Buat Surat Kehilangan Di Kepolisian Ternyata BAYAR!

 Bulan lalu saya  kehilangan dompet yang dimana isinya meruapakan surat-surat penting seperti KTP, SIM, STNK, NPWP dan beberapa ATM didalamnya. Saya sadar kehilangan dompet itu setelah 3 hari, karena memang jarang sekali membawa dompet, maka saya yakin hilang di rumah, namun setelah pencarian 1 minggu tak ada hasil.

Surat-surat penting ini yang membuat saya tidak bisa berakttifitas leluasa, misalnya tidak ada SIM dan STNK, khawatir sekali jika suatu saat terkena tilang.

Gambar hanya illustrasi, Sumber : www.bali.polri.go.id


MEMBUAT LAPORAN KE POLISI

Pada hari sabtu atau satu minggu sejak kehilangan dompet, akhirnya saya ke kantor polisi untuk membuat surat kehilangan, padahal rasanya malas sekali memulai dari awal kembali demi beberapa dokumen, ke desa untuk mengurus KTP, ke polres untuk membuat SIM baru juga STNK baru, juga ke bank mengurus ATM yang hilang.

Di kantor polisi (polsek) saya bertemu dengan pak polisi yang berusia paruh baya, mungkin sekitar 50 tahunan, saya jelaskan bahwa telah kehilangan dompet yang mana didalamnya terdapat surat penting.

Pada akhir pembuatan surat, ternyata pembuatan surat ini dipatok dengan biaya, saya kurang mengerti biaya apa, karena setahu saya pembuatan surat kehilangan itu tidak sama sekali dikenai biaya, jika pembuatan SIM atau SKCK normalya ada biaya admin, tapi surat kehilangan?

Saya yang mengisi 7 benda hilang dalam BAP, dipatok harga perbenda hilang, haduhh mana punya uang cash, ATM pun hilang bersama dompet, akhirnya saya memberi Rp50ribu untuk beberapa lembar surat kehilangan.

TANGGAPAN PRIBADI

Seharusnya oknum polisi seperti ini perlu di berantas, kita kan sedang kesusahan karena kehilangan barang, masa sih keluar uang juga? mereka kan sudah di gaji oleh negara. Saya harap Indonesia ini lebih baik, tidak mengutamakan kasus seseorang dengan materi banyak, tapi rata, karena tugas seorang polisi mengayomi bukan?

Semoga Allah melindungi dan memberikan keberkahan pada mereka yang berjuang dengan kejujurannya, Amin.

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Buat Surat Kehilangan Di Kepolisian Ternyata BAYAR!"

 
Template By Kunci Dunia