Review & Kritik Gedung Baru SAMSAT Karawang | Opini

Kantor SAMSAT yang melayani pembayaran pajak di kabupaten Karawang sudah direnovasi menjadi lebih baik dan lebih besar. Berbeda jika dulu untuk menunggu sebagian ada diluar gedung, namun sekarang beralih ke dalam gedung untuk semua aktifitas.
Gedung SAMSAT BARU di karawang

FASILITAS GEDUNG BARU SAMSAT KARAWANG
Gedung yang memiliki beberapa lantai memiliki fasilitas lebih baik dibanding gedung lama, berikut ini fasilitas yang tersedia di gedung SAMSAT Karawang ;

Jumlah tempat duduk yang disediakan jumlahnya lebih banyak, selain itu ruangan full ac dan terasa sejuknya.
Tersedia stasiun pengisi daya, jika handphone nda lowbat bisa charge disini
Tersedia juga koran update yang diletakan diujung-ujung ruangan, jadi anda tidak terlalu bosan menunggu. Namun sepertinya koran ini kurang diminati karena mayoritas sudah membawa ponsel
KRITIK UNTUK SAMSAT KARAWANG
Dengan adanya gedung baru ini masyarakat sudah merasakan kenyamanan akan fasilitas yang tersedia, namun masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi pemerintah daerah karawang terkait fasilitas serta pelayanan di SAMSAT Karawang ;

Lahan Parkir kurang Luas
Masyarakat yang akan membayar pajak jumlahnya sangat banyak di kota Karawang, yaa kota ini sudah menjadi besar dan tingkat urbanisasinya yang nai signifikan dari tahun ke tahun. Maka tak ayal jika pengunjung perhari untuk pembayaran pajak kendaraan sangat banyak, sedangkan ini berbanding terbalik dengan lahan parkir yang tersedia.

Lahan parkir untuk cek fisik kendaraan bagi yang akan mengganti TNKB (ganti plat nomor) lebih luas dibandingkan lahan parkir untuk pengunjung, dan lahan parkir cek fisik kendaraan saya rasa masih sangat luas untuk ditempati, karena masyarakat yang mengganti TNKB itu jumlahnya lebih sedikit dibandingkan yang perpanjang STNK. Pada akhirnya lahan parkir mobil dan motor ada sebagian digedung sebelahnya.

Tidak ada Security/Satpam diruang utama Pendaftaran-Pembayaran
Pertama kali datang kesini saya disuguhkan dengan kebingungan, untuk melakukan pendaftaran baik itu perpanjangan STNK ataupun TNKB dilakukan dilantai 2 yang mana disini merupakan pusat aktifitas utama. Pendaftaran, pembayaran/kasir, pengambilan STNK, pengesahan, Mutasi, Pajak progresif, pajak air menjadi satu padu dalam satu ruangan yang hanya disekat oleh tembok.

Pendaftaran sendiri terdapat dua sekat, begitupun pembayaran, sedangkan bagi saya yang pertama kali datang kesini bingung untuk kemana pendaftaran awal. Tidak ada security penjaga untuk sekedar bertanya, akhirnya saya langsung menanyakan ke petugas yang berada dipendaftaran.

Saya lihat memang ada beberaa security, namun mereka ada lantai satu semua yang entah mengapa tidak ada satupun dilantai 2, dan saya kesini bukan satu kali melainkan 2 kali, dan tidak ada security yang berjaga di lantai 2.

Kebingungan Panggilan Nama
Banyaknya tempat pendaftaran dan pembayaran membuat panggilan nama yang bersangkutan membingungkan, misalnya saya dipanggil untuk melakukan pembayaran, namun terdapat 2 sound speaker yang saling berdekatan sehingga saya bingung kearah mana saya harus membayar, bahkan saya salah mendatanginya, selain itu sebagian tidak menggunakan pengeras suara, jadi mereka memanggil nama dengan berteriak, yaa masih mending terdengar bagi yang duduk paling depan, ini kan ruangan sangat luas, dan pastinya yang ada dibelakang tidak akan terdengar. Ini menjadi kekurangan fasilitas SAMSAT, yaitu jumlah pengeras suara yang kurang.

Petugas Kurang Ramah
Saya sangat kecewa dengan pelayanan yang satu ini, sebagian dari mereka melayani dengan tidak ramah, wajah kusut dan terlihat seperti malas melayani, bahkan ada juga yang terlihat seperti emosi.

Pengalaman saya ketika akan mendaftar dipendaftaran, saya bertanya bahwa saya akan mendaftar perpanjangan STNK, namun petugas (bapak-bapak yang sudah senior) tidak menjawab sama sekali, saya bertanya untuk kedua kalinya barulah dibalas, itu pun dengan nada emosi bahwa persyaratannya harus memakai map dan ditaruh disana (menunjuk menggunakan palingan muka, bukan dengan tangan), secara etika ini rasanya tidak pantas untuk seorang petugas pelayanan negeri. Mereka bekerja dan mendapatkan gaji dari uang rakyat, tapi pelayanannya amatlah buruk untuk melayani rakyat, padahal kita disini membayar pajak untuk negara dan gaji mereka tentunya.

Namun petugas yang kurang ramah dakam melayani customernya adalah mereka yang sudah senior, biasanya bapak-bapak yang usianya diatas 40tahun, tapi untuk bagian kasirnya sangat ramah karena yang melayani adalah mbak-mbak yang masih muda usia antara 20th hingga 25th, yaa wajar sih mereka ramah mungkin masih baru atau terikat dalam sistem kontrak.

AKHIR KATA
Gedung SAMSAT Karawang yang terbilang baru ini menuai kritik yang beragam, ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya terdapat pada fasilitas dan ruangan yang lebih baik lagi, namun pelayanan kepada masyarakat masih kurang seperti tidak ada security dan petugas yang melayani dengan sikap kurang ramah.

Mungkin ini menjadi acuan bagi pemerintah kabupaten karawang untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi, dan tentunya membuat kota karawang lebih maju lagi.
Tag : Opini
0 Komentar untuk "Review & Kritik Gedung Baru SAMSAT Karawang | Opini"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top