Agar Revisi Tugas Akhir/Skripsi Cepat Selesai

Menyelesaikan skripsi maupun tugas akhir memang butuh waktu dan konsentrasi penuh. Bahkan saya yang pernah menghadapi tugas akhirpun harus merelakan pekerjaan dan lebih memilih fokus untuk kuliah.

Hal yang membuat repot adalah bagaimana menyesuaikan jadwal dosen pembimbing, walaupun sudah dijadwalkan oleh pihak kampus, ada saja dosen pembimbing yang menjadwal ulang semaunya.

Namun semua itu tidak menyulitkan saya agar tetap mendapatkan hasil revisi dari pembimbing, oleh karena itu saya mengikuti nasehat dosen yang pernah menjadi wali kelas, beliau menasehati beberapa tips agar tugas akhir/skripsi cepat selesai, khususnya tidak banyak mendapatkan revisi ulang.

1. Jangan terfokus pada BAB Teori
Bab yang menjelaskan teori biasanya terdapat pada Bab II, teori yang dikutip baik itu dari buku maupun laman daring terlalu memakan waktu lama, apalagi jika anda tidak cepat mengetik.

Saya lebih memilih fokus ke Bab 3 atau 4 yang berisi ISI UTAMA dari sebuah tugas akhir, biasanya pada Bab inilah akan lebih banyak catatan revisi dari dosen pembimbing.

Ketika mahasiswa lain sedang mengerjakan Bab 2, maka saya fokus mengerjakan Bab 3/4. Pada unumnya Bab 2 hanya ada sedikit revisi atau bahkan sama sekali tidak ada revisi, mengingat hanya mengutip tulisan.

Di waktu inilah dosen pembimbing tidak terlalu sibuk memeriksa skripsi mahasiswanya. Ketika mahasiswa lain sibuk mengutip, bahkan hingga berminggu minggu, sementara saya menyerahkan Bab 3, dengan hal ini dosen akan lebih fokus kepada tugas yang saya kerjakan.

Disaat mahasiwa lain sedang pusing pusingnga mengerjakan Bab inti, saya bisa bersantai dengan mengerjakan Bab teori.

2. Mengerjakan 2 pembahasan sekaligus
Maksudnya adalah ketika anda menyerahkan Bab 1 kepada dosen pembimbing, dan pada pertemuan selanjutnya hasil pemeriksaan selesai. Setelah menerima hasil Bab 1, maka anda sembari menyerahkan Bab 2.

Hal ini lebih efisien waktu dari pada menyelesaikan revisi hasil pemeriksaan hingga benar-benar approve. Ketika anda selesai revisi Bab 1 dan kemudian diserahkan kembali ke dosen, maka hasil revisi Bab 2 pun segera anda ambil dari dosen tersebut, lakukan terus menerus, jangan sampai ada celah waktu.

Pemeriksaan oleh dosen pembimbing terkadang bisa sampai berhari-hari, bahkan lebih dari seminggu, mengingat banyaknya mahasiswa yang mengajukan pemeriksaan serta revisi. Oleh karenanya cara kedua ini cukup efektif agar skripsi atau tugas akhir anda cepat selesai.



Share this article :
+
0 Komentar untuk "Agar Revisi Tugas Akhir/Skripsi Cepat Selesai"

 
Template By Kunci Dunia