Pengalaman Buka Usaha dari Franchise Untuk Pertama Kalinya

 Franchise merupakan salah satu bidang usaha yang saat ini sedang naik daun, dengan Franchise seseorang tak sepenuhnya memikirkan bagaimana cara menjalani usahanya, karena sudah ada SOP.

Franchise pun banyak jenisnya, ada di bidang makanan dan minuman, ritel hingga logistik. selain itu harganya pun bermacam-macam, ada yang hanya modal sekitar 2jutaan hingga milyaran.

AWAL MENGENAL FRANCHISE

Saya mengenal istilah Franchise dari seorang teman yang dulu dia juga pernah bekerja di outlet franchise juga, salah satu merk minuman yang lumayan terkenal.

Akhirnya saya pun mencari tahu apa itu franchise serta bisnis apa saja yang termasuk Franchise, dan ada rencana untuk mencoba bisnis ini.

PEMILIHAN FRANCHISE

Pemilihan Franchise menjadi salah satu acuan bagaimana cara kita mengatur dan menjalani bisnis kedepanya. Pemilihan ini pun tidak asal-asalan, bisa disimpulkan pemilihan berdasarkan poin berikut 

- Nama Franchise : Bagaimana branding nama Franchise tersebut di kalangan masyarakat, sudah terkenal atau belum

- Paket yang di sediakan : ini menjadi tolak ukur penting dalam pemilihan Franchise, jika ada beberapa paket maka bisa menyesuaikan sesuai budget yang diinginkan.

- Harga : Setiap Franchise memiliki tingkatan tersendiri, harga dengan kalangan menengah kebawah, menengah keatas dan kalangan atas.

Baca Juga : Hal Yang Harus Disiapkan Jika Buka Franchise Minuman/Makanan | Pengalaman

Saya ditawari teman dengan beberapa merk Franchise mulai dari harga Rp3jutaan hingga belasan juta, yaa karena budget saya yang tidak seberapa besar dan untuk permulaan bisnis rasanya tidak perlu mengambil harga yang mahal.

Akhirnya saya memilih Franchise dengan harga sekitar Rp10jutaan.

MENCARI PENJAGA OUTLET

Sebenarnya tidak perlu juga mencari karyawan untuk menjaga outlet kita, namun karena pekerjaan utama di kantor, mau tidak mau harus mencari pekerja yang bisa melayani pelanggan nantinya.

Kebetulan teman saya ini pernah menjadi bartender, waiter dan sebagainya dibidang yang sama, dan kebetulan juga sedang menganggur, maka saya ajak untuk bekerjasama membangun bisnis ini.

SISTEM BAGI HASIL

Franchise yang saya beli ini termasuk golongan menengah kebawah, jadi tidak ada sistem bagi hasil antara mitra yang yang memiliki merk Franchise (Free-royalty). Semua keuntungan milik mitra.

Dan untuk bagi hasil dengan teman saya yang join dibisnis ini adalah 50%:50%, dimana saya sebagai owner pemegang modal 100% dan kepemilikan aset.

SEWA TEMPAT

Tempat menjadi poin paling penting dalam  menjalani bisnis Franchise, salah memilih tempat bisa menjadi pemicu kegagalan. saya survey selama satu minggu untuk mendapatkan tempat yang sesuai, mulai dari depan perumahan, ruko-ruko hingga jalan perniagaan.

Saya datangi selama beberapa hari baik itu siang atau malam hari bagaimana keramaian daerah tersebut, bahkan bertanya ke penjual dipinggir ruko tersebut.

Akhirnya saya mendapatkan tempat di depan perumahan yang ramai sekali, apalagi jika sabtu-minggu. Walaupun ruko semi permanen, setidaknya dicoba terlebih dahulu. Saat itu harganya 10jutaan/tahun.

PERLENGKAPAN

Tahap akhir sebelum membuka kedai mniuman ini, saya melengkapi beberapa kekurangan untuk kebutuhan penjualan nantinya, karena tidak semua peralatan disediakan oleh pihak pemilik Franchise, misalnya peralatan masak, bahan baku hingga dekorasi penunjang tampilan kedai.

IKHTIAR DAN DOA

Yang tak kalah pentingnya dari semua bisnis yang akan dijalani ialah doa dan usaha, bagaimana semuanya kita serahkan kepada yang maha kuasa. 

Baca Juga : Hal Yang Harus Disiapkan Jika Buka Franchise Minuman/Makanan | Pengalaman

Mengawali bisnis kita tak pernah tahu kedepannya, sepi atau ramainya pengunjung itu tergantung kita untuk menyikapinya, menyerah atau bersi keras bangkit dari kegagalan. Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan yang mengirinya, dari kegagalan tersebut kita akan tahu dimana letak kesalahannya, dan kita takkan jatuh kedalam lubang yang sama.

DOKUMENTASI





Kondisi outlet pda saat pertama kali buka


Kondisi outlet setelah 6 bulan

Baca Juga : Hal Yang Harus Disiapkan Jika Buka Franchise Minuman/Makanan | Pengalaman

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengalaman Buka Usaha dari Franchise Untuk Pertama Kalinya"

 
Template By Kunci Dunia