa prgram bahasa. Asal ada kemauan pasti ada jalan dan dipermudah, agan kan sudah suka sama jurusannya, insya allah bakal ngerti cara buat program

Ka mau tanya, saya rencananya mau lamar kerja dan jam kerjanya itu jam 8-5 sore. Gapapa gitu ka kalo telat?apa nanti bakal ngaruh dama nilai sikap dan karakter?

Telat itu tdk ada p[engaruhnya dgn nilai, wajarlah kalau kelas karyawan, 80% pasti bakal bnyak yg telat, misalnya dulu waktu saya kerja sambil kuliah, jam 5 sore mahasiswa cuman ada 20 orang, habis mgrib jadi banyak skitar 60 orang, yaa sudah biasa di BSI mah, tapi gmna dosennya juga, ada yg baik ada yg malah tidak boleh masuk kalau telat

Mas mau tanya, kalo kita kuliah D3 Sistem informasi, nanti setelah lulus kalo mau lanjut kuliah ke S1 itu harus kuliah lagi 4 tahun atau tinggal melanjutkan 1 tahun kuliah lagi?

hanya 1th saja untuk melanjutkannya, cuman itu hanya di universitas tertentu saja gan

Gan mau nanya nih
Kalo bru lulus trs mau langsung ambil s1 bsi bisa ga?
Terus s1 di bsi berapa tahun ya kuliah nya

Mau tanya kalo baru Lulus langsung ambil s1 bsi bisa ga
Atau harus d3 dulu?
Kalo kukiah s1 bsi berapa tahun yah?
Terima kasih

Mas mau tanya dong..kalo mau magang itu yg harus di persiapkan apa aja ya.trus nilai saya kan semster 1-4 banyak yg E saya ikut her tapi nilai cuma naik jadi D...itu ntr kalo udh semster akhir mau sidang jdi msalah GK sama nilai tsb

@Uwu_U tergantung kampusnya, ada yang bisa langsung S1, ada juga yang cuman ada D3

Untuk magang cuman bawa surat riset dari kampus yang menyatakan bahwa mau magang di perusahaan atau lembaga, untuk masalah sidang yang dapat nilai D itu gmana IPK nya dulu, kalau dibawah 2,75 sidangnya komperehensif bukan tugas akhir

Hallo bang Hendri
Minggu ini saya mau daftar di UBSI,berarti masuk gl 5 ya....
Ssp nya 3.6jt saya mau tanya berapa saya harus bayar pertama kali lunas 1 semester atau total uang yg saya bayarkan untuk jadi mahasiswa disana. Karna saya belum punya cukup uang banyak untuk ini.
Terimakasih

@Jepriko untuk ketentuan sekarang saya kurang tahu ya, tapi tahun ajaran kemarin SPP itu bisa dicicil dan masuk ke pembayaran semester berikutnya, untuk jelasnya bisa langsung ke admin UBSI nya yaa

Ka, aku mau tanya dong. Di BSI ada KKN yg kaya terjun ke masyarakat gitu ngga? bukan yang kaya praktik di perusahaan, tp kaya terjun ke masyarakat gitu, ad ga ka?

@maba bsi kalau di BSI adanya magang/riset dan tidak ada KKN,

Bang mau tanya, waktu kuliah dulu ada hari sabtunya gak? Aku tahun ini ambil kelas karyawan, ada hari sabtunya masuk pagi. Sedangkan aku kerja sabtu masuk setengah hari, itu aku harus gimana ya?! (TT)

Kalo saya dlu ada hari sabtunya, kalau skrng kurng tau yaa

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top