Pengalaman Beli Komputer Rakitan | Komputer High End Level Dewa

Memiliki sebuah komputer adalah impian saya semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. Tepatnya pada kelas empat sekolah dasar ingin sekali rasanya memiliki komputer, padahal kurang suka games, tapi saya sangat ingin belajar terutama di bagian desain grafisnya.

Takdir berkata lain, setelah umur dua puluh tiga tahun, saya baru bisa memiliki komputer yang di impikan dengan hasil kerja keras sendiri, tidak tanggung-tanggung membeli hardware, perkiraan sebelum membeli yaa paling habis sekitar IDR8jutaan, ternyata demi merakit sebuah komputer high end lumayan menguras kantong, yakni IDR12jutaan uang saya gelontorkan.

PERSIAPAN SEBELUM MEMBELI KOMPUTER RAKITAN
Komputer rakitan berbeda dengan komputer Built Up (pabrikan), komputer built up memiliki komponen hardware yang sudah ditentukan oleh pabrikan, maka tidak bisa diubah sama sekali sewaktu pembelian, kecuali anda membongkarnya sendiri.

Berbeda dengan komputer rakitan yang bisa semau kita susun dengan membeli part secara terpisah, semuanya bisa disesuaikan dengan jenis hardware yang digunakan dan tentunya budget.

Sebelum membeli komputer rakitan, kurang lebih satu bulan saya habiskan dengan membaca tips-tips membeli komputer rakitan di internet dan juga survey langsung ke toko-toko. Saya mencari merk serta tipe seperti apa komponen hardware yang dibutuhkan untuk komputer multimedia high end.

KOMPUTER RAKITAN GAMING ATAU MULTIMEDIA?
Saya bisa mengambil kesimpulan bahwa komponen terpenting komputer rakitan ada pada beberapa hardware yang menunjang kinerja komputer. Itu semua tergantung si pemilik komputer, digunakan untuk bermain games (komputer gaming) atau untuk multimedia (desain grafis).

Saya yang tertarik dengan multimedia desain grafis seperti Photoshop, Adobe Premier, AutoCad dan lain-lain, tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, apalagi untuk gaming yang membutuhkan grafik yang bagus.

Pada dasarnya baik itu komputer gaming ataupun multimedia memiliki spek yang hampir sama, jika game yang digunakan ialah game dengan grafik yang tinggi, maka VGA high end ialah solusinya, sama halnya dengan software multimedia pembuatan desain 3D, harus menggunakan VGA yang tinggi pula.

Jadi, setelah googling saya dapat simpulkan bahwa komponen penting itu adalah ;

Prosessor
Saya memilih prosessor Intel Corei5 3470 3.2Gz , awalnya ingin membeli Corei7, namun karena alasan budget, alhasil Corei-53470  pun dirasa sudah cukup. Jika anda seorang gamers, maka prosessor AMD lebih disarankan, karena memang AMD dikhususkan untuk gaming.

Mainboard
Saya membeli mainboard Asus H61M-K dengan harga IDR1,2jutaan. Mainboard merupakan komponen penting dalam sebuah komputer, bahkan ini merupakan opsi pertama yang harus ditentukan sebelum membeli komponen lainnya.

VGA
Komponen yang langka merupakan VGA, saya pernah survey hingga ke ITC Mangga dua jakarta, padahal rumah berada di karawang. Mencari VGA dengan kisaran harga IDR2,5jutaan ternyata sulit, di semua toko soldout, ramai sekali pembeli komponen komputer disana, padahal waktu menunjukan pukul 10 pagi.

Memang mayoritas dari mereka ialah gamers, dan yang tersisa jenis VGA dengan harga IDR7juta hingga IDR12jutaan. Alhasil saya pulang dengan lemas dan kecewa. Namun akhirnya saya menemukan VGA jenis NVIDIA Geforce GTX 1050 dengan harga IDR2.450K di karawang yang kualitasnya sudah sangat mumpuni untuk membangun komputer high end.

RAM
RAM juga berpengaruh terhadap kinerja komputer, saya menggunakan RAM VGEN 8GB yang dibeli seharga IDR1jutaan, saya sengaja membeli satu slot 8GB agar nantinya bisa menambah satu slot lagi jika sudah ada biaya.

SSD
Solid State Drive berbeda dengan HDD, SSD lebih baik dalam hal kinerja penyimpanan data pada komputer, SSD saya menggunakan 120GB (IDR850K) yang di terapkan pada local C. SSD dapat menginstal software dengan cepat dan baik dibandingkan HDD, namun untuk penyimpanan dokumen biasa seperti foto, video dan lain-lain, saya menggunakan HDD 1TB dengan harga IDR800K.

