Hal Yang Harus Disiapkan Jika Buka Franchise Minuman/Makanan | Pengalaman

 Franchise merupakan salah satu bisnis yang saat ini mulai menjamur, bisnis ini boleh dikatakan lebih mudah bagi seseorang yang ingin memulai atau merintis usaha dari nol.

Harga  Franchise pun bermacam-macam, mulai dari harga murah sekitar 3jutaan hingga ratusan juta, ini tergantung dari budget dan kemampuan anda dalam berbisnis. namun, bagi anda yang masih pemula dan ingin mencoba bisnis  Franchise lebih disarankan memilih harga yang tidak terlalu tinggi, hal ini menghindari resiko kegagalan dalam berbisnis.

Saya yang hingga saat ini hampir satu tahun bergelut dalam usaha  Franchise, kini mulai mengerti sedikit demi sedikit tentang persaingan bisnis, nulai dari harga yang diterapkan, memilih tempat yang strategis dan mengatur pemasukan hingga pengeluaran.

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman mengenai bisnis  Franchise untuk anda yang ingin memulai usaha.

1. NIAT DAN TEKAD

Usaha Tanpa niat dan tekad itu seperti anda mengaruhi lautan dengan perahu kecil tanpa dayung, dimana akan terombang-ambing di tengah lautan. Begitupun di dalam dunia bisnis, bukan hanya sekedar mencoba-coba, namun di niatkan bahwa saya akan menjalani usaha tanpa putus asa atau menyerah. Tekad diperlukan sebagai tindakan nyata bahwa akan memulai usaha.

Di dalam poin ini, seseorang yang akan memulai usaha harus menerima resiko apapun yang terjadi, termasuk kegagalan. Jika seseorang yang sudah memiliki niat dan tekad yang kuat, berapapun kegagalan yang terjadi, tidak akan menyurutkan niatnya untuk menjadi pengusaha.

jadi, mulailah berfikir sejenak, untuk apa anda menjalani usaha ini.

Baca JugaPengalaman Buka Usaha dari Franchise Untuk Pertama Kalinya

2. ESTIMASI BUDGET

Dalam berbisnis modal awal merupakan hal yang mempengaruhi segalanya, dalam kasus ini untuk pertama kalinya anda membuka bisnis, maka harus diperhitungkan segalanya. Misalnya jika bisnis  Franchise ini dijalani oleh beberapa karyawan, maka perlu ada estimasi hitungan untuk pengeluaran bulanan gaji. Namun jika anda hanya sendiri, maka budget yang di perlukan akan lebih sedikit dan tentunya tanpa resiko.

Budget ketika saya membuka bisnis  Franchise sebagai berikut ;

-  Franchise

    Pilih  Franchise yang ingin anda jalani, misalnya  Franchise minuman, makanan ataupun retail reseller. pada umumnya  Franchise memiliki beberapa paket, pastikan anda memilih paket yang tepat. Pengalaman saya ketika memilih  Franchise yaitu dipilih yang memiliki harga tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal

Jika terlalu murah, saya kurang yakin miliki konsumen tetap, mungkin saja dengan harga murah harga pun akan sebanding. Maka saya pilih harga menegah atas, dulu saya pilih paket dengan harga 11jutaan, dan ini belum termasuk peralatan hingga dekor.

- Modal awal

   Modal awal digunakan untuk membeli peralatan ataupun bahan baku yang tidak ada dalam paket  Franchise, serta modal untuk berbelanja bahan baku untuk setidaknya satu bulan kedepan. Saat itu modal awal saya sampai 8jutaan, untuk keperluan peralatan dapur, kursi meja hingga dekorasi ruangan.

- Sewa ruko/kios

Konsep pemasaran produk anda mempengaruhi penghasilan, misalnya jika anda menyewa ruko dengan desain yang kekinian dan cozy place untuk nongkrong, maka akan menjadi nilai lebih sendiri. Keuntungannya, akan banyak konsumen tetap.

Saya pribadi survey mencari beberapa tempat yang ramai namun masuk dengan target apa yang saya jual, saya menjual minuman thai tea yang tentu konsumennya akan lebih banyak anak muda dengan rentang usia 15 hingga 30 tahun. Saya memilih tempat yang kemungkinan dilewati oleh target konsumennya, akhirnya saya pilih didepan perumahan yang notabene hampir semua karyawan yang bila mana pulang kerja akan mampir.

Jika anda tidak memiliki budget unt
uk menyewa ruko, anda bisa sewa lahan outdoor namun di tempat yang ramai, ini akan meminimalisir budget anda. Namun anda harus mempertimbangkan apa saja kesulitan jika lahan outdoor, misalnya bagaimana untuk toilet, listrik, air dan lainnya.

Baca Juga : Pengalaman Buka Usaha dari Franchise Untuk Pertama Kalinya

3. JUST DO IT

Lakukanlah atas dasar niat dan tekad anda, ini merupakan awal anda berbisnis yang pasti memiliki banyak rintangan dan kegagalan. Belajar dari kegagalan itu penting, untuk itu jangan menyerah jika suatu saat bisnis ini akan tidak sesuai dengan ekspetasi anda.

Saya hingga saat ini memiliki dua outlet  Franchise dalam satu tahun ini, sejujurnya outlet kedua tidak sesuai dengn ekspetasi saya seperti outlet pertama, bahkan minus. Saya belajar satu hal dari kegagalan outlet kedua, semua ada hikmahnya, jika saja ketika opening outlet pertama gagal,mungkin saya akan menyerah dan berhenti. tapi apa? saya belajar bahwa ini hanya sekedar tempat yang tidak sesuai, maka kedepannya saya harus lebih teliti lagi memilih tempat.

Ini salah satu kedai kecil saya saat pertama kali opening

Ini kedai kedua, satu tahun setelah opening yang pertama

Baca Juga : Pengalaman Buka Usaha dari Franchise Untuk Pertama Kalinya

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Hal Yang Harus Disiapkan Jika Buka Franchise Minuman/Makanan | Pengalaman"

 
Template By Kunci Dunia