Pertanyaan yang sering ditanyakan ketika Wawancara Kerja SMA/SMK

Wawancara atau Interview menjadi salah satu tahapan dalam proses recruitment karyawan suatu perusahaan. Perusahaan akan mencari yang terbaik dari yang terbaik dan itu bisa ditemukan melalui tahapan wawancara kerja. Gagal dalam tes wawancara kerja itu hal yang wajar, namun apabila anda terlalu sering gagal kemungkinan ada beberapa jawaban yang kurang sesuai menurut pandangan Tim HRD.

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi seputar wawancara kerja untuk SMA/SMK sederajat. Pengalaman kerja yang sudah banyak dan apalagi seleksi wawancara yang sudah tak terhitung membuat saya bisa menyimpulkan bahwa apa saja yang sering ditanyakan ketika sesi wawancara kerja.

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA YANG SERING DITANYAKAN
1. Jelaskan mengenai diri anda
Ketika tim recruitment meminta anda untuk memperkenalkan diri atau menjelaskan tentang dirimu, buatlah kalimat yang semenarik mungkin dan jangan terlalu terpacu dengan daftar riwayat hidup. misalnya ;
" Perkenalkan nama saya Hendri Setiawan, anda bisa memanggil saya Hendri. Umur saya 25 tahun, dan saat ini saya tinggal di Kampung melayu, jakarta utara tepatnya di jalan Yos sudarso No.45. Pendidikan terakhir SMA jurusan IPA dan hobi saya bermain futsal juga bermusik.
pengalaman terakhir bekerja di PT HPPM selama 2 tahun sebagai operator produksi mesin welding, selain itu saya juga pernah bekerja di PT YPMI sebagai operator Machining wheel selama 2 tahun. terimakasih"

2. Kekurangan dan Kelebihan
Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat umum dan pasti akan dipertanyakan oleh tim HR, untuk pertanyaan ini usahakan anda tidak terlalu membuat-buat tentang kelebihan diri anda, karena HR pasti tahu batasan-batasan ketidak wajaran jawaban dari seorang pelamar kerja. Anda bisa menjawabnya seperti berikut ;
" Kelebihan saya adalah jujur dalam bekerja, disiplin waktu, cepat belajar atau memahami apa yang menjadi pekerjaan/jobdesk saya, saya juga cepat berdaptasi baik itu dengan pekerjaan ataupun lingkungan kerja seperti parthner kerja, selain itu saya mau belajar sesuatu hal baru. kekurangan saya adalah lupa akan sesuatu hal, oleh karenanya saya mengantisipasinya dengan membawa catatan/buku kecil, jadi jika ada poin yang perlu diingat saya akan mencatatnya dalam buku tersebut."

3. Pengetahuan Tentang Perusahaan
"Apa yang anda ketahui dengan perusahaan ini? " Jika anda akan mengikuti seleksi interview sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang profile perusahaan tersebut, poin ini akan masuk kedalam penilaian kepribadian anda, jika anda mengetahui perusahaan sebelum masuk bekerja artinya anda memiliki rasa ingin tahu yang banyak dan perusahaan menyukai orang-orang seperti ini.

4. Mengapa perusahaan harus memilih anda
Jika ada pertanyaan seperti poin 4 maka sebaiknya jangan terlalu lama berfikir untuk mencari jawaban, mungkin jawabannya akan sama dengan kelebihan diri anda, tapi jika ada pertanyaan seperti ini maka HR meminta lebih spesifik lagi. Anda bisa menjawabnya seperti ini ;
"Saya memiliki komitmen jika perusahaan menerima saya, pertama bekerja dengan jujur dan yang terakhir adalah bekerja dengan penuh semangat, semangat kerja itu perlu karena bisa membangun mood dalam bekerja, kualitas hasil pekerjaan serta mingkatkan kuantitas hasil pekerjaan"


Tag : Pekerjaan
0 Komentar untuk "Pertanyaan yang sering ditanyakan ketika Wawancara Kerja SMA/SMK"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top