Konten Trending Youtube Akhir-akhir ini mencerminkan Selera Masyarakat

Situs berbagi video di Youtube sudah sangat terkenal kemana-mana, bahkan sudah menjadi situs nomor 2 didunia setelah Google. Pada saat smartphone sudah banyak bermunculan ditahun 2012 maka Youtube pun menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh penggunanya, mencari tutorial-tutorial, video hiburan dan bahkan video jaman dahulu pun ada di Youtube.

Namun akhir-akhir ini Youtube semakin berkembang, banyak kreator Youtube yang mulai berkembang dari masa rintisannya, ada pula review-review smatphone terbaru.

AWAL MULA MENGENAL YOUTUBE
Saya mulai mengenal internet pada tahun 2009, itupun hanya sebatas tahu Googling saja, pada masa itu Youtube belum terkenal seperti sekarang, Facebooklah yang merajai segalanya bahkan masih paling banyak digunakan dibandingkan Google.

Pada tahun 2010 saya mulai membuka situs Youtube, kala itu masih  duduk dibangku SMA, dulu Youtube belum banyak memblokir video-video dewasa, jadi saya penasaran dengan situs ini, namun bukan berarti menonton video dewasa.

Entah mengapa Youtube masih sering buffering padahal menggunakan komputer Warnet yang seharusnya kecepatannya lebih cepat dibandingkan operator seluler, mungkin kala itu belum ada opsi untuk memilih ukuran video seperti 240, 360, 480, 720 atau sebagainya dan atau belum diakuisisi oleh Google jadi sistemnya masih banyak kekurangan.

MULAI BANYAK KREATOR
Pada tahun 2013 hingga 2015 mulai banyak kreator yang membuat video unik, saya lebih sering membuka channel Skinnyindonesian24, Aaron Ashab, raditya dika, Tim2one, nyunyutube. Mereka adalah kreator yang berbeda satu sama lain, membuat konten bagus dan asyik untuk ditonton. Misalnya Skinnyindonesian24 yang membuat konten komedi ala-ala sitkom, Aaron dengan challenge dan cover musiknya, dan raditya dengan malam minggu mikonya.

Pada tahun 2016 mulai banyak VLOG dari berbagai kreator, Vlog berisi konten seputar kehidupan kreator tersebut seperti traveling, aktifitas dirumah, kuliner dan lain-lain, saya lebih sering melihat channelnya Arif Muhammad, cara membawakannya lebih baik, biasanya Arif Muhammad berkomentar kritik ataupun solusi seputar apa yang ada disekililingnya.

MASA KEJAYAAN YOUTUBE
Youtube melebihi acara yang ada ditelevisi, bahkan ada lagunya yang dinyanyikan oleh Tim2one "Youtube lebih dari TV" (kalau tidak salah). Dulu rasanya sepi sekali jika tidak ada Televisi dikamar, namun setelah adanya youtube disertai kontennya yang bermutu saya pun sangat jarang menonton TV, bahkan sekarang tidak ada TV dikamar.

Kualitas konten video youtube dari para kreator yang sangat berbeda dengan siaran televisi membuat masyarakat lebih banyak menonton Youtube dibandingkan televisi, misalnya dari segi grafik, animasi, konten serta kebebasan membuat konten Youtube melejit menjadi situs berbagi video nomor satu didunia, maka tak heran banyak bermunculan channel-channel baru.

ARTIS YOUTUBE MENJADI ARTIS TV
Popularitas seseorang di Youtube melebihi popularitas artis yang ada di televisi, dari youtube banyak melahirkan artis-artis baru, misalnya Raisa Andriana yang membuat cover lagu diYoutube yang pada akhirnya menjadi artis terkenal ditelevisi, atau group GAC yang hingga sekarang sukses onair ditelevisi.

MASA KEJAYAAN YOUTUBE INDONESIA TERANCAM
Pada tahun 2017 hingga 2018 Youtube semakin tidak terkontrol, banyak yang mencari popularitas dengan menghalalkan segala cara, salah satunya membuat konten kontroversial atau viral. Selain itu banyak artis-artis kodang televisi membuat channelnya sendiri, misalnya Raffi ahmad dengan Rans entertaintment, Baim wong, Andre taulany, Sule, dan masih banyak lainnya.

