Tempat Tes HIV di Karawang | Biaya dan Persyaratan

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus menular yang menyerang tubuh manusia. Penyebab HIV aids pun beragam, mulai dari hubungan seks bebas, jarum suntik bekas pakai penderita Odha, bayi yang menyusui dan masih banyak lainnya.

Menurut artikel yang saya baca, akhir-akhir ini virus HIV sudah mulai mewabah di Indonesia juga termasuk di Kabupaten karawang. 
Tahun ini ada penambahan 57 orang baru penderita HIV/AIDS sehingga menambah jumlah penderita menjadi 898 orang. "Makanya, kami senantiasa berupaya optimal dan secara rutin melakukan pencegahan sejak dini.  Melalui edukasi dan sosialisasi secara masif kepada segenap lapisan warga masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS." (Sumber jabar.sindonews)
Masyarakat Indonesia yang cenderung memiliki resiko virus HIV banyak yang enggan memeriksakan dirinya dengan alasan takut atau malu untuk memeriksakannya. Padahal jika virus HIV sudah diketahui sejak dini dan belum terlalu parah, maka pencegahannya pun akan lebih ringan dibandingkan yang sudah bertahun-tahun.

Pada awalnya penderita hanya mengalami gejala demam-demam biasa atau batuk yang tak kunjung sembuh hingga sebulan lebih, namun setelah itu antibodi tubuh akan segera mengatasinya secara otomatis dan segera sembuh, namun sembuhnya pada penderita HIV Aids antibodi seiring berjalannya waktu akan semakin melemah karena virus ini, maka biasanya dibutuhkan waktu 8 hingga 15 tahun penderita HIV akan semakni memburuk dan akhirnya meninggal dunia.

Walaupun belum ditemukan obat atas permasalahan ini, dunia kedokteran telah membuat obat ARV bagi penderita odha dengan tujuan memperpanjang harapan hidupnya, meskipun tidak bisa menyembuhkan, namun ARV bisa menjadi solusi bagi penderita dan tidak terlalu depresi dalam menjalani hidup.

LOKASI TES HIV AIDS DI KARAWANG
Menjalani tes HIV bisa dilakukan di Rumah Sakit ataupun Puskesmas yang sudah ada alatnya, Saya sendiri menjalani serangkaian tes medical checkup Pranikah yang salah satunya ada tes HIV Aids. Saya survey ke RS swasta di Cikampek yaitu RS Saraswati, memang ada tes HIV disana namun biasaya cukup mahal yakni sekitar Rp500rban, tempat kedua yang saya kunjungi adalah Puskesmas Cikampek, ada namun jadwalnya tidak setiap hari dan hanya bisa dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08:00wib.

Tempat terakhir yang saya kunjungi adalah RSUD Karawang, ternyata disana bahkan lebih lengkap untuk Tes MCU Pranikah, dan harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan RS Swasta.

BIAYA TES HIV

  • RS Swasta sekitar Rp500rbaan, setiap Rumah Sakit memiliki kebijakan tarif berbeda-beda
  • RSUD Karawang sekitar Rp120rbaan, mungkin akan sama dengan RSUD di kota lain karena merupakan RS milik pemerintah


PERSYARATAN

  • E-KTP yang akan menjalani serangkaian tes
  • Sejumlah uang untuk biaya tes


Berikut adalah hasil dari tes MCu pranikah, termasuk tes HIV ;

Pada rekap data hasil tes diatas menyataklan bahwa saya negatif HIV
 AKHIR KATA
Jika memang anda memiliki resiko atau pernah melakukan hal yang beresiko untuk terkena virus HIV, maka ada baiknya untuk memeriksakannya sebelum terlambat. Memang ketakukan atau khawatir akan hasil dari laboratoriumnya membuat anda terbayang-bayang, atau bahkan malu untuk memeriksakan diri, tapi jika HIV bisa dideteksi lebih dini, maka pencegahannya pun akan lebih mudah.

Saya punya tips agar tidak malu untuk memeriksakan diri tes HIV, anda cukup bilang ingin MCU Lab pranikah, yang mana ada tes Hepatitis, HIV, Hbs Ag. Biasanya petugas akan mengerti dan anda akan segera di periksakan.
0 Komentar untuk "Tempat Tes HIV di Karawang | Biaya dan Persyaratan"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top