Pengalaman Tes Fisik di PT YPMI | Tes TNI

PT YPMI (Yamaha motor parts manufacturing indonesia) adalah perusahaan yang bergerak dibidang automotif. Perusahaan ini memproduksi spare part motor merk yamaha, mulai dari Velg, Piston, gear, dan lain sebagainya.

Saya pernah bekerja di perusahaan ini pada tahun 2013 pada bagian operator produksi hingga akhirnya habis kontrak pada tahun 2015.
Baca Juga : Pengalaman bekerja di PT YPMI

Perusahaan automotif ini terbilang lama (berdiri tahun 2002) dan pastinya jumlah karyawannya sudah sangat banyak, jadi sangat kecil kemungkinan karyawan kontrak (2018) bisa menjadi karyawan tetap (PKWTT).

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar bagaimana tahap tes masuk kerja ke PT YPMI, setelah lolos tahapan tes tulis, interview dan medical check up, saatnya calon karyawan memasuki tahapan terakhir yakni tes fisik.
Baca Juga : Pengalaman Tes Tulis, Interview dan MCU PT YPMI

MENGAPA HARUS ADA TES FISIK?
Anda pernah dengar WNI yang akan bekerja di jepang harus lolos tes fisik selama berbulan-bulan? yaa ini sama halnya dengan perusahaan ini, PT YPMI adalah salah satu perusahaan jepang, maka dari itu perusahaan ini ingin pekerjanya sangat sehat. Jadi yang gemuk atau kurus tidak bisa mengikuti tes ini? menurut saya iya, karena sebelum tes tulis calon karyawan ditimbang berat badannya, dan hanya yang idel saja yang bisa mengikuti tes tulis.

KAPAN DILAKSANAKAN TES FISIK
Setelah pelamar lolos tahap tes tulis, intervew dan medical check up.

PERSYARATAN TES FISIK

  • Calon karyawan harus menggunduli rambutnya (maksimal panjang hanya 1cm)
  • Memakai celana training panjang dan baju panjang warna putih
  • Harus menggunakan jemputan untuk berangkat ke pabrik, dulu saya menunggu jemputan dari pukul 04.30 subuh dan pukul 06.00 harus sudah berkumpul di pabrik
  • Tidak boleh membawa handphone
  • Tidak boleh membawa makanan apapun
  • Diwajibkan membawa alat tulis
  • Diwajibkan membawa pocari sweat
  • Tidak boleh membawa motor sendiri, jika diantar boleh.


Saat itu saya melanggar persyaratan "tidak boleh membawa makanan", karena menunggu jemputan dari subuh dan sama sekali belum sarapan, akhirnya saya membawa roti. Saat itu pula makanan saya disita, jujur saya cemas tes fisik nanti karena belum sarapan, padahal saya tahu waktu ditelfon oleh HRD harus sarapan terlebih dahulu.😩

TRAINER
Trainer tes fisik ini oleh dua orang anggota TNI, sebenarnya saya sudah tahu sejak awal dari teman-teman saya yang sudah bekerja disini, jadi saya sudah tidak kaget, dan tidak seseram apa yang diceritakan oleh teman-teman saya.

TAHAPAN-TAHAPAN TES FISIK
Pada pukul 6 pagi seluruh calon karyawan berkumpul dilapangan, kemudian di periksa persyaratan apa saja, termasuk potongan rambut, jika tidak memenuhi persyaratan calon karyawan didiskualifikasi.

Pada pukul 6.30 pagi semua calon diajak berlari untuk pemanasan, jika ada yang lari paling belakang maka akan kena hukum push-up, aneh memang. karena saya belum sarapan sama sekali, pada tes lari ini saya kehabisan tenaga, kemudian pada tes gerakan kecermatan saya mulai pusing dan penglihatan saya berkunang-kunang, putih semua dan tidak bisa melihat apapun, saya merasakan ini akan pingsan, saya ingat pesan teman saya jika merasa kurang sehat jangan terlalu dipaksakan, ingat gagalnya tes fisik itu karena pingsan, jadi katakan saja minta istirahat sebentar. Akhirnya dengan rasa malu saya meminta kepada komandan untuk istirahat, walaupun saya sempat dikatakan lemah olehnya, tak apalah karena memang badan saya kurang fit.

Akhirnya saya istirahat dan di beri air dan roti oleh HRD yang menyaksikan tes fisik, beliau mengatakan sudah memberitahu harus sarapan terlebih dahulu, dan disana saya ada rasa penyesalan, saya khawatir akan lolos atau tidak, padahal ini adalah tes terakhir untuk masuk PT YPMI.

