Pengalaman Medical Checkup PRANIKAH | Tes HIV

Medical Check up merupakan salah satu pengecekan kesehatan seseorang dengan tujuan tertentu. Pada umumnya MCU (Medical Check Up) dilakukan untuk mengetahui penyakit yang diderita pasien, baik dengan tujuan untuk diketahui secara pribadi maupun sebagai salah satu persyaratan tertentu misalnya tahapan tes masuk ke perusahaan.

Namun, MCU tidak sebatas itu saja, ada juga dengan tujuan untuk mengetahui penyakit sebelum menikah agar tidak terjadi penyesalan pada akhirnya atau bisa mencegahnya sebelum terlambat. MCU ini bisa juga disebut dengan MCU Pranikah yang dimana satu pasangan memeriksakan kesehatannya terutama masalah penyakit menular (Hepatitis, HIV aids, TBC, dll).

PENGALAMAN MCU PRANIKAH
Pada awalnya saya (pria, 25th) tidak ingin memeriksakan diri apalagi menjalani MCU Pranikah, banyak yang menjadi alasan yang membuat tidak ingin menjalani MCU ini, tapi setelah membaca beberapa artikel mengenai hal ini, membuat saya lebih membuka diri lagi, mungkin awalnya saya takut jika ada penyakit yang membuat depresi karena terlalu memikirkannya, namun saya berpikir ulang bagaimana jika pasangan saya nanti tertular penyakit yang diderita, akan lebih terpuruk dan tentunya ada penyelasan nantinya.

Walaupun saya tidak memiliki atau mengalami resiko penyakit menular seperti HIV atau TBC, tetap saja yang namanya khawatir akan hasil dari MCU menjadikan pikiran tersendiri, pada akhirnya saya memberanikan diri untuk menjalani MCU walaupun tidak wajib atau tidak ada dalam persyaratan pernikahan (kecuali menikah dengan seseorang berbeda provinsi).

Saya menjalani tahapan MCu Pranikah di RSUD Karawang, prosesnya pun cukup lama yakni bisa sampai 3jam hingga hasilnya keluar. Tes MCU yang di lakukan meliputi ;

  • Hbs Ag
  • Fungsi Hati
  • HIV
  • Hepatitis


BIAYA MCU PRANIKAH
Biaya MCU tergantung seberapa anda mengambil paket yang diambil dari formulirnya, didalam formulir khusus untuk pranikah terdapat banyak tes yang bisa dijalani, dan tentunya ini harus menyesuaikan budget yang anda miliki.

Saya pribadi hanya mengambil tes Hbs Ag, fungsi hati, Hiv dan hepatitis yang seluruhnya memakan biaya sekitar Rp250rban, ini jauh lebih terjangkau dibandingkan menjalani tes di rumah sakit swasta. Sebelumnya saya sudah survey biaya antara RSU swasta dan RSUD, ternyata untuk tes di RSU Swasta bisa mencapai Rp1,5jutaan, sedangkan di RSUD karawang hanya sekitar Rp250rban, selain itu saya pun pernah ke puskesmas, tapi ternyata kurang lengkap untuk jenis tesnya.

Selain keempat tes diatas, anda juga bisa mengambil tes kesuburan pria (pengecekan spermatozoa) atau kesuburan wanita, dan sekali lagi itu tergantung dari berapa banyak budget yang ada untuk menjalani tahapan MCU Pranikah.

HASIL MCU PRANIKAH
Berikut ini adalah rekap data hasil dari tes MCU Pranikah ;
Hasil diatas menyatakan bahwa Hiv tes negatis, Hbs ag non reaktif dan fungsi hati normal dan yang lainnya tidak ada kelainan

Rekap data medical Hbs Ag dan metode pengecekan yang dijalani
Rekap data medical hiv test dan metode pengecekannya

AKHIR KATA
Medical Check up memang hanya sebagian saja yang menjadi persyaratan Pranikah, misalnya yang menikah dengan pasangan antar provinsi. Namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.
0 Komentar untuk "Pengalaman Medical Checkup PRANIKAH | Tes HIV"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top