Penipuan SMS Interview Kerja di Indeed | Pengalaman

Indeed merupakan situs berbagi informasi mengenai lowongan kerja diseluruh dunia, namun di Indonesia Indeed bisa di akses melalui Url id.indeed.com, disana akan ada lowongan kerja khusus wilayah Indonesia.

KELEBIHAN KEKURANGAN INDEED
Saya rasa Indeed adalah pilihan kedua selain situs Jobstreet, karena saya lebih sering meng-Apply CV melalui Jobstreet dibandingkan Indeed, pada jobstreet anda hanya tinggal Klik Apply saja, sedangkan Indeed ada beberapa lowongan yang bisa di Apply namun harus registrasi terlebih dahulu di situs yang sedang mencari calon pekerja, ini sangat ribet sekali menurut saya pribadi.

Kelebihan pada Indeed adalah info lowongan yang lebih banyak serta daily updatenya lebih banyak dibandingkan Jobstreet.

HAMPIR TERTIPU DI INDEED
Pada suatu ketika saya pernah mengApply beberapa lowongan di Indeed, namun ketika di Apply CV langsung terkirim ke penerima, CV disini adalah CV yang dibuat di Indeednya itu sendiri. Biasanya pelamar akan diarahkan ke situs terkait, namun ini tidak.

Keesokan harinya saya mendapatkan SMS seperti dibawah ini ;

Senang bukan kepalang karena akhirnya setelah sekian lama penantian untuk bekerja berhasil lolos seleksi CV. Pada tanggal yang telah ditentukan saya bergegas dan memakai pakaian yang harus dipakaikan, setelah semuanya siap dan akan masuk ke mobil saya mendapatkan SMS kembali dari PT yang memanggil untuk interview, seperti bawah ini ;

Saya curiga dengan SMS kedua ini karena disana tertulis kalimat "Patokan bla-bla-bla...", saya sudah pengalaman akan SMS seperti ini pasti merupakan penipuan atau sejenisnya, bahkan juga sempat bertanya kepada teman dan benar saja ini tidaklah benar, selain itu sudah banyak pula di grup facebook info lowongan kerja yang memposting masalah SMS seperti ini dan hasilnya adalah tidak benar. Selain itu saya pun mencari alamat perusahaan itu dan tidak ditemukan di Googlemaps, sudah dinyatakan tidak ada.

SMS kedua yang saya terima dari PT lain

Saya juga sempat curiga dengan kalimat "Posisi terbatas, tidak melalui outsorsing", dari kalimat tersebut jelas bahwa pihak yang mengirimkan SMS seperti mengharapkan datang dan kalau memang bukan outsorsing seharusnya tidak perlu juga disebutkan bahwa mereka bukanlah outsorsing. Saya sudah pengalaman beberapa kali bahkan belasan kali mendapatkan SMS/email/telfon untuk undangan interview, jadi tahu mana yang benar atau bukan.
Outsorsing=sistem kontrak yang ditentukan oleh yayasan, biasanya mereka mendapatkan keuntungan dari pekerja melaluinya dengan memotong sebagian gaji

Mengapa saya sebut tidak benar? saya pernah melihat video (diyoutube) percakapan si pelamar dan HRD yang ada diruko-ruko yang disebutkan bahwa jika ingin masuk tahap tes bayar sekian, interview bayar sekian, MCU bayar sekian, dan setelah melakukan itu semua sipelamar akan gagal sementara uang tidak bisa kembali. Uniknya ini semua dilakukan di Ruko sewaan dan bukan di perusahaan/pabrik, seharusnya HRD itu adanya dipabrik bukan diRuko, kecuali itu adalah yayasan outsorching.

INDEED DAPAT DIPERCAYA?
Sebenarnya Indeed dapat dipercaya asalkan penggunanya itu jeli akan informasi lowongan yang tersedia, lowongan pekerjaan yang benar itu tidak akan meminta uang dalam bentuk keperluan apapun, jadi jika anda dimintai uang maka harap berhati-hati bisa jadi itu adalah skandal penipuan yang berkedok HRD atau semacamnya.

CONTOH UNDANGAN INTERVIEW YANG BENAR
Pada umumnya interview atau tes akan diundang oleh pihak perusahaan melalui HRD recruitment, jika itu melalui panggilan maka pastikan itu nomor telfon kantor (021/026), atau jika melalui email pastikan menggunakan domain perusahaan, misalnya recruitment@bankbni.co.id, berikut ini adalah contoh email yang saya terima untuk undangan interview.

AKHIR KATA
Zaman semakin canggih dan terus maju, bahkan untuk mendapatkan pekerjaan pun hanya tinggal diam dan mencari melalui website di komputer atau smartphone, namun kita sebagai pengguna harus tetap berhati-hati atas segala informasi yang beredar, pastikan info tersebut benar adanya dengan menanyakan kepada orang terdekat atau bahkan nomor telfon kantor yang bersangkutan.


0 Komentar untuk "Penipuan SMS Interview Kerja di Indeed | Pengalaman"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top