Belanja di Mitra Bukalapak Untuk Kebutuhan Toko Murah?

Bukalapak membuka program bagi usaha menegah kebawah atau usaha mikro yaitu Mitra Bukalapak. Mitra bukalapak menjual barang dengan harga grosir yang sangat cocok untuk usaha warung-warung kecil ataupun menengah. Sistemnya pun online seperti halnya bukalapak versi biasanya (aplikasi), hal yang membedakan adalah barang yang dijual dan harganya.

INTERFACE/TAMPILAN MUKA MITRA BUKALAPAK
Mitra Bukalapak hanya bisa dibuka di browser baik itu smartphone ataupun desktop komputer. Seperti dibawah tampilannya;
Tampilan desktop

Namun selain produk virtual, ada juga produk grosir seperti sembako, mie instan, rokok, perlengkapan toko, perlengkapan bayi, kecantikan, minuman, makanan ringan dan lain sebagainya.
Tampilan desktop sama dengan tampilan di browser samrtphone

MENJADI MITRA BUKALAPAK
Anda tinggal mendaftar secara online di situsnya yaitu mitra.bukalapak.com dan prosesnya mudah seperti mendaftar di e-commerce. Membutuhkan kode verifikasi dari nomor handphone, saya sendiri daftar karena memang ada sales yang datang ke toko dan menawarkan untuk bergabung di mitra bukalapak, awalnya kurang minat, tapi mungkin nanti akan membutuhkannya, jadi akhirnya mendaftarkan diri lewat salesnya.

CARA BERBELANJA
Cara berbelanja di mitra bukalapak sama halnya berbelanja online pada aplikasi bukalapak atau e-commeerce lainnya, klik Beli dan jumlah barang yang diinginkan, secara otomatis masuk ke keranjang dan selanjutnya checkout barang.

HARGA BARANG MURAH?
Harga untuk di mitra bukalapak khusus grosiran ada yang murah ada yang mahal, mungkin boleh dibilang barang yang murah jumlahnya sangat terbatas, sisanya harganya lebih mahal daripada agen-agen grosir biasa ataupun Indogrosir.

Saya berbelanja di mitra bukalapak tidak terlalu sering, saya hanya mencari barang yang sekiaranya tidak ada di agen atau Indogrosir, atau saya hanya memilih barang yang harganya murah saja, biasanya barang yang murah dalam masa promo bukalapak.

Pembelian barang pun mayoritas per-pcs, ada juga yang perdus seperti mie instan dan makanan ringan. Harga yang ditampilkan perpcs sama dengan harga dikalikan perdusnya, misalnya ;

  • Harga Pocari sweat 500ml Rp.5500/pcs
  • Harga pocari sweat 500ml/dus adalah Rp.5500x24pcs=Rp132.000


Perbandingan harganya jauh lebih mahal, berbeda dengan sistem Indogrosir atau agen, semakin banyak barang dibeli maka semakin murah.

Jadi apakah berbelanja di mitra bukalapak murah? jawaban saya adalah mayoritas barang yang dijual lebih mahal dan ada juga yang lebih murah, biasanya harganya tidak terlalu jauh dengan agen, setelah saya lihat bedanya hanya Rp.20~Rp.700/pcs atau Rp.2000~Rp.10.000/dus dari harga agen atau Indogrosir.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MITRA BUKALAPAK
Kelebihannya adalah proses pembayarannya bisa melalui COD (cash on delivery) dan ongkos kirimnya gratis. Sedangkan kekurangannya adalah barang yang rusak ataupun salah pilih diaplikasi tidak bisa ditukarkan atau direfund.

Contoh kasus saya yang berencana membeli rokok GG International kaleng yang terjadi kesalahan, saya malah memilih GG surya kaleng, dan itu harganya lumayan besar sekitar Rp500rban lebih. Setelah barang datang ternyata saya kaget, dan yang datang adalah rokok yang sama sekali tidak laku dipasaran, keesokannya saya telfon pihak bukalapak, dan barangnya tidak bisa ditukar atau direfund, mereka berkata lain kali hati-hati jika memilih barang, yaa memang ini kesalahan saya, tapi seharusnya pihak bukalapak bisa mengubah SOP mengenai ini, agar pelanggan mitranya bisa tenang dan puas.

Sejak kejadian itu semakin kesini rasanya kurang minat lagi berbelanja di mitra bukalapak, ya saya khawatir kejadian itu terulang kembali.

AKHIR KATA
Semoga review diatas menjadi sumber referensi bagi pembaca.
Tag : Opini, Wirausaha
0 Komentar untuk "Belanja di Mitra Bukalapak Untuk Kebutuhan Toko Murah?"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top