BAB I PENDAHULUAN | Perancangan Web Monitoring Siswa | Sistem Informasi | UBSI

Bab 1 Pendahuluan, perancangan berbasis web

BAB I
  PENDAHULUAN
                                      
1.1  Latar Belakang

Ditengah kemajuan teknologi yang semakin pesat, selain dampak positif yang diterima, banyak hal-hal negatif yang sangat berbahaya bagi anak-anak maupun remaja yang merupakan masa transisi untuk mencari identitas diri, sementara pengawasan dari orang tua semakin mengendur karena tuntunan ekonomi yang semakin berat. Untuk mengantisipasi pengaruh negatif tersebut, sekolah berbasis keagamaan menjadi pilihan alternatif bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya.

     Yayasan Pendidikan Miftahussalamah merupakan lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan, Penyampaian informasi kepada orang tua siswa serta komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua pun belum terstruktur dan masih kurang efektif. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas dan staff Tata Usaha Yayasan Pendidikan  Miftahussalamah , masih banyak kendala yang dialami dalam hal komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, yaitu menyampaikana informasi tentang nilai akademik siswa, serta informasi kesiswaan yang lain. Banyak orang tua siswa bertanya mengenai akademik siswa, yaitu menyampaikan informasi tentang nilai akademik siswa melalui pesan singkat secara pribadi kepada operator sekolah  atau wali kelasnya.


     Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Yayasan Pendidikan Miftahussalamah memiliki pemecahan masalah dengan membuat sistem informasi akademik secara online. Dengan sistem ini orang tua dapat dengan

mudah memantau (memonitoring) akademik siswa serta komunikasi antar pihak sekolah dan orang tua dapat terjalin dengan efektif dan efisien.

1.2 Tujuan dan manfaat

 Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah

1. Merancang program pada Yayasan Pendidikan Miftahussalamah sebagai sarana menyampaikan informasi dan komunikasi antar orang tua dan pihak sekolah dalam memantau nilai akademik siswa.

2. Mengimplementasikan program Yayasan Pendidikan Miftahussalamah orang tua siswa dapat memonitoring nilai akademik siswa, serta komunikasi antara pihak sekolah dengan orang  tua/wali siswa dapat dibangun dengan mudah serta lebih efektif.  Sedangkan tujuan penulisan Tugas Akhir adalah sebagai syarat kelulusan

Program Diploma Tiga (DIII) Program studi Sistem informasi di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). 

1.3 Metode Penelitian

Metode penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis, yaitu:

A. Metode pengembangan perangkat lunak 

Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model Waterfall yang terbagi menjadi lima tahap menurut Sukamto & Shalahuddin (2018:29), yaitu:



1. Requirement analysis and Definition
Pada tahap ini layanan, batasan dan tujuan sistem ditentkan dengan cara berkonsultasi dengan pengguna sistem. Hal ini didefiniskan secara detail dan dijadikan sebagai spesifikasi sistem.

2. System and Software Design
Pada tahap ini ditentukan arsitektur sistem secara keseluruhan. Software Design melibatkan proses identifikasi dan penggambaran abstraksi dasar dari perangkat lunak beserta hubungan nya. Hasilnya berupa diagram–diagram perancangan.

3. Implementation and Unit Testing
Pada tahap ini Software Design direalisasikan dalam bentuk program  atau unit program. Proses Unit Testing dilakukan untuk memastikan setiap modul sesuai dengan spesifikasi yang telah di tentukan.

4. Iitegration ang System Testing
Program unit yang telah dibuat kemudian disatukan dan di uji coba sebagai satu kesatuan sistem lengkap untuk memastikan spesifikasi sistem telah tercapai. Setelah di uji, sistem software diberikan kepada pengguna.

5. Operation and Maintenance
Sistem di pasang pada lingkungan yang sebenarnya. Proses Maintenence melibatkan perbaikan Error yang tidak ditemukan pada tahap sebelumnya. Selain itu pada tahap ini dilakukan peningkatan pada fitur dan pelayanan yang terdapat dalam sistem tersebut.

B. Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam melakukan pengumpulan data untuk menyusun Tugas Akhir adalah:

a. Observasi
Kegiatan observasi dilakukan di Yayasan Pendidikan Miftahussalamah pada Wali Siswa dan Tata Usaha yang merupakan bagian pengolah data akademik siswa.

b. Wawancara
Penulis melakukan wawancara dengan mendatangi Yayasan Pendidikan Miftahussalamah dan bertemu Ibu U Badriyah,S.Pd. Selaku Staff Tata Usaha  Yayasan Pendidikan Miftahussalamah untuk mengetahui tentang alur penginputan nilai , pengolahan nilai hingga penyusunan laporan hasil belajar siswa berupa rapot  yang nantinya akan diberikan kepada orang tua/wali siswa. Penulis telah menyusun beberapa pertanyaan yang digunakan dalam proses wawancara tanya jawab. Selain itu,  Penulis juga melakukan wawancara untuk mengetahui kendala-kendala dalam penyampaian laporan hasil belajar siswa kepada orang tua /wali siswa.

c. Studi Pustaka
Dalam proses pengumpulan data , selain dengan cara  observasi dan     wawancara penulis juga melakukan studi pustaka dengan mengumpulkan  informasi-informasi yang relevan deungan topik atau judul tugas Akhir. Informasi ini diambil dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, Karangan-karangan ilmiah dan sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lainnya.

1.4      Ruang Lingkup

Alur Tugas Akhir ini dimulai dari pengolahan master data.

a. Prosedur Pengumpulan data

Admin mengumpulkan semua data yang dibutuhkan untuk memonitoring siswa, seperti data siswa yang diambil dari penerimaan siswa, data nilai dan kelas dari wali kelas serta data guru yang diambil dari pusat informasi guru

b. Prosedur Penginputan Data

Admin melakukan pencatatan data ke buku yang telah disediakan, data yang harus dicatat meliputi data siswa, data guru, data kelas dan data nilai. Data siswa terbagi menjadi 2 data yakni, data pribadi dan data akademik. Penginputan data Pribadi siswa meliputi NISN, Nama siswa, tempat dan tanggal lahir, agama, data nama orang tua, alamat rumah dan nomor telepon. Sedangkan data akademik meliputi Kelas, semester dan tahun ajaran. Penginputan data guru dimulai dari input NUPTK (nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan), nama guru, Tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, wali kelas, mata pelajaran, dan status. Data nilai meliputi Mata pelajaran, KKM, Nilai UTS, Nilai UAS dan Grade.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "BAB I PENDAHULUAN | Perancangan Web Monitoring Siswa | Sistem Informasi | UBSI"

 
Template By Kunci Dunia