Biaya Pernikahan Akad & Resepsi bagi Mempelai PRIA & WANITA

Menikah menjadi salah satu tujuan hidup bagi sepasang kekasih ke jenjang yang lebih serius. Persiapan menjelang pernikahan pun harus diatur sedemikian rupa agar pelaksanaannya lancar, namun ternyata berdasarkan pengalaman saya sendiri (pria, 25th) cukup meribetkan sekali untuk melakukan persiapan tersebut, mulai dari memilih Wedding Organizer (WO), Fotografer, katering dan persyaratan menurut pihak KUA pun harus terpenuhi.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas biaya dan apa saja yang harus dipersiapkan menjelang momen yang paling bahagia yakni menikah.

MENIKAH BERDASARKAN ADAT ISTIADAT
Hal pertama yang harus diketahui bagi kedua mempelai adalah menikah dengan adat siapa dan dimana, yaa ini harus ditentukan agar tidak terjadi kesalahpahaman pada akhirnya. Sebenarnya menurut saya pribadi mau adat manapun tetap saja sama, asalkan SAH dimata Allah swt. Namun ini kembali ke kepada kedua orang tua mempelai, biasanya merekalah yang paling sibuk dan ikut andil dalam bagaimana prosesi pernikahan anaknya.

Saya dan istri sama-sama berasal dari Jawa Barat tepatnya di kabupaten Karawang, tentunya saya mengikuti adat Sunda dan Karawang dalam menjalani prosesi pernikahan, jadi mungkin ini akan berbeda bagi anda yang bukan berasal dari daerah Sunda, tapi mungkin akan menjadi sumber referensi bagi anda yang menikah dengan psangan dari daerah Sunda dan menggunakan adatnya.

BERBAGI TANGGUNG JAWAB ANTAR PASANGAN
Komitmen antar pasangan dalam membahas pernikahan itu sangat diperlukan, komunikasi juga harus terjalin dengan baik, saya dan istri sendiri melakukan persiapan untuk menikah kurang dari 2 bulan, dan itu menjadi tantangan sendiri karena biasanya persiapan menikah itu setidaknya butuh waktu 6 bulan.

Biaya pernikahan pun tidak semuanya dibebankan oleh pihak Pria ataupun Wanita, saya dan istri memang sudah lama menabung (masing-masing) dan itu adalah rencana pertama yang harus anda miliki (tabungan). Jadi segala hal masalah biaya pernikahan akan dibebankan kepada saya dan istri, tentu saja ada bagiannya masing-masing.

PEMBAGIAN TUGAS & BIAYA PERSIAPAN PERNIKAHAN
Saya dan Istri sudah berkomitmen atas tugas dan biaya pernikahan, berikut ini adalah rincian tugasnya ;

TUGAS PRIA

1. Mahar
Mahar adalah kewajiban bagi seorang pria muslim yang akan menikah, baik itu dalam bentuk nominal uang, Emas, perak ataupun barang yang bisa digunakan oleh calon istri. Saya sendiri memberikan mahar Cincin emas 24karat seberat 2gram (Rp1.250.000) dan uang tunai (Rp.287.100)

2. Uang Dapur
Uang dappur biasanya digunakan untuk menambah porsi katering di tempat hajat, pada adat sunda biasanya hajat dilakukan dikediaman wanita, dan pihak pria biasanya membantu dengan memberikan sejumlah uang dapur untuk keperluan dapur acara resepsi, saya memberikan uang sebanyak Rp10.000.000, jumlah uang ini disesuaikan dengan jumlah tamu undangan, saya dan istri hanya mengundang teman sekitar 400 orang, namun jumlah uang juga menyesuaikan permintaan dari orang tua pihak wanita. Bahkan teman saya pun ada yang memberikan uang dapur sebanyak Rp15juta, Rp20juta hingga Rp30juta

3. Furniture
Perlengkapan rumah tangga pun tidak luput dari kewajiban seorang mempelai pria, saya menghabiskan setidaknya Rp.10juta untuk membeli Lemari, kasur, rak piring dapur, lemari es, dan TV Led. Namun jika anda sudah memiliki rumah sendiri dan sudah ada furniture penunjang rumah tangga maka tidak membeli pun tidak apa, poin ini diperlukan bagi yang tidak memiliki perlengkapan rumah tangga dan rumah seperti saya ini.

4. Surat Undangan
Surat undangan pun menjadi tugas saya, setidaknya menghabiskan sekitar Rp.900.000 untuk 450 surat undangan, harga satu lembarnya adalah Rp2000.
Baca Juga : Desain Surat Undangan Pernikahan Kekinian 
Baca Juga : Bikin Surat Undangan Termurah di Karawang



5. Biaya KUA
Biaya KUA menghabiskan Rp1.550.000 yang mana termasuk biaya administrasi pernikahan, pendidikan pernikahan serta sertifikat.

