Cara Melaporkan Blog AGC/Copy Paste Artikel Ke Google DMCA dengan cepat

Menulis artikel pada blog memang menyenangkan bagi saya, menulis artikel yang berkualitas butuh waktu yang lumayan lama dalam pembuatannya, mulai dari pencarian bahan materi, kemudian diubah menggunakan bahasa sendiri dan belum lagi mengedit gambar dengan watermark agar tidak gampang di akui blog lain alias di copy paste. Membuat watermark saja rupanya tidak cukup untuk mencegah para pengcopas ini dari dunia internet, mereka biasanya menggunakan AGC (auto generate content) untuk memasukkan artikel blog orang lain ke blognya sendiri, tentunya cara ini sangat tidak profesional dimata blogger. Artikel blog AGC akan update secara otomatis setelah kita mempublish artikel, Jadi bagaimana cara mengatasi cara melaporkannya agar blog AGC tersebut tidak bisa mengcopy paste artikel kita lagi?
Cara Melaporkan Blog yang mencuri artikel dari blog kita
Pada dasarnya blog yang mempublish artikel yang sebelumnya telah dipublish akan memiliki masalah dengan sendirinya, google crawl akan mendeteksi secara otomatis bahwa blog tersebut telah mengcopy paste artikel dan hal yang akan terjadi adalah artikel yang di copas itu tidak akan terindeks atau muncul pada pencarian google, itu adalah hal negatif bagi blog AGCnya. Namun hal negatif yang terjadi pada kita adalah terjadinya duplikat konten artikel karena ada 2 artikel yang sama pada 2 blog yang berbeda, bisa saja blog kita yang terkena imbasnya misalnya deindeks artikel atau blog terbanned. Bagi blog AGC mungkin tidak apa karena sebagian dari mereka tidak memiliki akun adsense, tapi kita? sebagai publisher adsense tentunya sangat dirugikan bukan?
Baca Juga : Cara Otorisasi Situs Blog Adsense Agar tidak terjadi Bom Klik dari Blog AGC

Oleh karena itu saya akan membagikan informasi bagaimana caranya melaporkan blog yang copy paste artikel ke google dmca ;
1. Silahkan buka blog yang menurut anda telah mencuri artikel
2. Buka satu persatu URL artikel yang dicopas, jika yang di copy paste 15 artikel silahkan anda buka ke 15 URL nya, jangan kurang dari angka tersebut krena semakin banyak artikel yang dicopas maka google akan menganggap masalah yang terjadi semakin besar, misalnya jika artikel di copas lebih dari 20 artikel maka google akan medeindeks artikelnya atau bahkan membanned blognya, jika artikel hanya satu atau dua google biasanya hanya akan memperingatkan si pemilik blog agar menghapus artikelnya.
3. Buka juga URL artikel blog anda yang telah di curi/copas
4. Buka tab baru dan silahkan buka alamat https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard
5. Klik "create new notice" (buat pemberitahuan baru)
6. Silahkan isi 
  • Nama depan,
  • nama belakang, 
  • nama perusahaan (isi url blog anda), 
  • pemegang hak cipta (diri sendiri)
  • Centang Saya mengonfirmasi baha saya pemegang hak cipta yang dipermasalahkan
  • Isi alamat email blog anda

7. Wajib diisi ;
  • Isikan pada kolom paling atas tentang isi pelanggaran yang terjadi, misalnya artikel saya telah di duplikasi tanpa izin oleh blog lain
  • Dimanakah kami dapat melihat contoh karya yang sah tersebut? Silahkan isikan URL artikel blog anda yang terkena copy paste (pisahkan antara satu url dan url lainnya dengan Enter)
  • Lokasi yang melanggar? Silahkan isi dengan URL artikel blog orang lain yang telah mencuri artikel anda  (pisahkan antara satu url dan url lainnya dengan Enter).


Catatan : jangan sampai terbalik yaa gan!

