Review Franchise BOBAHO TEA | Minuman Boba Drink

 Franchise merupakan salah satu bisnis yang sedang trend akhir akhir ini. Kelebihan bisnis ini yakni tidak perlu pusing mengenai kemana harus membeli bahan baku, resep (jika makanan minuman), sistem penjualan dan lain sebagainya.

Saya yang mencoba peruntungan di bisnis ini pada 10 bulan lalu, franchise yang dipilih yaitu minuman yang memang sedang banyak digemari. 

Awalnya bingung harus memilih merek franchise, karena sangat banyak dan juga harga pun bersaing.

Akhirnya saya memilih franchise yang tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah, terpilih lah merk 'BOBAHO AND TEA'.


mengapa saya memilih Bobaho, karena saya suka dengan konsep boothnya yang kokoh dan juga menarik, dengan harga sekitar Rp11jutaan, saya rasa layak untuk dijadikan bisnis sebagai pemula.

Jika ada yang bertanya, "kenapa pilih harga diatas 10jutaan jika ada harga franchise yang 3utaan?"

Sekarang begini, harga itu sebanding dengan kualitasnya, ini franchise minuman menurut saya harganya wajar dengan yang didapat. Seperti kelengkapan untuk jualan, bahan baku dan yang lainnya. Soal rasa, menurut saya sama saja, bahkan hampir setara dengan yang diatas nya, tapi rasanya jauh lebih enak dibandingkan minuman serupa namun dengan harga franchise yang murah.

Jadi itulah alasan saya memilih franchise Bobaho.

CUSTOMER SERVICE TEAM 

Kesan pertama ketika bertemu seseorang ialah bagaimana ia bersikap saat bertemu atau berinteraksi dengan kita. Sama halnya CS Bobaho saat pertama kali saya telfon.

CS selalu menjawab apa yang saya tanyakan, bahkan sampai detail dan dengan nada ramah dan sopan. Prinsip saya adalah suatu kepercayaan itu bisa dibangun dengan bagaimana seseorang berinteraksi. Sampai saat ini menjadi mitra Bobaho, saya tetap dilayani oleh CS dengan baik.

PEMBELIAN PAKET

Saat ingin menjadi mitra resmi dari Bobaho, maka di wajibkan untuk membeli lisensi serta paket yang telah disediakan, paket yang tersedia ada 2 yakni Paket Kungfu dan paket shaolin. Untuk harganya sendiri hanya Rp10,5jutaan untuk paket kungfu dan Rp17jutaan untuk paket shaolin.

Saya sendiri memilih paket kungfu sebagai permulaan dalam berbisnis, sebenarnya hanya dari boothnya saja perbedaannya, untuk paket kelengkapan bahan dan alat sama saja.

PEMBAYARAN PAKET

Bobaho merupakan franchise yang memang tidak terlalu familiar seperti merk pesaing Xiboba, Street Boba dan lainnya. Oleh karenanya, pada awalnya saya sempat ragu apakah ini benar-benar ada atau hanya penipuan, dalam arti kontak yang ada di websitenya itu palsu atau asli.

Namun setelah beberapa kali melakukan interaksi dengan CS nya, saya yakin bahwa ini benar-benar CS dari Bobaho resmi. Untuk masalah pembayaran pun menggunakan pihak ketiga, saat itu ditawari pembayaran by transfer bank atau via Tokopedia. Akhirnya saya memilih tokopedia untuk lebih aman.

PAKET DATANG KE RUMAH

Setelah menunggu sekitar 5 hari, akhirnya paket datang kerumah menggunakan kargo. Paket yang datang tergolong rapih dalam pengemasannya, dan sebenarnya saya pun mendapatkan diskon ongkir dari pengiriman ini hingga Rp300ribuan.

Isi paket mulai dari bahan baku, perlengkapan masak, alat-alat untuk meracik hingga booth. Saya suka dengan desain boothnya yang minimalis namun terlihat kokoh dan terkesan elegan, dan booth ini memang semuanya 100% dari bahan kayu, kebayang bagaimana beratnya saat unloading paket dari truk kargo.

Booth Paket Kungfu Bobaho

Selain peralata ndiatas, saya pun mendapatkan beberapa perlengkapan penunjang tampilan booth seperti neon box, stiker logo hingga papan menu.

namun memang ada beberapa peralatan yang kualitasnya biasanya saja, seperti teko untuk menyimpan teh yang terbuat dari bahan plastik, padahal jika menggunakan teko stainless akan lebih bagus dan terlihat rapih.

Ada juga torch pembakaran boba yang biasa saja, bahkan belum dua bulan sudah rusak. Namun, over all sejauh ini sangat pantas dengan harga demikian. Jadi saya pun tidak dirugikan oleh kualitas.

PEMESANAN BAHAN BAKU

JIka bahan baku sudah menipis, saya sebagai mitra bisa memesan kembali bahan baku di Bobaho, pemesanan melalui website yang disediakan oleh franchise, hanya perlu login dan setelah itu bisa memulai pesan bahan baku.

Pengiriman barang yang menggunakan kargo sehingga menjadi lebih murah, kadang juga saya mendapatkan diskon potongan harga ongkir hingga bonus bahan baku dengan minimal order, jadi lumayan sekali untuk menghemat pengeluaran.

Biasanya saya memesan bahan baku seminggu sebelum stok akan habis, hal ini agar penjualan tidak terhambat oleh stok yang kosong.

Interface Website Pemesanan bahan Baku

SUPPORT BISNIS

Dukungan tidak sampai disini saja, team bobaho biasanya mengadakan seminar online tentang bagaimana memulai bisnis, demo pembuatan menu hingga menerima curhatan mitra terkait bisnisnya.

Sebagai mitra pun bisa memberi masukan kepada Bobaho terkait menu baru, bahan baku dan lainnya. 

Bobaho pun menerima desain seperti banner spanduk, konten untuk sosial media hingga daftar menu, dan ini semua diberikan secara cuma-cuma (gratis).

Jika mitra ingin mendaftarkan outletnya ke Gofood/Grabfood maka akan diberikan tutorialnya hingga disetujui.

PENILAIAN TERHADAP FRANCHISE BOBAHO

Saya memberi beberapa penilaian menurut pribadi sendiri ;

- Pelayanan mitra 9/10

   CS fast respon dalam menangani permasalahan mitra

- Harga paket 8/10

   Dengan harga demikian dan kualitas demikian adalah sesuai

- Rasa menu 8.5/10 (Kelas menengah keatas)

   Rasa menu yang disediakan enak dan dapat diterima dilidah, rasapun hampir menyerupai franchise ternama.

- Teknologi penunjang 7/10 (cara order)

  Walaupun order melalui web, tetap harus konfirmasi by whastapp, karena transaksi belum virtual number.

- Penjualan 8.5/10

  Penjualan saat ini stabil, diangka 40cup/hari, tidak termasuk onliner order.

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Review Franchise BOBAHO TEA | Minuman Boba Drink"

 
Template By Kunci Dunia