Review Buku AutoCad 2018 Pemula Hingga Menjadi Profesional | Mhd Daud Pinem

Saya yang memiliki background kuliah di jurusan Manajemen Informatika sangat kaget juga bersemangat ketika akan di mutasi ke bagian Produksi Engineering. Kaget karena saya bahkan tidak ada pengalaman terkait bidang teknik industri, bersemangat karena saya senang jika mencoba hal yang baru.

Manager yang mengajukan saya ke departemennya pun tidak mempermasalahkan itu, karena saya sudah paham seluk beluk perusahaan seperti mengenai masalah mesin, produk dan lingkungannya.

Namun, saya harus belajar membuat gambar teknik 2D ataupun 3D. Saya yang tidak memiliki basic software AutoCad tentunya kebingungan, sempat ingin belajar di kursus komputer, tapi saat itu sedang ada pandemi Covid19 yang membuat tempat kursus banyak yang tutup.

Akhirnya saya ingin belajar otodidak dengan membeli buku di Gramedia, saya mencari buku sesuai dengan software yang sudah di instal di komputer, yaitu Software AutoCad Autodesk 2021.

Akhirnya saya menemukan buku karya Mhd Daud Pinem dengan judul “Menjadi desainer profesional Autocad 2018”. Walaupun versinya jauh tertinggal dengan versi yang saya instal, tentu tidak akan terpengaruh, bahkan di versi 2021 lebih lengkap.

ISI BUKU 
Buku ini memiliki kurang lebih 680 halaman, yang mana terdapat 6 Bab pembahasan. Awalnya saya seperti pesimis bisa menyelesaikan buku ini dengan cepat, namun akhirnya saya bisa mempelajarinya hingga akhir.
Cover depan buku

Cover belakang


Berikut adalah pembahasan berdasarkan Bab nya :
  • Aplikasi perintah sistem koordinat
  • Aplikasi dasar menggambar 2D
  • Menggambar 2D dengan Osnap
  • Menggambar 2D dengan Edit
  • Menggambar 3D sederhana
  • Menggambar 3D kompleks

REVIEW BUKU
Saya yang tidak ada basic menggunakan software Autocad, akhinya saya mulai paham dengan perintah perintah dasar serta logika dalam pembuatan gambar sehuah benda.

Saya menghabiskan waktu 1,5 bulan untuk menyelesaikan buku ini sampai benar benar paham dan selesai latihan soal mandirinya. Saya bahkan tidak mau berpindah halaman jika ada yang tidak paham, atau ada latihan soal yang belum terpecahkan, rasa penasaran ini sangat kuat.

Pada bagian perkenalan koordinat adalah hal yang paling sulit, saya bahkan butuh seminggu untuk memahami koordinat XYZ serta derajatnya.
Berikut contoh pembuatan koordinat garis, bahkan saya sampai menghitungnya sendiri. Karena jika pada bagian ini tidak paham, maka pada bagian selanjutnya akan lebih sulit.

Penyanpaian tulisan pun langsung pada intinya, 90% membahas soal latihan juga praktik, bahkan penjelasan mengenai tool pun hanya singkat sekali.
Contoh latihan soal pada pembuatan gambar 2D, pembahasannya sangat detail, bahkan terdapat gambar pada setiap langkah langkahnya.

Contoh Bab pembahasan gambar 3D sederhana, sejujurnya saya lebih mudah memahami gambar 3D dibandingkan 2D, bahkan lebih mudah

Bab 3D kompleks membuat gambar dengan kesulitan profesional, biasanya gambar yang dibuat pada latihan soal ialah benda benda yang sering ditemui pada mesin-mesin.

Hasil latihan soal

Hasil Latihan Soal gambar 3D

PENILAIAN PRIBADI
Menurut saya buku ini sangat cocok untuk pemula seperti saya yang bahkan tidak memiliki basic sama sekali dalam bidang teknik industri, khususnya software AutoCad.

Dengan latihan soal yang sangat banyak, saya menjadi memahami bagaimana logika pembuatan gambar. Sama halnya jika anda terbiasa dengan software desain grafis Adobe Illustrator atau CorelDraw, saya sangat yakin akan jauh lebih mudah memahaminya dibandingkan dengan seorang yang belum pernah mendesain gambar. Namun bukan artinya mereka yang belum pernah mendesain gambar akan kesulitan belajar AutoCad.

Saya beri nilai 8,5/10 untuk Buku ini, kekurangan pada buku ini ialah masih banyak sekali baik itu tool 2D dan 3D yang tidak dijelaskan di buku, jadi mungkin judulnya seharusnya bukan “menjadi Profesional” melainkan “semi profesional”, yaa kurang lebih begitu.

Saya harap buku ini dibuatkan jilid-2 nya, pastinya pemahaman akan semakin dalam, jadi saya tunggu pak Daud rilis buku ke-2 nya, hehe.

KESIMPULAN
Anda tidak ada basic sama sekali mengenai AutoCad, maka buku ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin sungguh sungguh belajar secara otodidak. Buku ini merupakan buku paling tebal diantara buku yang lainnya yang membahas tutor AutoCad di Gramedia, artinya buku ini lebih lengkap dan detail.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Review Buku AutoCad 2018 Pemula Hingga Menjadi Profesional | Mhd Daud Pinem"

 
Template By Kunci Dunia