Saya Lakukan Ini Agar Tetap Semangat Membuat Tulisan di Blog

Pertama kali membuat artikel di blog pada tahun 2009, yaa saat itulah saya mulai mengenal platform blogger. Tujuan awalnya membuat blog hanya untuk menyalin tugas sekolah agar tidak hilang, maklum pada zaman sekolah laptop sering kena virus akibat sering dipinjam dan di colok flashdisk.

Seiring berjalannya waktu saya mulai giat menulis di blog, konten apapun ditulis dan di publikasikan. Hingga akhirnya bisa di monetisasi adsense pada tahun 2012.

Puncak penayangan blog saya yakni pada tahun 2015-2018, kala itu saldo adsense bisa payout perdua bulan sekali.

Namun pada tahun 2019 hingga saat ini, penayangan semakin turun dan penghasilan adsense turun drastis. Hal ini membuat saya malas membuat tulisan di blog, akhirnya sempat vakum selama lima bulan.



KEMBALI BERSEMANGAT
Turunnya pengunjung blog kemungkinan besar karena konten yang saya buat kurang bagus, mungkin dari segi penulisan ataupun kelengkapan informasi yang diberikan.

Dulu, ketika masih berjaya dengan banyaknya pengunjung blog, setiap kali membuat postingan selalu ala kadarnya, dan ingin sekali cepat-cepat dipublikasikan.

Akhirnya dari masalah itu saya sadar bahwa itu merupakan kesalahan terbesar saya, yaa saya menulis tidak dengan hati

Akhirnya di awal tahun 2020 ini, saya mulai aktif kembali mengisi kekosongan waktu dengan menulis di blog ini. Seperti biasanya saya menulis hal apapun, seperti pengalaman hidup hingga tutorial-tutorial.

Namun kali ini berbeda, saya melakukan hal berbeda agar semangat menulis.

1. Menulis dengan Hati
Menulis dengan hati sejujurnya lebih mengasyikan dari pada menulis dengan mengharapkan imbalan adsense. Rasanya menulis pun tidak terburu-buru, bahkan satu artikel yang dibuat bisa memakan waktu berhari-hari.

Saya bisa lebih berimajinasi serta berpikir luas jika hati telah berkata dan mengekspresikannya melalui tulisan. Hal ini lah yang membuat saya percaya diri bahwa tulisan saya disukai oleh pembaca.

2. Tulis Apapun
Blog dengan tema campuran seperti saya ini rasanya tidak terpaku dengan tema yang sudah di tentukan, saya  bebas menulis apapun yang diinginkan, bahkan saya membagikan foto-foto kenangan.

Walaupun dari segi SEO blog sangat tidak direkomendasikan, namun saya lebih tersiksa jika harus menulis yang harus terpaku pada tema-tema tertentu.

Ide yang didapatkan pun dari kehidupan sehari hari, misalnya pernah ke suatu tempat untuk berlibur, maka bisa dijadikan bahan tulisan. Atau pengalaman hidup pun bisa menjadi bahan tulisan yang bagus.

3. Jika ada Ide Konten, Langsung Tulis
Ketika saya pulang dari memperpanjang masa berlaku STNK kendaraan, ide pun muncul. Saya membuat artikel persyaratan memperpanjang STNK atau Prosedur Perpanjangan STNK di Samsat. Nah, biasanya saya tulis judulnya saja dipostingan, kemudian di simpan sebagai draft, jika suatu saat ada waktu luang untuk menulis, maka draft itulah yang menjadi bahan tulisan.

Terkadang sering sekali bingung jika sudah membuka blogger tapi tidak ada ide untuk menulis apa, oleh karena itu draft post sangat membantu saya dalam menulis konten.




Share this article :
+
0 Komentar untuk "Saya Lakukan Ini Agar Tetap Semangat Membuat Tulisan di Blog"

 
Template By Kunci Dunia