Hadirnya mereka menjadi pesaing kreator lama youtuber, artis televisi membuat channel hari ini dan pastinya sebulan kemudian subscriber mereka melonjak tajam, hal ini karena masyarakat sudah tahu mereka dan mungkin penasaran apa yang dilakukannya di Youtube.

Channel-channel televisi sudah banyak yang masuk ke Youtube misalnya, ILC, Mata najwa, hitam putih  dan masih banyak lainnya, bayangkan saja satu stasiun yang memiliki puluhan acara menguploadnya ke Youtube, yaa masyarakat tidak khawatir ketinggalan acara kesukaannya di televisi.

Namun dengan adanya ini algoritma Youtube akanberubah, Youtube akan lebih merekomendasikan video-video yang banyak viewersnya dalam waktu singkat dan akan muncul diberanda, yang artinya semakin banyak konten televisi yang masuk ke beranda Youtube dan bahkan ke Trending Youtube.

TRENDING YOUTUBE SUDAH TIDAK UNIK
Dulu trending youtube menjadi primadona saya pribadi, hal pertama setelah membuka aplikasi Youtube adalah melihat trending apa yang sedang hits akhir-akhir ini, saya senang karena banyak video-video dari kreator hebat yang masuk ke trending, misalnya YT crash, Calon sarjana, dan lainnya, unik penasaran untuk ditonton.

Namun entah mengapa pada tahun 2019 ini trending menjadi hal yang tidak dinanti-nanti, banyak channel artis yang kurang bermutu hadir di trending youtube dan bahkan konten dari televisi pun ikut bertengger di trending Youtube. Jujur ini menjadikan youtube berbeda dengan dulu.

Saya pun kecewa dengan channel Ricis dan Atta halilintar dengan kontennya yang kurang bermutu yang selalu saja ada di trending youtube, bahkan seminggu sekali pun ada. Mereka ataupun penggemarnya menyebutnya King of youtube, apakah saya tidak salah dengar? apakah hanya dilihat dari subscribernya saja?

Bagi saya mereka bukanlah raja youtube yang sesungguhnya, raja youtube seseungguhnya itu milik para kreator hebat dan jauh lebih mendidik isi kontennya, bukan hanya sekedar vlog atau membuat sensasi belaka.

SELERA MASYARAKAT NIDONESIA
Hadirnya channel-channel yang populer dan sering menjadi rekomendasi di youtube mencerminkan selera masyarakat dalam milih kontennya. Akhir-akhir ini konten youtube dibanjiri dengan video gosip, vlog kurang bermutu, channel artis yang mencari kesempatan popularitas lebih yang berakibat merubah selera masyarakat., selera akan haus konten viral, hiburan semata, gosip artis dan lain sebagainya.

Namun tidak semua masyarakat menonton konten itu, banyak juga mereka yang hanya menonton konten pendidikan, sudut pandang orang lain, kajian-kajian religius dan sebagainya. Saya salut dengan mereka yang bisa memilih konten yang bagus dan yang kurang bermutu.

Tapi tetap saja masih ada konten kurang bermutu yang masuk ke beranda youtube, mungkin ini adalah algoritma Youtube yang berubah dan lebih memprioritaskan dan menampilkan konten yang paling banyak ditonton disuatu wilayah negara dan mungkin menjadi rekomendasi penggunanya.

AKHIR KATA
Bijaklah dalam memilih konten youtube, sangat diperbolehkan memilih konten hiburan, namun ada baiknya memilih mana hiburan yang mendidik dan memberikan hal positif dibandingkan hiburan yang tidak ada gunanya. Tontonan anda menjadi selera anda yang sebenarnya dan itu menjadi pola pikir anda seperti apa dari apa yang anda tonton.
Tag : Opini
0 Komentar untuk "Konten Trending Youtube Akhir-akhir ini mencerminkan Selera Masyarakat"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top