Lebih Baik Bekerja dengan Orang yang Bisa Menghargai

Adaptasi pada lingkungan baru di perusahaan membuat kita harus semakin peka dengan keadaan orang orang didalamnya, bagaimana kondisi dan kebiasaannya. Saya yang sudah bekerja di beberapa perusahaan, boleh dibilang tidak sulit untuk beradaptasi dengan sesama pekerja lainnya.

Bagi saya yang introvert, butuh pengenalan sekitar beberapa minggu dan butuh tiga bulan lebih untuk benar benar tahu bagaimana sifatnya. Saya lebih dekat dengan orang yang bisa menghargai, dengan mereka menghargai keberadaan saya, artinya saya juga tidak sungkan untuk menghargainya juga.

PERNAH TIDAK DI HARGAI

Setelah beberapa tahun bekerja dan tahu bagaimana kondisi bekerja di sebuah perusahaan, ada dimana saya bekerja sebagai staff di perusahaan yang memproduksi sepatu merk terkenal. Pada awal masuk untuk bekerja, seperti biasa saya yang memang introvert tidak terlalu banyak bicara, saya akan berbicara jika memang itu diperlukan.


Namun, untuk menjalin keeratan sesama partner kerja apalagi satu departemen, saya mulai beradaptasi dengan cara mereka bekerja, berbicara hingga bercanda untuk sekedar menghilangkan rasa tertekan karena pekerjaan.

Hingga suatu ketika mereka tahu bagaimana kekurangan saya, mereka tidak sungkan mengolok ngolok yang memang itu bukan seharusnya. Saya sangat terbuka dengan candaan, namun tidak untuk body shaming, jujur itu membuat saya agak jengkel.

Bahkan atasan langsung (manager) pun melakukan hal yang sama, itu semua membuat saya menjadi muak berada di departemen ini, terlebih mereka yang mengolok olok tidak terlalu dekat dengan saya, “siapa elu, kenal deket juga nggak, seenaknya berkata body shaming” mungkin itu perkataan yang ada di dalam hati ketika mereka berkata yang tidak sepantasnya di depan saya.

Satu departmen yang berjumlah hanya sekitar enam belas orang, hanya beberapa orang yang bisa menghargai saya secara fisik, mungkin kurang dari lima orang. Mereka yang memang tidak bisa menghargai saya, biasanya tidak ingin terlalu dekat dengan saya, karena keadaan dan kekurangan saya di mata mereka.

BEKERJA DENGAN ORANG YANG MENYEBALKAN

Semakin hari, rasanya saya tidak sanggup lagi dengan sifat dan tingkah laku mereka yang seakan tidak sudi saya bekerjasama dengan mereka, istilah kasarnya “mereka tidak suka saya berada di departmen ini”.

Padahal bekerja dalam satu department sangat erat kaitannya dengan kenyamanan, tanpa kenyamanan antar sesama pekerja, rasanya kerja juga tidak bersemangat, karena ada seseorang yang tidak kita sukai atau sebaliknya.

Akhirnya saya mengundurkan diri dari pada bekerja tidak nyaman dengan orang orangnya, bagi saya kenyamanan sesama pekerja itu membuat bekerja menjadi lebih ringan, saling membantu, bukan saling menjatuhkan. Sejujurnya selama bekerja di beberapa perusahaan, baru kali ini saya menemukan orang orang seperti mereka yang begitu teganya berbuat seperti itu.

Alhamdullilah sekarang sudah bekerja di perusahaan lain, dan mereka sangat welcome dengan saya terutama kekurangan saya.


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Lebih Baik Bekerja dengan Orang yang Bisa Menghargai"

 
Template By Kunci Dunia