6. Hantaran/Seserahan
Hantaran adalah barang-barang yang dibawa oleh besan dari pihak pria saat datang ke tampat resepsi di kediaman wanita, saya menghabiskan sekitar Rp5.000.000 untuk seserahan ini.

7. Seragaman Besan
Sebenarnya ini tidak diwajibkan, namun orang tua saya meminta agar ada seragaman besan bagi yang ikut ngebesan seperti saudara-saudara dan para tetangga, seragaman yang dibeli adalah batik untuk pria dan brukat untuk wanita, biaya yag dihabiskan sekitar Rp1.000.000

8. Biaya Prewedding
Prewedding merupakan hal yang wajib bagi saya pribadi, walaupun sebenarnya prewedding masuk kedalam paket Wedding Organizer, tapi saya lebih memilih sendiri dan tidak dimasukan kedalam paket WO dengan alasan penghematan biaya.

Prewedding dilakukan teman saya sendiri yang kebetulan seorang fotografer, dan alhamdulilahnya jasanya gratis. Bandingkan dengan jasa fotografer diluaran sana yang memakan biaya Rp5jutaan untuk paket prewedding, saya hanya memberi uang jajan serta mengajaknya makan-makan untuk teman saya ini.
Baca Juga : Review Fotografer untuk Resepsi Pras Photography

Saya  mencetak sendiri foto prewedding untuk dipajang di resepsi sebanyak 3 frame ukuran 30x40, 5 frame ukuran 11R dan 3 frame ukran 4R, biaya yang dihabiskan untuk makan-makan dan cetak foto habis sekitar Rp1.300.000

9. Tasyakuran/ Syukuran
Syukuran dilakukan sebagai rasa terimakasih dan memohon kepada Allah swt agar dilancarkan acara hingga hari-H, syukuran sendiri dilakukan dimushala dengan mengundang saudara dan para tetangga. Biaya yang dihabiskan sekitar Rp2000.000

Kesimpulan;

  • Mahar Rp1.250.000
  • uang dapur Rp10.000.000
  • furniture Rp10.000.000
  • surat undangan Rp900.000
  • biaya KUA Rp1.550.000
  • hantaran Rp5000.000
  • seragaman Rp1.000.000
  • Prewedding Rp1.300.000
  • Tasyakuran Rp2000.000
TOTAL Rp33.000.000


TUGAS WANITA
1. Paket Wedding Organizer
Paket WO yang diambil oleh istri adalah Rp25.000.000 yang mana diantaranya

  • Makeup artis (Mempelai wanita, orang tua mempelai wanita dan besan, pagar ayu dan penjaga katering)
  • Pelaminan dengan bunga asli (+-6meter)
  • Busana pengantin 3 kali ganti + Busana Orang tua mempelai wanita dan pria
  • Heina pengantin wanita (heina putih/heina coklat)
  • Alat katering (piring, sendok, wadah dll)
  • Tenda
  • Kursi tamu dan kursi akad
  • Fotografer (Album resepsi Foto (softcopy dan cetak) &video, Video Cinematic
  • Fotobooth
  • Panggung
  • Stand Foto Prewedding
Hasil MUA dan Fotografer
Busana pengantin kedua

Busana pengantin ketiga


Namun karena WO sedang ada promo, maka dapat potongan hingga Rp5juta, artinya hanya menghabiskan Rp20juta saja

2. Biaya Dapur
Biaya dapur yang dihabiskan sekitar Rp10.000.000

3. Souvenir
Souvenir untuk buah tangan tamu undangan memakan biaya Rp.1.500.000

4. Biaya Hiburan Marawis & Saweran
Biaya hiburan dan sawerqan menghabiskan dana sekitar Rp1.500.000, kebetulan anggota marawis adalah kerabat dekat adik ipar saya, jadi lebih murah.

4. Tasyakuran/ Syukuran
Sama halnya dengan syukuran dikediaman pria, dikediaman wanita pun perlu dilakukan. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp2000.0000

Kesimpulan

  • WO Rp20.000.000
  • Buaya dapur Rp10.000.000
  • Souvenir Rp.1.500.000
  • Tasyakuran Rp2000.000
  • Hiburan Rp1.500.000

Total Rp35.000.000

AKHIR KATA
Menikah adalah ibadah sunnah yang dilakukan oleh rasul, oleh karena jika seseorang berniat, berdoa dan berikhtiar untuk menjalankan ibadah ini, insya allah akan diberikan jalan yang terbaik dan dimudahkan dalam segala urusannya. Amin

Untuk kawan-kawan yang belum menikah, saya doakan untuk segera bisa menyusul dan bagi yang belum bertemu jodohnya, saya pun mendoakan agar dipertemukan jodohnya yang terbaik. Amin
Tag : Pernikahan
0 Komentar untuk "Biaya Pernikahan Akad & Resepsi bagi Mempelai PRIA & WANITA"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top