8. wajib diisi
  • Centang semua pernyataan sumpah
  • Tanda tangan ditulis dengan nama jelas dan tanggal pembuatan laporan ini
  • Kemudian klik kirim


9. Setelah sekitar 2 minggu saya cari lagi artikel blog AGC tersebut, alhasil artikel telah dihilangkan dari pencarian google karena ada keluhan/laporan (dari saya)
10. Anda klik "membaca keluhan DMCA" maka akan muncul form laporan komplain yang telah dibuat oleh anda, contoh dibawah ini adalah laporan yang telah saya buat 2 minggu sebelumnya.
Catatan : Laporan biasanya akan di proses dalam waktu 1-4 minggu
11. Dibawah ini adalah contoh laporan saya, pada baris pertama (8 maret) adalah laporan terbaru yang belum di proses, maka 11 url akan ada di kolom pending url. Pada baris kedua (14 februari) adalah laporan saya yang telah di proses dan masuk ke kolom approved url, laporan yang telah diproses artinya artikel blog AGC telah di Deindeks/dihapus dari pencarian google
  
Kesimpulan dan Saran : Blog AGC akan mudah menyerang blog anda karena pada pengaturan umpan Feedburner blog anda dibuat "Sepenuhnya", gantilah umpan blog menjadi Sedikit/sebagian, maka artikel yang akan ditampilkan di blog AGC hanya 400 karakter huruf saja selebihnya tetap harus membacanya ke blog anda (blog asal), lebih baik lagi jika umpan blog tidak satupun dibagikan ke Feedburner.
Baca Juga : Cara Agar terhindar dari Blog AGC
Semoga membantu artikel yang saya buat ini berdasarkan pengalaman pribadi, 
Tag : Tips Blog
6 Komentar untuk "Cara Melaporkan Blog AGC/Copy Paste Artikel Ke Google DMCA dengan cepat"

asw blog agc bikin kacau blog org lain aja mau merangkak ke atas juga banyak yang ganguin

begitulah gan, harus sering dilaporkan

blog saya baru aja kena blog agc, sialnya si pemilik blog agc melakukan pengajuan hak cipta artikel blog saya menjadi milik dia. Bodohnya saya karena tidak tahu menahu perihal hak cipta maka saya merelakan satu artikel blog saya dihapus dan menjadi milik dia. Sekarang saya mengajukan balik blog agc dia berkat artikel bermanfaat agan ini.

Kira2 permohonan penghapusan blog agc yang saya lakukan berhasil diterima gak ya atau malah permohonan si pemilik blog agc yang diterima karena dia mengajukan klaim hak cipta duluan?

@Muhammad Rifki, pihak google akan segera menindak blog AGC jika kita melaporkannya, itu bisa dilihat dari siapa yang terlebih dahulu publish artikel, karena blog AGC terakhir publish maka blig tsb lah yang akan kena pelanggaran. Jadi laporkan saja gan

Bang kalau kasusnya gini gimana ya, kronologi:

Ane punya blog gratisan blogspot.com, artikelnya lebih dari 400 dan dicopy semua oleh beberapa blog AGC. Nah di bulan September ane kustom domain blog tersebut ke TLD.

Nah pengujung ane turun drastis, dan ane baru nyadar kalau artikel kena AGC. Setelah itu ane pindah/migrasi ke WP dan sampe sekarang pengunjung susah ngangkatnya.

Nah yang jadi pertanyaan, artikel yang dulu pas masih blogspot dam dicopy semua oleh blog AGC itu gimana? Apakah jadi haknya blog AGC, soalnya ane kan udah ganti domain TLD+pindah WP.

Saya sudah coba kirim laporan spam lewat Webspam Report belum ada tanggapan :(

bisa sebenarnya kalau sudah ganti domain juga, asalkan melaporkannya memakai url yang dulunya (blogspot), nanti secara otomatis akan direct ke domain baru dan google mengetahui itu

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top