Saya rasa SSD 120GB sudah sangat cukup, terlebih saya jarang menginstal software yang kurang penting, mungkin jika anda gamers membutuhkan SSD yang lebih besar lagi.

Power Supply
Hal yang terpenting lagi ialah power supply yang digunakan, percuma saja jika komponen seperti RAM, VGA ataupun prosessor yang sudah memiliki spek tinggi, namun memiliki komponen PS yang amat rendah, kemungkinan arus listrik yang mengalir tidak sesuai dengan masukan-keluaran yang diterima komputer, maka kemungkinan besar komponen inti akan lebih cepat rusak.

Saya diceramahi oleh pemilik toko komputernya sendiri, jadi itu bukan pendapat saya. Oleh karenanya dibelilah Power Supply merk Gigabyte Hexa 500w dengan harga IDR700K.

Casing CPU
Casing atau pelindung CPU amatlah penting untuk melindungi komponen inti, pilihlah casing dengan ukuran besar serta ventilasi yang cukup, saya memilih casing Gaming Armagedon V1X dengan harga IDR330K

Komponen penunjang lainnya
Setelah kita tahu komponen terpenting dalam membuat komputer rakitan dewa, maka selanjutnya komponen penunjang yang dibutuhkan, saya tidak terlalu membeli komponen ini dengan harga tinggi, karena memang bukanlah komponen inti.

Diantaranya ialah HDD, monitor,  keyboard, USB Wifi dan lain-lainnya. Mungkin komponen ini disesuaikan dengan untuk apa komputer digunakan, jika untuk gaming tentu harus membeli monitor dan keyboard khusus gaming. Tapi jika untuk multimedia menggunakan komponen standar pun sudah cukup.

MEMBELI KOMPUTER RAKITAN
Setelah ke jakarta untuk membeli komputer rakitan, namun gagal karena budget yang diperlukan ternyata sekitar IDR20jutaan, al hasil saya mencarinya di kota sendiri (Karawang).

Di Karawang sendiri saya telah survey kebeberapa tempat kecuali mall, mengapa tidak ke mall? ya tentu saja harga akan sangat jauh berbeda, lebih mahal. Toko yang saya kunjungi yang menjual komputer rakitan dengan spek sesuai budget.

Hampir 6 toko sudah dikunjungi, namun VGA yang saya cari tidak ada, padahal itu adalah komponen terpentingnya, mereka hanya memiliki VGA standar saja.

Toko terakhir menjadi pilihan mantap, Toko HY Komputer karawang menerima jasa merakit komputer, namun VGA-nya juga ternyata kosong , mereka menawarkan untuk menunggu sekitar satu minggu untuk inden VGA. Okelah saya menyetujuinya, dari pada tidak sama sekali.

Saya yang newby dalam hal memilih jenis komponen komputer, berbincang terlebih dahulu dengan karyawan disana, mereka menyarankan yang terbaik, tentu saja yang terbaik pasti memiliki harga yang baik juga.
Baca Juga : Toko Komputer Terbaik di Karawang

SAATNYA MERAKIT KOMPUTER
Saya yang belum pernah membuka CPU apalagi merakit, menyerahkan semuanya pada toko, walaupun dikenai biaya jasa, ini menjadi pilihan yang terbaik, yaa dari pada komputer meledak saat saya nyalakan sesuai di rakit, hehe.

Biaya perakitan sendiri sanat terjangkau, sekitar IDR150K, namun jika anda sudah berpengalaman, tidak ada salahnya untuk merakit sendiri untuk menghemat budget.


Saya menggunakan monitor merk LG 22 inch, karena bukan untuk gaming, saya rasa ini sudah amat cukup. Keyboard saya pilih Logitech, kenyamanan mengetik adalah hal utama, apalagi saya seorang author blog. Hardware penunjang lainnya seperti speaker, saya pilih Simbadda yang sudah jelas memiliki suara yang jernih.

casing CPU gaming, saya memilih ini karena sirkulasi udaranya sangat bagus, membuat komputer tidak cepat panas
Power supply FSP
Motherboard Asus merupakan motherboard yang terbaik menurut saya, jika anda menggunakan Operating system Windows maka ASUS bisa jadi referensi.

Struk Pembelian Komputer Rakitan, IDR10juta komponen komputer mulai dari CPU, keyboard dan USB Wifi, Saya menambah monitor dan sound speaker dengan budget IDR2jutaan, total IDR12jutaan

Baca Juga : Toko Komputer Terbaik di Karawang
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengalaman Beli Komputer Rakitan | Komputer High End Level Dewa"

 
Template By Kunci Dunia