Biaya dan Persyaratan Membuat Surat Laporan Kehilangan Kepolisian

Kehilangan benda ataupun dokumen yang sangat penting memang sangat menyebalkan, misalnya kehilangan KTP, SIM ataupun kartu ATM, bukan masalah murahnya tapi cara mendapatkannya yang sangat panjang dan ribet. Misalnya KTP yang masa pembuatannya memakan waktu lama, harus ke desa kemudian Dinas Catatan Sipil dan juga harus membuat surat kehilangan dari kepolisian setempat, belum lagi kasus korupsi KTP yang tentunya masa pencetakannya lama sekali.

Saya sendiri kehilangan kartu ATM bank Mandiri, dan diminta laporan surat kehilangan dari kepolisian setempat, ahh ribet sekali, padahal dulu kehilangan ATM Maybank tidak dimintai laporan surat kehilangan dari kepolisian.
Contoh surat keterangan tanda laporan kehilangan

Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Polsek kecamatan untuk membuat surat laporan kehilangan. Sebelumnya saya dimintai persyaratannya terlebih dahulu.

PERSYARATAN PEMBUATAN SURAT LAPORAN KEHILANGAN DARI POLISI

  • KTP asli, jika kehilangan kartu Atm, SIM, KK, dsb
  • Buku tabungan, jika kehilangan kartu ATM
  • Fotokopi KTP dan kartu keluarga Asli, jika kehilangan KTP


Selanjutnya, polisi akan menanyakan pada tanggal berapa barang tersebut hilangnya dan perkiraan dimana hilangnya. Maka prosesnya selesai dan tidak memakan waktu lama (jika tidak mengantri).

BIAYA PEMBUATAN SURAT LAPORAN KEHILANGAN
Pada aturan undang-undang tentang biaya administrasi maupun pajak penghasilan dibidang kepolisian tidak mencantumkan bahwa Pembuatan surat kehilangan itu dikenai biaya, alias GRATIS.

Pembuatan yang dikenai biaya diantaranya, pembuatan SIM kendaraan, SKCK, pajak kendaraan progresif. Jadi jika ada yang meminta biaya sekian rupiah, dipastikan itu adalah pemerasan secara halus.

Jadi apakah saya tetap tidak bayar? yaa kita sebagai manusia pastinya hidup saling ketergantungan dengan orang lain dan  membutuhkan orang lain, jadi saya tanyakan saja kepada polisinya biayanya berapa, beliau menjawab 'berapa saja, tidak ada patokan'. Intinya sebagai uang terimakasih atau uang rokok mungkin. akhirnya saya beri saja uang Rp20rb. Setelah itu langsung pulang.

Tag : Info Menarik
0 Komentar untuk "Biaya dan Persyaratan Membuat Surat Laporan Kehilangan Kepolisian"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top