Pengalaman Sakit DBD (Demam Berdarah) dan Dirawat

DBD atau Demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk aides aegepty. Pada umumnya seseorang akan terserang pada musim-musim tertentu. Gejala yang ditimbulkan berupa demam, nyeri otot, ruam serta sakit kepala.

AWAL GEJALA YANG TIMBUL
Sebelum divonis mengalami DBD tentunya saya (umur, 14th, thn 2008) mengalami gejala-gejala yang timbul sebelum fase kritis, pada awalnya demam tinggi dan panas kemudian disertai rasa pusing yang amat sangat, ketika merasakan pusing ini sungguh sangat tidak tahan, baru kali ini mengalami rasa pusing disertai sakit kepala yang luar biasa, bahkan kala itu hingga menangis sejadi-jadinya😭.

Akhirnya saya dikompres serta minum obat penurun demam, selang waktu 2 hari akhirnya panas sudah turun dan rasa pusing sudah tidak terlalu terasa, namun pada hari ketiga malam harinya, tiba-tiba panas mulai kembali naik dan pusing mulai terasa kembali, kemudian syaa mengalami mimisan (keluar darah dari hidung) serta ada ruam bintik merah-merah pada kulit terutama bagian lengan.

DIBAWA KE KLINIK
Keesokan harinya saya dibawa ke klinik untuk diperiksa dan itu pada sore hari dimana saya lemas dan tidak kuat untuk berjalan lagi, mungkin sangat telat karena sudah 4 hari baru dibawa ke klinik untuk diperiksa.

Diklinik saya diperkirakan terkena DBD dan kemudian diambil sampel darahnya, dokter mengatakan untuk rawat inap satu hari dulu untuk diberi pengobatan(opname) serta menunggu hasil darahnya.

POSITIF DBD
Pada keesokan harinya lagi hasilnya pun keluar, dan itu pada sore hari, maklumlah lama karena dari klinik sampel darah dibawa ke Rumah sakit yang lebih besar. Dokter menyarankan ke ayah saya untuk membeli Trombosit, Trombosit adalah keping darah yang terdapat pada darah selain sel darah merah dan sel darah putih. Namun untuk membelinya tidaklah murah, dan Ayah saya tidak sanggup untuk membelinya.

Dokter akhirnya hanya melakukan perawatan saja diklinik dan sementara ayah saya membuat minuman dari angkak (sejenis biji-bijian merah seperti beras) dan jus jambu merah. Angkak dan Jambu inilah yang dipercaya dapat meningkatkan Trombosit dalam tubuh.

TERSIKSA MEMINUM ANGKAK
Mungkin kalau jaman sekarang orang-orang sudah bisa membeli trombosit yang ampuh dalam menyembuhkan DBD, namun ini berbeda dengan saya yang hanya bisa meminum rebusan angkak, rasanya tidak bisa dilupakan hingga sekarang, pahit dan pahang sekali. Bahkan saya hingga muntah beberapa kali karena meminum ini🤢, namun disiasati dengan mencampurkan jus jambu merah dengan angkak, jadi rasanya tidak terlalu dominan angkaknya, mungkin ini bisa jadi referensi untuk anda atau keluarga anda yang terkena DBD.

4 HARI DIRAWAT
Ketika menjalani rawat inap tubuh terasa lemas dan pusing, serta kejenuhan yang luar biasa, saya hanya ditemani oleh nenek sementara ayah dan ibu mencari nafkah, tapi saya sangat bersyukur memiliki nenek yang sangat perhatian, hingga 4 hari beliau menemani saya. Selain itu hanya dirawat diruang biasanya saja, tidak ada TV dan belum ada handphone apalagi gadget, saya hanya tidur dan tidur saja, diajak untuk keluar ruangan pun tidak sanggup karena sangat lemas.🤒

Kadang saya juga sedih karena tidak ada seorangpun yang menjenguk, bahkan dari teman-teman sekolah yang padahal saya ini adalah KMnya😢, dari saudara pun tidak ada yang menjenguk sama sekali, sedih memang tapi saya percaya mereka mendoakan yang terbaik dari sana😇.

Setelah 4 hari saya diperbolehkan untuk pulang, namun tidak langsung masuk sekolah karena masih dalam fase penyembuhan, jadi pusing dan lemasnya itu masih terasa hingga 3 hari. Jadi total dari awal gejala hingga sembuh kira-kira sekitar 3 mingguan, mungkin setiap orang berbeda fase penyembuhannya, yaa mungkin sangat wajar karena kala itu saya berusia 14th.

PENYEBAB
Setelah sembuh orang tua saya mengevaluasi apa yang sudah terjadi, ternyata pada waktu itu memang sedang musim DBD dan sementara kamar saya sangat tidak terawat dan kotor, terlebih saya sering tidur pada siang hari yang notabene nyamuk DBD itu aktif disiang hari, jadi kemungkinan hal itulah mengapa saya terjangkit virus DBD.


0 Komentar untuk "Pengalaman Sakit DBD (Demam Berdarah) dan Dirawat"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top