Tips menghadapi Ujian Sidang Bina Sarana Informatika BSI | Pengalaman

Ujian sidang dilaksanakan bagi mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan dari masa perkuliahan, baik itu sidang untuk tugas akhir, skripsi, tesis ataupun karya ilmiah. Didalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman seputar Ujian Sidang yang pernah dialami di BSI.

Saya adalah lulusan Bina Sarana Informatika Fakultas AMIK Manajemen Informatika pada tahun 2015, banyak sekali pengalaman selama mengikuti masa perkuliahan, terutama ketika akan menghadapi Ujian Sidang sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswanya.

PERSIAPAN TUGAS AKHIR
AMIK Manajemen informatika di BSI hanya sampai jenjang Diploma 3 (D3) saja, oleh karenanya mahasiswa ditugaskan untuk membuat TA (Tugas Akhir) bukan skripsi, Penyusunan TA akan dilaksanakan ketika mahasiswa berada di semester akhir (6).

Dosen sebelumnya memberi pengarahan pada mahasiswa untuk segera memilih tema serta mencari judul yang dinginkan juga tepat pada semester 5, sehingga sebelum semester akhir mahasiswa memiliki gambaran mengenai TA yang akan dikerjakannya.

Jujur pada semester 5 saya benar-benar blank akan membuat tema atau bahkan judul, akhirnya saya bisa memilih tema serta judul pada semester 6 yang sebelumnya mendapatkan arahan dari Dosen.

PENDAFTARAN TUGAS AKHIR
Pendaftaran TA dibagi menjadi 3 gelombang yang mana setiap gelombang selisih antara 4 bulan, tanpa basa basi saya ambil gelombang satu karena tidak mau menunggu terlalu lama untuk lulus dari BSI, padahal ada sebagian teman saya yang mengambil gelombang kedua bahkan ketiga (tahun berikutnya) untuk menyusun TA dengan alasan bekerja.

Pendaftaran TA ini tidak sembarangan, karena mahasiswa harus sudah memilih tema serta judul TA. Alhamdulilah judul pertama saya langsung ACC oleh dosen pembimbing dan langsung didaftarkan olehnya. Sebagian teman saya bahkan hingga berkali-kali ditolak judul TA nya dengan alasan kurang, saya punya Tips untuk memilih Tema serta judul untuk Tugas Akhir di BSI, Baca > Tips untuk memilih Tema serta judul untuk Tugas Akhir di BSI
Judul tugas akhir yang sudah di ACC

PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

Sisa waktu menjelang Ujian Sidang adalah sekitar 4 bulan lagi, sementara saya harus menyelesaikan beberapa tahapan dalam menyusun tugas akhir, berikut adalah tahapan yang saya kerjakan ;

  • Riset lapangan selama satu bulan
  • Menyusun BAB I, BAB II, BAB III dan BAB IV
  • Membuat sebuah aplikasi berdasarkan tema TA, karena saya memilih pemrograman berbasis visual
Contoh surat riset PKL dari lembaga 


Satu saran untuk menegerjakan BAB I-IV adalah jangan terlalu fokus untuk mengerjakan BAB II yang berisi landasan teori, tapi fokuslah untuk BAB III yang berisi tentang isi dari Judul yang dibawakan, banyak teman-teman saya mengerjakan BAB II hampir setengah waktu yang disediakan (2 dari 4 bulan), yang pada akhirnya mereka tergesa-gesa mengerjakan BAB III, belum lagi programnya.
Baca Juga : Langkah-langkah Menyusun TUgas Akhir agar cepat Selesai

FULL ACC/FULL APPROVE TUGAS AKHIR OLEH DOSEN PEMBIMBING
Setelah 3 bulan mengerjakan tugas akhir yang cukup melelahkan akhirnya saya selesai dan sudah full approve dosen pembimbing mulai dari tulisan hingga program. Selanjutnya saya hanya tinggal menghadapi Ujian Sidang yang akan dimulai satu bulan lagi. sebagai informasi, jadwal ujian sidang akan dijadwalkan berdasarkan pemilihan tema, dan masing-masing tema berjarak 2 mingguan, contoh tema pemrograman visual dimulai awal bulan juli, dan pemrograman web dimulai setelah semua siswa yang mengambil pemrograman visual selesai yakni pada pertengahan juli, dan begitu seterusnya.

PERSIAPAN MENGHADAPI UJIAN SIDANG
Pertama
Siapkan tulisan yang telah selesai dibuat, biasanya masih dalam bentuk jilid (bukan hardcover), karena pasti akan ada revisi dari dosen penguji sidang nanti, untuk di BSI sendiri jilid hasil tulisan harus ada 3 rangkap, pertama untuk kita (asli) dan sisanya foto kopi adalah untuk dosen penguji.
Contoh tulisan tugas akhir setelah dijilid

Kedua
Siapkan program atau bagian inti dari permasalahan. Misalnya anda akan memberi solusi untuk sekolah yang masih manual dalam sistem pendaftarannya menjadi terkomputerisasi, maka anda harus benar-benar 100% program tersebut berjalan sesuai yang diharapkan dan meminimalisir celah kesalahan  bug program.

