Proses Penambalan Gigi Berlubang sakit? | Gigi di Bor

Gigi berlubang menjadi masalah hampir sebagian orang, apalagi bagi mereka yang bahkan belum pernah memeriksakannya ke dokter. Saya sudah mengalami gigi berlubang (karies gigi) sejak sekolah menengah atas, mungkin sekitar kelas satu.

Semakin lama gigi yang berlubang semakin membesar dan terkadang terasa sakit, akhirnya saya memberanikan diri pergi ke dokter gigi, walaupun hati tidak menginginkannya. Pergi ke dokter gigi saat sudah mulai bekerja, sekitar umur 20 tahun, itu waktu yang lama semenjak pertama kali gigi berlubang.

MEMERIKSAKAN DIRI KE DOKTER GIGI
Menurut dokter gigi yang memeriksa, sebenarnya saya sudah telat untuk memeriksakan diri, terkait karies gigi yang sudah parah, namun masih bisa diatasi.

Saya baru pertama kali pergi ke dokter gigi pada saat gusi sangat amat terasa sakit, bahkan tidak bisa tidur jika malam harinya kambuh. Awalnya gigi ingin di cabut, karena sudah sangat tidak nyaman dengan adanya gigi berlubang ini.

Dokter menyarankan untuk di tambal, karena sangat sayang sekali jika umur masih muda gigi sudah ada yang di cabut, apalagi ini gigi geraham terakhir, dan pastinya tidak akan tumbuh kembali sesuai di cabut. Walaupun lubangnya besar, namun akar gigi masih sangat kuat, bahkan belum menyentuh syaraf gigi, jadi sangat aman jika di tambal.

Akhirnya saya menuruti saran dari dokter, dia dokter dan pasti itulah saran yang terbaik untuk pasiennya. Mesin bor gigi pun dinyalakan.

PROSES PENGEBORAN GIGI
Proses pengeboran gigi dimaksudkan untuk membersihkan karang gigi diarea karies, hal ini agar gigi yang akan di tambal terbebas dari kuman dan bakteri, pengeboran boleh dikatakan proses sterilisasi gigi.

Jika gigi tidak di bersihkan dengan di bor, maka kuman dan bakteri akan menggerus gigi dari bagian dalam, boleh saja gigi tampak bagus dari luar setelah di tambal, namun di dalamnya rusak karena bakteri.

APAKAH SAKIT DI BOR?
Menurut pengalaman saya yang sudah beberapa kali melakukan penambalan gigi, bahkan belasan kali. Saat gigi di bersihkan dengan bor, tidak terasa sakit, namun hanya ngilu yang dirasakan.

Dokter akan menghentikan pengeboran jika pasiennya merasakan sakit secara mendadak, pasien cukup mengangkat tangan sebagai tanda bahwa gigi terasa sakit, jika terasa ngilu dokter akan melanjutkan, karena ngilu pada saat pengeboran itu hal yang wajar.

Namun, ayah saya pernah memeriksakan diri ke dokter gigi untuk melakukan penambalan gigi, dia tampak kesal setelah diperiksa, pada saat pengeboran berlangsung tiba-tiba merasakan sakit yang luar biasa, bahkan sampai terhentak. Dokter giginya memang masih muda, mungkin baru beberapa tahun menjalankan praktek, mungkin saja pada saat pengeboran terlalu dalam sehingga menyentuh Pulpa (bagian syaraf gigi).

Ada baiknya jika memang anda pertama kali ingin melakukan penambalan gigi, agar memilih dokter gigi yang sudah berpengalaman, karena jam terbang itu sangat penting dan terhindar dari kesalahan apalagi mal praktek.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Proses Penambalan Gigi Berlubang sakit? | Gigi di Bor"

 
Template By Kunci Dunia