Setelah 30 menit akhirnya badan saya kembali fit, dan saya melanjutkan tes fisik kembali. Tes fisik ini dilaksanakan dari pukul 6 pagi hingga 5 sore, diselingi waktu istirahat satu jam untuk sholat pada pukul 12 siang.

Tes fisik meliputi ;

  • Tes lari
  • Kebugaran
  • Push Up
  • Sit Up
  • Gerakan cermat 
  • Tes kekompakan
  • Tes kekuatan (hormat selama waktu yang ditentukan), termasuk berdiri lama.


PENGALAMAN MAKAN ALA TNI
Salah satu tes yang tak pernah saya lupakan adalah memakanan makanan adat TNI, sebenarnya ini bukanlah makanan TNI yang siap santap itu ya, tapi lebih ke adatnya saja.

Kami semua duduk di lapangan tanah yang bercampur lumpur, kemudian trainer membagikan nasi bungkus masing-masing satu bungkus, yaa dikala kami lapar akhirnya inilah yang ditunggu-tunggu, tidak ada yang aneh didalam nasi bungkus kami, hanya ada nasi dan lauk pauk ayamk goreng serta sayur yang bungkus terpisah.

Kami dintruksikan untuk membuka nasi bungkus tersebut, semua harus sesuai dengan arahan trainer, mula mula nasi dibuka, kemudian lauk pauk dicincang-cincang, dan diaduk-aduk dengan sayur tadi, memang menjijikan karena kami tidak diberi sendok, kami mengaduk-aduk makanan dengantangan kami yang sama sekali belum dicuci, bahkan salah satu dari mereka terdapat belas lumpur/tanah di tangannya 🤢.

Saya merasa jijik tapi tidak juga karena yaa tangan-tangan saya bukan?. namun semua itu seketika berubah ketika trainer mengintruksikan untuk menukar nasi bungkus kepada teman disebelahnya😰. Dan itu ditukar lagi hingga 3 kali, saya pun melihat punya siapa ini nasi bungkus didepan saya ini, uhhhhh rasanya sangat mual sekali melihatnya. Trainer menyuruh kami makan nasi apa yang dihadapannya, arrrgghhhhtttt🤮 jujur ini sangat menjijikan tapi mau bagaimana lagi, trainer mengancam jika tidak habis maka akan didiskualifikasi. Setelah beberapa menit ada sebagian teman-teman yang muntah-muntah, mungkin mereka tersugesti jijik karena nasi bungkus itu diaduk-aduk oleh orang lain, haha. Lucu ada jijik juga ada, yah ini menjadikan penglaman yang berharga bagi saya.

AKHIRNYA SELESAI
Alhamdulilah sudah pukul 5 sore saja, kami semua berbegas pulang. Trainer mengatakan "kalian adalah gelombang tes fisik yang beruntung karena seharusnya tes fisik dilaksanakan selama dua hari namun untuk gelombang ini hanya dilaksanakan satu hari saja, mengingat besoknya dalah tanggal 1 januari, jadi trainernya libur dulu". Senang bukan kepalang, satu hari saja badan terasa remuk, bagaimana jika dua hari, arrghht sudah tidak bisa dibayangkan.

LOLOS TES FISIK
Alhamdulilah setelah sebulan lamanya saya diinformasikan lolos tahap tes fisik, dan dalam waktu seminggu sudah bisa bekerja di PT YPMI, nungkin ini adalah doa yang terjawab, karena tidak ada usaha yang sia-sia dan doa yang sia-sia. Walaupun saya sempat minta istirahat selama 30 menit, tapi saya bisa lolos mungkin karena ini berhubungan dengan kita bekerja di perusahaan, jika kita menemukan hal ganjil, kesalahan, jangan di pendam hingga menjadi besar, silahkan ceritakan kepada atasan agar bisamendapatkan solusinya. Jika anda pingsan saat tes fisik sama halnya anda menyimpan atau memendam perasaan sendiri, sudah tahu anda tidak kuat dan akan pingsan, mengapa tidak diceritakan/diberitahu?

AKHIR KATA
Semoga artikel ini menjadi referensi bagi anda khususnya yang akan menghadapi tes fisik di PT YPMI, jika adapertanyaan seputar hal diatas bisa langsung ditanyakan dikolom komentar bawah.

0 Komentar untuk "Pengalaman Tes Fisik di PT YPMI | Tes TNI"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top