Atau anda mengambil tema Analisa perancangan, maka yang perlu dikaji dan dipahami adalah DFD/DAD yang telah anda buat dan wajib dipertanggung jawabkan dihadapan dosen penguji.
Baca Juga : Tips untuk memilih Tema serta judul untuk Tugas Akhir di BSI
Ketiga
Persiapkan CD drive yang berisi program serta tulisan dalam bentuk softcopynya yang telah diburning, ini sangat penting selain buku tulisan TA, jangan lupa untuk memberi cover CD sesuai persyaratan atau panduan TA berdasarkan tema yang dipilih.
CD yang telah sebelumnya data program dan tulisan softcopy telah diburning 

Keempat
Persiapkan buku kutipan yang anda ambil kedalam BAB II (Landasan teori), kesalahan saya pada waktu Ujian sidang adalah tidak membawa buku tersebut, dosen tidak percaya apa yang saya tulis di BAB II dan mereka menyangka itu adalah hasil dari googling atau copying, saya mengatakan bahwa buku tersebut tidak banyak dan hanya ada diperpustakaan BSI, dan saya tidak mungkin meminjamnya karena sudah sangat antri untuk meminjam buku menjelang ujian sidang. Dosen pengujji berkata mengapa tidak memfoto kopi? saya jawab dengan alasan hak cipta, namun mereka membolehkannya dengan alasan ujian sidang.

Jadi saya sarankan anda membawa foto kopi buku (satu halaman) yang berisi kutipan pada BAB II.

Kelima
Surat riset yang menerangkan bahwa anda sudah riset disuatu tempat selama minimal satu bulan baik itu di perusahaan, lembaga negeri ataupun lembaga swasta yang memiliki izin pemerintahan.

keenam
Pelajari materi atau teori yang sudah anda buat dalam susunan TA serta praktik berupa programnya, serta latihan berbicara mulai dari perkenalan hingga pembahasan teori dan praktik

Ketujuh
Jangan lupa tanda tangan dosen pembimbing bahwa anda telah mengikuti bimbingan (lembar konsultasi)
Contoh lembar konsultasi bimbingan tugas akhir yang telah di tanda tangan


TIPS MENGHADAPI UJIAN SIDANG TUGAS AKHIR

  • Datang minimal satu jam sebelum sidang dimulai, karena akan ada administrasi kelengkapan persyaratan ujian serta pengambilan foto untuk ijazah. tidak ada tolrenasi ketelatan untuk ujian karena waktu sudah dipastikan pas untuk mahasiswa selanjutnya, jika telat anda tidak lulus ujian sidang
  • Pastikan semua lengkap, mulai dari pakaian yang sudah standar, alat tulis, laptop dengan full charge (dikhawatirkan tidak ada colokan listrik diruang ujian) dan dalam kondisi program serta Power point standby
  • Seperti biasa perkenalan hingga presentasi hasil TA (Baca Juga : Cara Presentasi yang benar Pada saat Ujian Sidang)
  • Waktu ujian sidang biasanya adalah 1jam yang mana 15menit pertama adalah presentasi power point hasil TA dan 45menit adalah sesi tanya jawab dengan dosen penguji, jujur sangat gugup karena dosen penguji adalah dosen dari luar, oleh karena itu latihan dirumah bagaimana caranya presentasi itu hanya 10~15menit saja.
  • Dosen penguji akan memberi pertanyaan soal landasan teori (pengertian-pengertian), Flowchart jika ada, DFD/DAD dan program yang telah dibuat
  • Dosen akan memberi 10 pertanyaan secara acak dan usahakan dijawab semaksimal mungkin, hindari memberi jawaban bahwa anda TIDAK TAHU karena itu adalah SKAKMAT untuk anda.
  • Jika memang anda sudah sangat tidak tahu akan jawabannya, silahkan anda terangkan permasalahan yang serupa mengenai apa yang dipertanyakan, artinya anda menjawab keluar jalur jika itu memungkinkan, jujur ini adalah trik saya dalam menghadapi pertanyaan yang sulit karena dari 10 pertanyaan saya hanya benar 2 saja, dan sisanya? yaa jawaban ngelantur, dari pada jawab "saya tidak tahu"??, dan alhamdulilah hasil ujian sidang adalah grade B
  • Jika proses ujian sidang sudah berlangsung silahkan berpamitan dengan dosen penguji dan jangan lupa minta tanda tangan bahwa anda sudah mengikuti ujian sidang, banyak yang tidak diberi tanda tangan oleh dosen penguji karena kelalaian dari mahasiswanya, mulai dari pakaian, kelengkapan serta persyaratan
    Contoh TA yang sudah sah ditanda tangani dosen penguji, sebelumnya ditanda tangani dosen pembimbing, jika perlu bawa 3 lembar sebagai cadangan
  • Berdoa diawal sebelum masuk ruang ujian, karena usaha tanpa adalah sia-sia dan doa tanpa usaha nol besar
RANGKUMAN

  • Persiapan persyaratan ujian sidang yang meliputi ;
  • pelajari materi dan praktiknya
  • Buku hasil karya 3 rangkap
  • CD yang berisi program
  • Surat keterangan bahwa anda riset disuatu tempat
  • Pakaian Rapih sesuai prosedur
  • Datang tepat waktu
  • Berdoa
Baca Juga : Tips untuk memilih Tema serta judul untuk Tugas Akhir di BSI
0 Komentar untuk "Tips menghadapi Ujian Sidang Bina Sarana Informatika BSI | Pengalaman"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top