Cara Membuat atau Memperpanjang SKCK di Polsek/Polres

SKCK (Surat Keterangan Catatan kepolisian) atau dialam bahasa inggris disebut juga dengan Police Record adalah salah satu surat yang sangat penting dalam persyaratan berbagai hal, misalnya SKCK untuk imigrasi, pembuatan VISA, bekerja diluar negeri atau yang paling banyak digunakan saat ini adalah untuk melamar pekerjaan.

TEMPAT MEMBUAT SKCK
SKCK dibuat ataupun diperpanjang di Polres (Polisi resort, biasanya kantor utama disetiap kota/kabupaten) ataupun Polsek (Polisi sektor, setiap wilayah kecamatan). Namun perlu anda ketahui tujuan pembuatan SKCK pun akan mempengaruhi dimana anda harus membuatnya, misalnya anda harus membuat atau memperpanjang SKCK dengan tujuan keperluan imigrasi yang diharuskan di Polres, atau untuk melamar pekerjaan di polsek.

PERSYARATAN PEMBUATAN/PERPANJANGAN SKCK

  • Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi Kartu keluarga sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi Akta kelahiran sebanyak 1 lembar
  • Pas foto berlatar merah ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar
  • SKCK asli (bagi yang akan memperpanjang)


PEMBUATAN/PERPANJANG SKCK WAJIB ISI DATA BERIKUT
Berikut ini adalah salah satu contoh dokumen yang harus diisi jika anda akan membuat ataupun memperpanjang SKCK, seperti data diri, data orang tua, suami-istri dan anak.
Pengisian data diri SKCK

Contoh pengisian kartu TIK

PEMBUATAN RUMUS SIDIK JARI
Jika anda membuat SKCK baru wajib bagi anda untuk membuat sidik jari, sebelumnya anda diharuskan mengisi data formulir berikut ;
Pengisian form sidik jari

Maka selanjutnya tangan anda akan ditempeli tinta stamp untuk mengetahui rumus sidik jari.

BIAYA PEMBUATAN/PERPANJANG SKCK
Biaya yang dikeluarkan baik itu untuk membuat maupun memperpanjang SKCK adalah sebesar Rp.30.000 dan biaya untuk membuat rumus sidik jari adalah sebesar Rp.10.000,. Mungkin disetiap polres/polsek kota akan berbeda-beda.

Berikut ini adalah contoh SKCK yang sudah jadi ;

AKHIR KATA
Demikianlah artikel bagaimana persyaratan pembuatan serta perpanjangan skck, setiap SKCK akan habis masa berlakunya selama 6 bulan sekali oleh karena itu anda wajib memperbaharuinya jika dibutuhkan lagi. semoga menjadi referensi bagi pembaca.

Tag : Info Menarik
0 Komentar untuk "Cara Membuat atau Memperpanjang SKCK di Polsek/Polres"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top