Perumahan atau Beli Tanah + Bangun Rumah? | Opini

Memiliki hunian untuk investasi masa depan tentu menjadi impian setiap keluarga, terlebih bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Kebingungan melanda disaat saya harus memilih jenis seperti apa hunian yang akan dipilih.

Hunian sendiri terbagi dua yakni, perumahan yang bersifat instan dan rumah yang dibangun diatas tanah sendiri. Mayoritas masyarakat yang bekerja sebagai pegawai swasta, lebih memilih hunian yang sifatnya instan seperti perumahan.

Biaya down payment (Dp) yang murah serta persyaratan yang mudah, membuat mereka terlena dengan segala kemudahannya.

Bagi saya terdapat kelebihan juga kekurangan hunian instan ini, kelebihannya pemilik bisa mulai menempati rumah secepat mungkin, namun dibalik itu terdapat berbagai kekurangan yang bisa di telaah.

Perumahan memiliki tipe tipe yang bisa di pilih oleh calon pembeli, semakin besar luas tipe artinya semakin mahal pula cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Pemilik juga tidak bisa menambah lahan lagi.

PILIH PERUMAHAN ATAU TANAH + BANGUN RUMAH?
Saya sendiri lebih memilih dengan membeli sebidang tanah dan dibangun sebuah rumah yang sesuai dengan keinginan, saya yang menyukai seni dekorasi rumah, terutama bagian taman, membuat stuck jika memang harus memilih perumahan.

Perumahan memiliki luas yang sudah ditentukan, hal ini membuat lahan halaman terbatas, bahkan mayoritas halaman perumahan dibangun kembali menjadi ruangan baik itu garasi ataupun ruang tamu. Jadi bagi saya yang sangat suka menanam tanaman hias, membuat kesulitan mengeksploitasi kreatifitas membuat taman.

Jika saya memilih membeli sebidang tanah, maka bisa membuat desain sesuai keinginan, luas halaman, kamar dan sebagainya bisa diperhitungkan sebaik mungkin. Namun tentu memiliki kekurangan sendiri.

Harga tanah yang semakin melambung setiap tahunnya, membuat masyarakat beralih ke perumahan. Namun jika memang sudah ada niat, semuanya pasti bisa di lakukan. Apalagi tanah yang dijual tidak melalui sistem kavling, mungkin harus menyediakan dana yang lebih.

MENCARI LAHAN
Membeli sebidang tanah tidak semudah yang dibayangkan, ada harga murah namun berada di pelosok yang lumayan jauh dari keramaian, ada pula lahan kosong di daerah yang strategis, harganya juga tidak membohongi.

Saya lebih memilih sebidang tanah di daerah yang strategis dan dekat dengan keramaian, hal ini agar saya bisa memulai bisnis disamping rumah, jadi setengah nya bisa dijadikan tempat usaha untuk investasi masa depan.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Perumahan atau Beli Tanah + Bangun Rumah? | Opini"

 
Template By Kunci Dunia